Festival musik bertema keindahan alam Indonesia tengah marak beberapa tahun belakangan. Musik indie, jazz maupun folk ramai mengisi blantika festival musik di Indonesia. Lokasinya pun beragam, mulai dari Lalalafest di Cikole, Lembang, Jazz Gunung di Bromo hingga Jazz Atas Awan di Dieng. Hampir semuanya mempunyai kemiripan lokasi karena digelar di alam bebas. Lokasinya pun kebanyakan di pegunungan yang bersuhu dingin. Biar syahdu sih kayanya ya.

Nah, yang terbaru ada juga Jazz Gunung Ijen yang bakal digelar akhir pekan ini di Ijen, Banyuwangi. Acara ini bertajuk Ijen Summer Jazz yang konsepnya kurang lebih sama dengan Jazz Gunung Bromo. Mau tahu serunya Ijen Summer Jazz yang akan segera datang? Yuk simak aja ulasan Hipwee Travel kali ini.

Digelar Sabtu akhir pekan ini, Ijen Summer Jazz bakal mendatangkan bintang tamu yang berkelas seperti Marcell maupun Andien

Advertisement

Festival musik yang digelar di alam datang lagi. Kali ini Ijen Summer Jazz datang menyapa penikmat musik jazz di Indonesia. Ijen Summer Jazz digagas dan dikelola Jazz Gunung Indonesia (JGI). Perusahaan pertunjukan ini juga menggelar Jazz Gunung Bromo sejak 2008. Pagelaran Ijen Summer Jazz yang diadakan selama sehari ini telah digelar empat kali sejak tahun 2016 silam. Pada tahun pertama, pertunjukan digelar tiga kali. Kali ini, Ijen Summer Jazz akan digelar pada tanggal 22 September, akhir pekan ini.

Pemilihan lokasi pun cukup menarik. Kamu akan menyaksikan alunan musik Jazz dari Ampiteater dengan pemandangan yang memukau

panggungnya menyatu dengan alam via merahputih.com

Satu hal yang menarik di Ijen Summer Jazz adalah pemilihan lokasinya. Acara ini bakal dilaksanakan secara outdoor dan berlokasi di Amfiteater, Taman Gandrung Terakota, Jiawa Jawa Resort Ijen, Banyuwangi. Di tempat ini kamu nggak cuma menikmati jazz saja. Sembari menonton pertunjukan, penonton bisa melihat ratusan patung tembikar berwujud penari gandrung yang tersebar di area persawahan setinggi 600 mdpl.

Advertisement

Gandrung adalah salah satu tari klasik khas Banyuwangi. Tarian ini biasanya dibawakan sebagai wujud syukur masyarakat setempat atas panen hasil pertanian. Penarinya mengenakan pakaian dengan selendang panjang dan kipas di tangan. Nah, di Ijen Summer Jazz nantinya akan ada ratusan patung penari gandrung yang berada di persawahan. Menarik banget ‘kan? Nggak cuma musik, acara ini juga mengusung budaya Banyuwangi yang begitu kental.

Lalu, siapa saja nih penampil yang akan hadir di Ijen Summer Jazz 2018 ini?

penampil di ijen summer jazz via www.instagram.com

Event menghadirkan tujuh musisi yang akan memberikan penampilan terbaiknya di panggung Ijen Summer Jazz. Ada dari pemenang Banyuwangi Student Jazz Festival, Andien, Shadow Puppets feat Marcell Siahaan, Idang Rasjidi dan The Next Generation feat Mus Mujiono dan juga Sastrani. Para pecinta jazz akan dimanjakan dengan alunan musik dan nada-nada yang indah di Ijen Summer Jazz. Pagelaran dimulai sejak sore pukul 15.30 WIB dan dibuka dengan penampilan Sendratari Meras Gandrung pimpinan Haidi Bing Slamet.

Berapa harga tiket masuk Ijen Summer Jazz 2018 ini? Berikut ini rinciannya

indah ya venue-nya via www.instagram.com

Buat kamu para penikmat musik jazz, jangan sampai ketinggalan acara yang satu ini ya. Bagi pemegang tiket premium bisa mendapatkan kesempatan makan malam eksklusif bersama para musisi lho. Harga tiketnya sendiri dibanderol 750 ribu rupiah untuk premium dan 375 ribu rupiah untuk regular. Ya bisa sekalian liburan ke Banyuwangi kali ya. Mumpung akhir pekan juga.

Yuk nikmati Ijen Summer Jazz 2018 di Banyuwangi. Alunan musik jazz menelisik ke dalam kalbu dan berpadu dengan suasana alam yang syahdu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya