Rekomendasi 4 Gunung di Bandung untuk Pendaki Pemula. Lewati Trek Perkebunan Sayur Hingga Tempat Latihan Kopassus!

Gunung di Bandung untuk pemula

Buat kamu yang baru pertama kali pengin mendaki gunung, kamu nggak harus langsung menaklukan gunung-gunung tinggi seperti Semeru kok. Kamu bisa coba mulai mendaki gunung yang jalur pendakiannya relatif mudah. Oh ya, yang paling penting, kamu punya pendamping yang berpengalaman naik gunung ya. Jangan coba-coba nanjak sendiri tanpa mengajak orang yang lebih berpengalaman lo, alih-alih dapat puncak, kamu justru bisa kesasar di gunung.

Advertisement

Kira-kira gunung mana aja sih yang ramah bagi pendaki pemula? Yuk langsung aja simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Pertama kali nanjak gunung? Nggak perlu takut, kamu bisa coba nanjak ke Gunung Artapela yang punya pemandangan unik. Dijamin pendakian pertamamu bakal asik~

Gunung Artapela berada di daerah Kertasari, Bandung yang punya ketinggian sekitar 2194 mdpl. Di gunung ini ada dua jalur pendakian yang tersedia, yaitu jalur seven field dan jalur datar mamuju. Kalau biasanya pemandangan sewaktu mendaki dikelilingi oleh hutan, sepanjang pendakian Gunung Artapela kamu akan disuguhi pemandangan beragam tanaman perkebunan seperti tanaman kentang, kubis, wortel dan masih banyak lagi. Sangat unik dan berbeda bukan?

Advertisement

Spot menarik yang ada di Gunung Artapela adalah hamparan rumpur hijau di Puncak Sulibra yang bisa kamu temui saat pendakian. Kamu juga bisa lo mengabadikan foto dengan pemandangan kabut tipis yang bisa menambah efek sinematik pada hasil fotomu.

Gunung Burangrang juga bisa jadi alternatif pilihanmu untuk mulai mendaki. Jalur pendakiannya jadi tempat latihan anggota Kopassus lo!

Advertisement

Gunung Burangrang punya ketinggian 2050 mdpl dan kamu hanya perlu mendaki selama 2 – 4 jam saja lo untuk sampai puncak. Ada tiga jalur pendakian yang tersedia yaitu jalur legok haji, pos komando, dan pangheotan. Masing-masing jalurnya punya tantangannya tersendiri lo. Jalur legok haji terkenal karena jalurnya yang terjal, tapi juga jadi trek yang tercepat untuk sampai puncak.

Jalur komando punya trek yang relatif landai tetapi jalur ini juga merupakan jalur latihan anggota Kopassus, jadi kalau kamu mau mendaki melalui jalur ini, pastikan sudah mengantongi izin dari Pusdiklat Kopassus ya. Terakhir, jalur pangheotan adalah jalur yang waktu tempuhnya paling lama untuk sampai ke puncak.

Eitss, masih ada Gunung Manglayang nih yang punya pemandangan city light Kota Bandung yang cantik

Gunung yang satu ini cocok banget nih buat kamu yang masih pemula mendaki gunung karena ketinggiannya cuma sekitar 1818 mdpl. Kamu nggak perlu waktu yang lama buat menaklukan gunung ini, karena waktu tempuhnya cuma sekitar 2 jam saja lo. Walaupun kelihatan seperti bukit, tapi kamu juga harus tetap membawa perlengkapan lengkap seperti mendaki gunung pada umumnya lo ya.

Ada tiga jalur pendakian yang bisa kamu pilih di antaranya jalur bumi perkemahan, batu kuda, dan juga barubeureum. Di gunung ini juga nggak ada pos atau shelter seperti yang biasa ditemukan di gunung lainnya, jadi kamu harus bawa cadangan makanan dan air yang cukup, ya!

Terakhir, kamu juga bisa coba nanjak ke Gunung Puntang yang terkenal dengan pemandangan Puncak Mega yang indah~

Gunung Puntang juga jadi idola para pendaki pemula, nih. Gunung ini berada di ketinggian 2222 mdpl dan kamu membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk sampai ke puncaknya. Tenang, semua rasa lelahmu bakal terbayar kok kalau melihat Puncak Mega yang indah banget. Kalau sudah sampai puncak, kamu bisa foto di papan yang bertuliskan Puncak Mega dan menikmati suasana lanskap Kota Bandung yang cantik. Dijamin seru banget, dehnih,

Gimana nih soHip? Kamu akan mendaki ke gunung yang mana dulu nih untuk pendakian pertamamu? Jangan lupa bawa peralatan yang lengkap ya sebelum benar-benar mendaki!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE