Mungkin olahraga sudah menjadi gaya hidupmu saat ini. Olahraga memang baik buat kesehatan, apalagi jika kamu rutin melakukannya. Seperti lari-lari kecil atau jogging di setiap Minggu pagi, lari sore, futsal, dan berbagai olahraga yang masih bisa kamu jangkau di sekitar lingkunganmu.

Tapi tahukah kamu bahwa ada banyak sekali olahraga yang nggak cuma menyehatkan tubuh, tapi bisa membuatmu jantungan? Kali ini Hipwee akan rangkumkan tujuh olahraga alam yang bisa memacu adrenalinmu meningkat pesat. Mari, simak!

Free Solo Climbing, olahraga sejenis bouldering yang penuh tantangan. Jangan mencobanya kalau kamu belum pernah simulasi atau latihan!

Secara mendasar, free solo climbing hampir sama dengan bouldering, hanya berbeda pada track yang lebih tinggi.Olahraga ini merupakan bentuk murni dari panjat tebing (Pure form of Climbing), karena olahraga ini nggak pakai peralatan apapun. Kalau panjat tebing memiliki track vertikal, maka bouldering dan free solo climbing ini memanjat tebing dengan arah horisontal atau diagonal.

Dua orang yang terkenal atas prestasinya di dunia free solo climbing adalah Alain Robert yang dijuluki sebagai Spiderman dari Prancis dan Dan Goodwin atau yang dijuluki sebagai Skycraperman, yang berhasil menaklukan berbagai bangunan pencakar langit tanpa peralatan apapun.

Berakrobatik menggunakan seutas tali. Tapi olahraga highlining berjalan di seutas tali dengan ketinggian yang bisa kamu lakukan kalau punya nyali

Advertisement

Meniti seutas tali. via www.sandwichjohnfilms.com

Pernahkah kamu nonton film The Walk? Nah, olahraga highline ini adalah inspirasi dari film yang dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt itu.

Highline ini merupakan perkembangan olahraga dari sackline. Secara mendasar, highlining ini sama dengan sackline, cuma bedanya pada kegiatan ini seutas tali ditambatkan pada dua tebing atau tampat dengan ketinggian yang memiliki ruang terbuka di bawahnya. Biasanya kegiatan ini dilakukan di antara tebing atau gedung bertingkat. Kamu cuma perlu berjalan di seutas tali tersebut, tapi dengan menggunakan pengaman tubuh (sit harness) dan pengaman berupa tali (leash).

Olahraga ini membutuhkan keterampilan dalam tali temali. Buat kamu yang biasa climbing, akan dengan mudah untuk melakukan highlining, sebab pada dasarnya olahraga ini membutuhkan keterampilan dalam climbing juga. Berani mencoba? Tenang, risiko yang akan kamu terima nggak seekstrem Free Solo Climbing kok. Kamu ‘cuma’ akan jatuh menggantung di tali titianmu itu. Hehe

Berselancar di dalam gulungan monster ombak di lautan lepas. Nggak mudah buat bisa bebas!

Menelankan diri dalam gulungan monster ombak. via 7-themes.com

Sama halnya dengan surfing biasa, kamu bisa melakukannya di pantai yang biasa kamu kunjungi. Big wave surfing ini berselancar dengan gulungan ombak setinggi hampir 6,2 meter. Buat kamu yang biasa berselancar di pantai, mungkin menunggu hantaman ombak yang nggak setinggi itu untuk bermain di laut. Nah, itulah serunya bermain selancar dengan gulungan ombak yang sangat tinggi.

Adalah Andrew Cotton, pria berusia 36 tahun yang berhasil menaklukkan ombak raksasa diPortugal pada 2014 lalu. Pria yang bekerja sebagai tukang ledeng ini menjadi sorotan masyarakat dunia dan lantas membuatnya menjadi peselancar professional setelah menaklukkan gulungan ombak setinggi 18 meter di laut Praia de Norte, Portugal. Kamu merasa tertantang?

Snorkeling sih sudah biasa. Coba deh menyelam hingga dasar laut dan masuk ke goa laut. Berani?

Diving yang lebih seram. 😐 via diveaddicts.com

Olahraga atau petualangan yang memacu adrenalin memang sudah banyak dan biasa kamu lakukan, seperti mendaki gunung, menjelajah gunung, panjat tebing, dan sebagainya. Tapi, kalau menurutmu olahraga ini kurang greget, cobalah cave diving! Menyelam di dasar laut memang sudah cukup mengerikan, tapi cave diving ini berbeda. Teknik dari olahraga menyelam ini berorientasi pada eksplorasi goa di dalam laut!

Cabang olahraga caving dari Inggris dan scuba diving dari Amerika ini memang jarang sekali peminatnya. Lantaran risiko sangat besar yang menanti para penyelam di dalam goa yang gelap. Intensitas penerangan yang sangat rendah dan visibilitas yang nggak memadai adalah tantangan yang akan kamu hadapi. Tapi jangan khawatir, olahraga ini memiliki peralatan yang aman dan canggih kok. Engg…tapi cenderung kompleks dan mahal sih.

Cobalah untuk terjun bebas dari ketinggian yang nggak biasa. Bungee jumping akan bikin jantungmu berdetak lebih cepat dari sebelumnya!

Terjun dah! via www.coupondunia.in

Olahraga ekstrem ini lahir di tanah Amerika pada tahun 1979 oleh Dangerous Sports Club. Meski awalnya olahraga ini dilarang oleh pemerintah dan pihak berwajib, tapi akhirnya pada tahun 80an olahraga ini mulai diminati banyak orang yang memang suka memacu adrenalin yang berlebihan.

Kalau kamu mau mencoba olahraga ini, nggak masalah dan nggak perlu takut! Sebab olahraga ini mengandalkan peralatan yang canggih dan aman. Hanya dengan perlengkapan inilah para pecinta ketinggian bisa menyalurkan hobinya di bungee jumping. Kamu bisa melakukan olahraga ini di Bali, karena di sanalah banyak sekali spot yang menyediakan ‘wisata’ bungee jumping ini.

Mount Rinjani Ultra, olahraga menguras tenaga yang bisa kamu coba kalau fisikmu memang bugar!

Salah satu peserta MRU. via www.mtrinjaniultra.com

Olahraga ini merupakan event lari internasional yang mengutamakan kekuatan fisik. Mungkin olahraga yang biasa kamu tahu cuma olahraga lari, dengan jarak pendek, menengah, dan jauh. Nah, Mount Rinjani Ultra ini memiliki jarak lari lebih dari marathon, sehingga dinamai dengan ultra. Olahraga ini diadakan sejak tahun 2013 dengan 80 peserta yang ikut meramaikannya. Pada tahun berikutnya, membludaklah peserta dari berbagai penjuru, bahkan banyak juga warga asing yang ikut.

Buat kamu, travelers, yang merasa tertantang dengan olahraga ini, silakan persiapkan dirimu. Sebab tahun ini akan diadakan lagi loh, antara Juli-Agustus nanti. Prepare your self, Guys!

Bersepeda tentu bagus buat kesehatan. Kalau bersepeda di gunung? Mau coba?

Wanna try it? via firstdescents.org

Mountain biking adalah olahraga gowes yang dilakukan di gunung. Menyusuri track pendakian dan membuka jalan sendiri untuk sepeda adalah tantangan tersendiri yang seru untuk dilakukan. Ingat, ya, untuk selalu waspada. Sebab kanan-kirimu bisa saja lembah atau jurang yang menganga. Untuk lengkapnya, bisa tonton video ini.

Nah, itu dia olahraga ekstrem yang bisa meningkatkan adrenalinmu dengan pesat. Mau mencobanya? Jangan lupa latihan dan selalu gunakan safety equipment, ya! Selamat memacu detak jantungmu, ya!

Masa masih olahraga yang biasa-biasa aja?