Kawah Putih Dikelilingi Hutan Hijau, Pesona Karaha Bodas di Tasikmalaya yang Belum Begitu Populer

Karaha Bodas

Jika ada satu alasan untuk terus menjelajahi Indonesia, maka destinasi wisata baru yang terus terekspos adalah alasan tersebut. Seperti bisa kamu saksikan, hampir setiap waktu media sosial dipenuhi unggahan destinasi wisata baru dari seluruh penjuru Nusantara. Baik itu destinasi wisata buatan, maupun yang alami seperti Karaha Bodas di Tasikmalaya.

Advertisement

Sebagai kawah putih yang berasal dari gunung api muda, Karaha Bodas sebenarnya bukan lokasi yang baru-baru amat. Destinasi ini tidak begitu populer hanya karena belum terekspos media sosial. Baru beberapa waktu belakangan keindahan destinasi ini terungkap luas. Kalau kamu sedang mencari alternatif wisata alam di Jawa Barat, destinasi satu ini mungkin bisa jadi pilihan.

Karaha Bodas sudah eksis sejak lama tetapi bukan sebagai destinasi wisata

Berlokasi di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Karaha Bodas sudah eksis sejak lama hanya saja bukan sebagai destinasi wisata. Sebelum keindahan alamnya mendatangkan wisatawan, Karaha Bodas yang memiliki fenomena solfator dan fumarol dikenal sebagai kawasan penghasil listrik. Eksplorasi panas bumi ini dikelola oleh PT Pertamina Geothermal Energy.

Nah, karena masih menghasilkan panas bumi, maka kawasan Karaha Bodas memiliki bau belerang yang cukup menyengat. Meski begitu, keindahan yang dimiliki kawah satu ini bisa menebus bau yang kurang nyaman di hidung tersebut. Karaha Bodas berbeda dan unik.

Advertisement

Menyuguhkan kontras antara kawah putih dengan hijaunya hutan

Keunikan paling menonjol dari Karaha Bodas adalah lokasinya dikelilingi hutan hijau yang dikelola oleh Perhutani Provinsi Jawa Barat. Kontras antara hamparan bebatuan putih dengan kehijauan di sekeliling kawah tampak serasi dipandang. Nggak sedikit pengunjung yang menjadikan Karaha Bodas sebagai lokasi foto pernikahan atau sekadar swafoto.

Nah, jika sedikit memalingkan pandang dari kontras yang memukau tersebut, mata akan menanggap kolam air panas yang cukup jernih. Pada kolam air panas tersebut pengunjung bisa merendam kaki, mencuci muka atau bahkan merebus telur. Di area lain, tersedia pula kolam pemandian air panas. Paket komplit liburan yang instagramable dengan manfaat relaksasi!

Fasilitas yang cukup lengkap membuat Kahara Bodas semakin digandrungi

Meski terbilang baru sebagai tujuan wisata, Kahara Bodas memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman, mulai dari lahan parkir yang cukup luas, warung-warung kecil untuk yang kepengin nyemil, hingga wahana permainan, area berkemah, gazebo, dan tentunya toilet.

Untuk mencapai Kahara Bodas dari pusat Kota Tasikmalaya, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Desa Kadipaten dengan patokan plang perusahaan PT Pertamina Geothermal Energy. Area parkir Kahara Bodas berjarak sekira 5 kilometer dari plang perusahaan tersebut, dan kamu harus melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 700 meter untuk sampai.

Setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp10 ribu. Sementara jika datang dengan kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp5 ribu untuk mobil dan Rp3 ribu untuk sepeda motor. Tertarik untuk menyambangi destinasi wisata alam yang indah dan murah meriah ini?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE