Piala Dunia 2018 yang tengah berlangsung saat ini jadi kesempatan yang baik untuk mengenal bendera negara di dunia. Bendera negara adalah simbol sebuah negara yang wajib dijunjung tinggi oleh warganya dan dihormati oleh negara lainnya. Bendera-bendera negara Brazil, Argentina, Spanyol dan negara kuat sepakbola lainnya pasti kamu sudah hapal ya. Tapi bagaimana dengan negara-negara dengan bendera unik di bawah ini. Dapatkah kamu menebak negara yang mempunyai bendera negara ini?

Oke mari kita mulai permainan tebak-tebakan bendera negara ya. Peraturannya simpel, kamu cukup baca sub judul dan melihat gambar benderanya. Tebak dulu, kemudian lihat jawaban di bawahnya. Jumlahin dong jawaban benar kamu. Tulis di kolom komentar ya, hehehe.

1. Bendera negara manakah ini? Clue-nya negara ini berakhiran -tan. Hayo mana?

artistik ya benderanya via list25.com

Advertisement

*

*

*

Advertisement

*

*

Tebakanmu salah ‘kan? Hehehe. Bendera ini adalah bendera Kirgiztan, sebuah negara di Asia Tengah pecahan Uni Soviet. Warna benderanya merah dengan bulatan seperti bola dan matahari. Ayo coba lagi bendera di bawah ini.

2. Bendera negara manakah ini? Clue-nya, negara ini berada di Afrika. Hayo negara mana, tebak!

negara di afrika via list25.com

*

*

*

*

*

Bendera ini cukup nyentrik karena terdapat senapan AK-47 di dalamnya yang bersilangan dengan cangkul. Ini adalah bendera Mozambik di Afrika. Senjata itu berarti pertahanan, cangkul berarti pertanian sedangkan buku berarti pendidikan.

3. Bendera negara manakah ini? Clue-nya, cuma negara ini yang menampilkan peta pulau di benderanya

gambar pulau via list25.com

*

*

*

*

*

Yap, negara dengan gambar pulau ini adalah Cyprus. Salah satu negara kecil di Eropa. Ada yang tebakannya benar?

4. Bendera negara manakah ini? Clue-nya cuma satu warna dan negara ini sempat terjadi konflik yang cukup besar

cuma satu warna? via list25.com

*

*

*

*

*

Satu-satunya bendera negara di dunia yang punya 1 warna dan tanpa desain sama sekali adalah bendera Libya sejak tahun 1977 sampai tahun 2011. Bendera satu warna ini dipilih oleh Moammar Qhaddafi dengan menganut falsafah Islam. Setelah kematiannya pada tahun 2011, bendera Libya kembali ke bendera tiga warna seperti tahun 1977.

5. Bendera negara manakah ini? Clue, negara kecil ini punya status khusus di bawah Kerajaan Inggris

isle of man via list25.com

*

*

*

*

*

Isle of Man adalah pulau kecil yang jadi bagian dari Kerajaan Inggris. Beribukota di Douglas, negara ini punya bendera kaki tiga yang unik. Kaki tiga itu bernama Triskelion, di mana tampak 3 kaki berpilin saling bertautan. Yakin deh kamu baru tahu ‘kan?

Dari 5 bendera, adakah yang sudah tertebak? Belum ya? Oke deh mari coba lagi bendera lainnya.

6. Bendera negara manakah ini? Clue, ada lambang Yin dan Yang. Harusnya lebih mudah sih ketebak, hehe…

mudah sih harusnya, hehe via list25.com

*

*

*

*

*

Simbol Yin dan Yang seharusnya sudah bisa mengerucutkan tebakanmu ke negara-negara Asia, terutama Asia Timur. Jepang, China dan Korea sudah hapal di luar kepala dong benderanya. Tinggal Mongolia yang belum disebut. Yap, ini adalah bendera Mongolia.

7. Bendera negara manakah ini? Clue, negara ini kecil dan berada di Eropa

negara kecil via list25.com

*

*

*

*

*

Negara kecil ini adalah Gibraltar yang berada di semenanjung Spanyol. Saking kecilnya kamu perlu zoom berkali-kali untuk menemukan wujud negara ini di ujung selatan Spanyol yang berdekatan dengan Afrika Utara. Benderanya putih merah dengan benteng dan kunci yang tergantung. Unik banget sih.

8. Bendera negara manakah ini? Clue, bendera ini adalah bendera lama dan kini telah berganti bendera dengan tiga warna. Oh iya, negara ini ada di Afrika

benderanya serem via list25.com

*

*

*

*

*

Bendera ini adalah bendera Kekaisaran Benin di Afrika. Entah apa maksud dari bendera yang terlihat seseorang memenggal kepala orang lain itu. Ini adalah bendera yang sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 1897. Kini bendera negara Benin adalah 3 pita berwarna hijau, kuning dan merah.

9. Bendera negara manakah ini? Clue, negara ini berada di Afrika

kaya jerman ya via list25.com

*

*

*

*

*

Salah lagi tebakan kamu. Ini adalah bendera negara Uganda, sebuah negara di Afrika. Ada hewan di tengah yang tidak terlalu jelas bentuknya. Benderanya pun sedikit mirip Jerman ya. Hehehe.

10. Bendera negara manakah ini? Clue, berada tak jauh dari India. Ini udah tebakan bonus nih. Biar kamu bisa jawab lah setidaknya 1 negara. Hahaha

ada naganya via list25.com

*

*

*

*

*

Masa nggak tahu sih? Ini adalah bendera negara Bhutan, negara kecil di kaki Himalaya. Negara ini adalah paling bebas polusi dari seluruh negara di dunia. Damai banget deh tinggal di sana. Menarik ‘kan?

Ya kalau kamu belum bisa ya nggak apa-apa sih. Mungkin kamu dulu nggak suka tebak-tebakan bendera negara di Atlas waktu SD. Hehehe. Semoga menambah wawasan kamu ya.

Jadi berapa skormu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya