Mudik lebaran adalah salah satu momen sekali setahun yang sangat dinantikan banyak orang. Mudik lebaran tak cuma dinikmati oleh yang merayakan lebaran saja, yang tidak merayakan pun ikut menikmati momen liburan dan ikut mudik juga. Maka dari itu moda transportasi umum laris manis saat momen mudik lebaran. Dari bus antar kota yang murah meriah, kereta api, hingga pesawat yang harganya lumayan mahal pun laris semua. Berkah lebaran sih ya buat mereka…

Akan tetapi, bagaimana yang terjadi jika kamu dan beberapa orang lainnya sudah punya tiket dan siap berangkat mudik namun ternyata gagal berangkat? Alasannya pun sepele, telat check in. Kesel banget ‘kan rasanya, apalagi kamu sudah datang sebelum konter check in seharusnya ditutup. Begini nih kronologis penumpang maskapai Lion Air yang gagal terbang pada malam takbiran lalu.

Seorang netizen bernama Radik Risal Putra mengunggah status di akun Facebook-nya tentang kekecewaannya terhadap maskapai Lion Air jelang mudik lebaran

Lion air bermasalah lagi via www.facebook.com

Advertisement

Radik Risal Putra mengunggah video dan status saat ia gagal check in saat akan mudik lebaran pada tanggal 24 Juni 2017. Gagal check in bukan karena telat, tapi karena pihak Lion Air menutup kaunter check in lebih cepat dari biasanya. Begini cerita yang ditulis oleh Radik di Facebook. Untuk membaca status lengkapnya bisa dibuka di statusnya di link ini.

ADA APA DENGAN LIONAIR?

Please bantu share gaes, biar orang2 tau sehingga kejadian ini tidak terulang dan kalau perlu diberi sanksi tegas, terutama untuk maskapai @lionair_

Kronologi:

Saya seharusnya flight jam 18:55 tujuan jakarta – padang, tepat jam 6 habis buka puasa saya langsung check in, habis itu petugas check in bilang untuk penerbangan 18:55 cek in udah ditutup, lah ini kan masih jam 18:05 dan disuruh ke CS, sampe didepan CS ternyata banyak yg komplain mungkin sekitar 10an orang yg flight jam 18:55 dan ada juga yg flight 19:20 sama2 katanya check in tutup. WHAT??????

Bukannya di situs lion air dibilang penutupan check in 30 menit sebelum keberangkatan, tapi petugas CS yg cewek kekeh buat tidak mau memberangkatkan beberapa orang termasuk saya dan bilang ini sudah aturan dari atasan. Di video si petugas cowok juga bilang check in 90 menit sebelum keberangkatan, di aturan web lion aja bilang 30 menit check in ditutup.
KOK BEDA???????

Mereka gagal check in padahal masih ada waktu sekitar 50 menit sampai lebih dari satu jam dari jam penerbangan. Di web Lion saja menyebut maksimal 30 menit sebelum keberangkatan

check in paling lambat 30 menit sebelum via www.facebook.com

Sementara itu, dari situs Lion Air sendiri check in paling lambat adalah 30 menit sebelum keberangkatan pesawat. Padahal calon penumpang ini datang sebelum batas akhir, yakni pukul 18.05 di mana pesawat berangkat pukul 18.55 WIB alias 50 menit sebelumnya. Ada juga penumpang yang jadwal pesawatnya pukul 19.20. Jadi mereka pun merasa aneh dengan kejadian ini. Sayangnya, kejadian mengecewakan ini terjadi saat mudik lebaran. Momen yang tentunya mereka nantikan untuk segera berkumpul dengan keluarga.

Anehnya, para penumpang ini justru ditawari untuk terbang keesokan harinya (pas hari Lebaran) dengan iming-iming gratis. Padahal ‘kan kalau memang kesalahan karena telat check in, uangnya hangus.

malah ditawarin besoknya via www.facebook.com

Advertisement

Namun anehnya, pihak maskapai justru menawarkan penerbangan pada keesokan harinya (hari lebaran) tanpa bayar biaya lagi. Padahal ‘kan kalau kesalahan sendiri karena telat check in maka uang hangus. Untuk itu mereka heran, dan curiga kalau ini permainan orang dalam yang menjual tiket lagi dengan harga lebih mahal. Begini lanjutan statusnya…

Dan dianjurin buat flight ditanggal 25 “tanpa bayar lagi” atau refund,
Logikanya kalau telat check in biasanya duit hangus, eh tetapi ini dibayarin full,
Dari beberapa kejanggalan itu :

1. Check in 1 jam keberangkatan tidak bisa alasan check in tutup sedangkan di term and condition lion, check in tutup 30 menit sebelum keberangkatan.

2. Telat check in tapi masih bisa refund lo “bukannya selama ini kalau telat check in hangus ya” dan itu bisa refund full lagi.

Muncul kecurigaan tentang praktik kecurangan pihak maskapai dan beberapa calo.

Dan 2 jam di bandara saya didatangi dan ketemu beberapa calo (orang yg kerja di lingkungan bandara juga) yg nawarin tiket sekitar 2,3 – 2,5 juta, fix berarti ini ada permainan dalem orang maskapai Lion Air dengan sesuka hatinya tutup check in dan refund kemudian menjual kembali tiket kami tersebut dengan selisih harga 700-900 ribu.

Ini bukan berita HOAX atau berita dengan sengaja mencoreng pihak maskapai, tapi ini pure pengalaman, dan bisa dicek di CCTV ruang check in.

Mohon bantu search aja biar kejadian ini tidak terulang kembali, dan semoga ini maskapai diberi sanksi tegas oleh dinas terkait dan @jokowi

Miris lihat kondisi penerbangan di Indonesia kalau seperti ini, mohon diperbaiki.

Begini video yang diunggah di mana para penumpang komplain karena gagal check in. Mereka pun gagal mudik di hari itu, padahal sudah beli tiket

Dikirim oleh Radik Risal Putra pada 23 Juni 2017

Solusinya sebenarnya sederhana, kalau kamu masih mau naik Lion ya harus terima dengan pelayanan sekadarnya semacam itu. Untuk itu lebih baik pilih saja maskapai lain yang lebih baik. Selain itu, laporkan kepada aparat atau kementerian terkait agar ada tindakan untuk maskapai yang membandrol tiket sangat murah ini. Memang ada harga ada rupa sih ya.

Semoga hal ini tidak terulang lagi ke depan ya. Berharap boleh aja ‘kan ya? Meskipun tahu realitasnya sangat susah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya