Satu lagi potensi wisata di Provinsi Jawa Timur, yaitu kabupaten Situbondo. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Selat Madura di sisi utara, Bondowoso di sisi selatan, dan Probolinggo di sisi timur.

Kabupaten ini ternyata menyimpan berbagai potensi wisata alam yang tak kalah menarik dengan kabupaten lain. Mulai dari wisata pantai, hingga wisata pegunungan yang sejuk, dan wisata hutan belantara ala Afrika ada di kabupaten satu ini.

1. Pantai Pasir Putih merupakan tujuan wisata favorit karena letaknya yang tak jauh dari jalan raya penghubung Surabaya-Banyuwangi

Pantai Pasir Putih yang merupakan wisata favorit Situbondo

Pantai Pasir Putih yang merupakan wisata favorit Situbondo via indonesiawow.com

Advertisement

Terletak di Bungatan, Kabupaten Situbondo, yaitu berada di pinggir jalan utama Surabaya-Banyuwangi dan dapat ditempuh dalam waktu 5 jam perjalanan dari kota Surabaya. Karena letaknya yang cukup strategis, maka jangan kaget jika pantai ini hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di pantai ini kamu juga bisa melakukan snorkeling serta menikmati keindahan alam bawah laut.

2. Pantai Pathek memiliki pemandangan dan suasana yang masih asri meski terletak tak jauh dari keramaian

Pantai pathek yang sunyi

Pantai pathek yang sunyi via www.eastjava.com

Tak seperti pantai Pasir Putih yang hampir selalu ramai oleh pangunjung, pantai Pathek ini justru lebih sepi. Karena itulah pantai ini memiliki keindahan alam yang masih asri. Apalagi di pantai satu ini kamu bisa menikmati indahnya panorama bawah laut. Jika kamu memiliki cukup banyak waktu, kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam di sore hari.

3. Selain menikmati padang rumput ala Afrika di Baluran, kamu juga menikmati indahnya wisata pantai Bama

Surga tersembunyi dibalik Baluran

Surga tersembunyi dibalik Baluran via winda-nurfadilah.blogspot.com

Pantai Bama jangan kaget jika di pantai ini kamu bakal bertemu dengan banyak sekali monyet, karena Pantai Bama ini memang terletak pada satu kawasan yang sama dengan Taman Nasional Baluran. Tepatnya adalah sekitar 12 KM dari pintu masuk TN Baluran yang secara administratif masuk kedalam kecamatan Banyuputih, Situbondo.

4. Menikmati suasana asri dan rindangnya perkebunan di Pantai Banongan

Pantai Banongan yang di pinggirnya terdapat perkebunan

Pantai Banongan yang di pinggirnya terdapat perkebunan via www.eastjava.com

Advertisement

Merupakan pantai yang masih tergolong terjaga keasliannya. Suasana pantai yang asri serta kondisinya yang masih aseli semakin membuat pantai ini menjadi daerah yang wajib dikunjungi. Di bibir pantai ini terdapat perkebunan kelapa dan tebu milik pemerintah.

Pantai Banongan ini terletak di Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus, Situbondo. Dengan pasirnya yang berwarna hitam, pantai ini seringkali dijadikan sebagai tempat latihan korps Marinir.

5. Surga lain yang tersembunyi dapat kamu nikmati di Pantai Tempora

Keindahan pantai Tampora

Keindahan pantai Tampora via ruzdyzhompexks.blogspot.com

Tampora adalah pantai berikutnya di Situbondo yang keadaannya masih asri dan alami. Pantainya yang terletak dibalik tebing, dan pasirnya yang berwarna putih, serta bebatuan karang serta koral yang ada semakin membuat pantai ini wajib dikunjungi. Hipwee sarankan kamu untuk membawa bekal makanan, karena disana kamu tak akan menemukan penjual makanan.

6. Menikmati indahnya sabana di kaki pegunungan Argopuro

Sabana di kaki pegunungan Argopuro

Sabana di kaki pegunungan Argopuro via ruzdyzhompexks.blogspot.com

Bahkan jika kamu beruntung, kamu akan bisa melihat banyaknya merak yang terbang maupun sekedar merumput di sabana ini. adalah salah satu puncak di Pegunungan Argopuro yang memiliki pemandangan menakjubkan.

Di pegunungan Argopuro ini juga terdapat sebuah puncak yang konon digunakan sebagai istana Dewi Rengganis, sehingga dinamakanlah Puncak Rengganis. Puncak Rengganis ini terletak pada ketinggian 3.000 mdpl. Selain puncak Rengganis, ada juga sebuah padang yang luas bernama Lembah Cikasur.

7. Derasnya Air Terjun Setancak akan membuat hatimu bergetar

Air terjun Setancak

Air terjun Setancak via www.tempatwisatamu.com

Air terjun setancak ini merupakan air terjun beraliran deras yang terdapat di desa Mojosari, kecamatan Asembagus, atau sekitar 3-4 jam dari pusat kota Situbondo. Setancak merupakan bahasa Madura yang artinya adalah memancar dari tanah. Air terjun satu ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter dan lebar sekitar 10 meter. Disekitar air terjun ini juga merupakan tempat tinggal burung walet.

Itulah beberapa wisata alam yang dapat kamu jelajahi di Kabupaten Situbondo. Sebenarnya masih ada beberapa tempat wisata alam yang menunjukkan bahwa Situbondo memang layak diberi gelar sebagai surga wisata. Bagi kamu yang tahu wisata alam apa saja yang ada di Situbondo yang belum Hipwee sebut, silakan posting di kolom komentar ya..

Feature image by: wwwruzdyzhompexks.blogspot.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya