Setelah heboh isu bule kehabisan ongkos dan nebeng sana-sini, ada lagi berita yang menghebohkan tentang bule yang terlantar di Jakarta. Ya kamu nggak salah baca. Bukan cuma orang Indonesia saja yang bisa terlantar dan jadi gelandangan, bule pun juga tak terkecuali berada di posisi tersebut. Jadi nggak perlu heboh dan minta foto kalau ada bule ya. Banyak yang minta-minta dan ada juga yang menggelandang di negeri orang, kok.

Tapi sebelum kamu memberi labelling negatif kepada bule ini, mending dengerin dulu deh ceritanya. Dia tentu saja tidak mau jadi seperti sekarang. Ada satu kejadian yang membuatnya jadi seperti ini. Yuk simak saja ceritanya.

Namanya Ian, bule asal Inggris yang kini menggelandang di Indonesia. Ia tinggal di Bantaran Kali Angke, Tangerang, Banten

bule terlantar via news.detik.com

Advertisement

Beberapa hari terakhir, ramai di media bahwa ada seorang pria yang cukup berumur bernama Ian Whiteley (50) yang mengaku berasal dari Inggris. Ia menggelandang ke sana ke mari dan tinggal di bantaran Kali Angke, Tangerang, Banten. Tempat tinggalnya cuma berupa tempat tidur dari bambu dan di atasnya dilapisi plastik. Ada juga terpal biru di samping tempat tidur tersebut. Mirip seperti tempat tinggal pengemis di ibukota. Meskipun hidupnya luntang lantung nggak jelas, Ian bukanlah turis ilegal dan bukan turis yang overstay. Ia masih punya izin tinggal di Indonesia sampai Agustus 2018. Kini, ia dijemput oleh pihak imigrasi dan diminta untuk tinggal sementara di kantor imigrasi Jakarta Pusat.

Ian mengaku ia menikah dengan wanita asal Tangerang. Nahasnya, dia diusir oleh istrinya tersebut dan rekening tabungannya dibawa oleh istrinya tersebut

tempat tinggal ian via news.detik.com

Dikutip dari Detik, pria ini mengaku sudah sering berlibur ke Indonesia sejak 8 tahun lalu. Dia juga mengaku sudah menikah dengan wanita Indonesia hingga akhirnya ia mendapat izin KITAS atau tinggal sementara di Indonesia. KITAS itu pun atas sponsor istrinya. Namun, sejak empat bulan lalu Ian mengklaim diusir oleh istrinya tersebut. Padahal, uang pensiun dari kantornya di Inggris dikirim ke rekeningnya yang kini dipegang istrinya. Wah kasian dong Ian jadi terlantar di Indonesia. Meskipun ia menyanggah istilah terlantar untuknya.

“Saya bukan orang yang terlantar. Saya hanya sedang menunggu dan mencari istri saya. Saya sudah tinggal dari satu tempat ke tempat lain, saya bisa hidup dengan atau tanpa uang. Dan saya masih memiliki gaji dari tempat saya bekeja di Inggris, ” kata Ian kepada Detik.

Bagaimana solusi atas masalah bule yang terlantar ini? Nah, kabarnya pihak imigrasi akan memanggil istri Ian tersebut.

bule terlantar di tangerang via news.detik.com

Advertisement

Ian bukanlah turis ilegal dan mempunyai dokumen KITAS resmi yang selama ini ia pegang. Selama ini juga banyak orang yang membantunya dengan memberi makan. Kini, ia ingin bertemu dengan istrinya dan pihak imigrasi pun akan membantunya. Untuk itu, Ian diminta tinggal sementara di kantor imigrasi agar ia tidak menggelandang lagi.  Pihak imigrasi juga akan segera memanggil istri Ian tersebut. Semoga Ian dapat bertemu dengan istrinya dan kembali bisa bersama kembali.

Menurutmu gimana nih Travelers? Jika hal tersebut terjadi kepada WNI, biasanya akan segera dideportasi. Tapi seharusnya Indonesia nggak serta merta melakukan deportasi mengingat Ian masih punya izin tinggal di Indonesia. Meskipun Ian adalah warga asing, namun saat ini dia perlu bantuan kita. Apa yang dilakukan pihak imigrasi dirasa sudah tepat sembari mencarikan solusi terbaik bagi Ian. Semoga happy ending ya. Kita doakan semoga ia bisa kembali bertemu istrinya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya