Nggak berasa ya udah masuk bulan puasa lagi. Salah satu momen yang ditunggu-tunggu di bulan puasa adalah buka bersama atau bukber. Pertanyaan ‘bukber di mana’ sering mewarnai percakapan di grup whatsapp selama bulan penuh berkah ini. Kamu udah ngitung jadwal buber kamu belum?

Jadi hari ini mau bukber di mana? Bukber di Semarang aja yuk. Ada banyak pilihan tempa seru untuk ngabuburit lanjut bukber. Mulai dari tempat yang super fancy, merakyat, sampe tempat yang menyediakan makanan buka gratisan. Simak ulasan Hipwee Travel tentang tempat ngabuburit dan bukber di Kota Semarang.

1. Jalan kaki di trotoar lebar di Kawasan Kota Lama Semarang sambil nunggu waktu buka. Lanjut buka di taman atau masuk ke cafe di sana.

Kawasan Kota Lama Semarang via www.instagram.com

Advertisement

Nongkrong sore sambil ngabuburit di Kawasan Kota Lama Semarang jadi pilihan asik. Kamu bisa jalan-jalan santai di trotoarnya yang lebar sekalian foto-foto bareng bangunan tua di sini. Kalau sudah buka, kamu bisa beli takjil dari pedagang kaki lima yang mangkal di sekitaran Taman Srigunting, atau masuk ke cafe dan resto yang ada di sekitaran Kota Lama.

2. Taman Kota Pleret di pinggir Kali Banjir Kanal Barat dan air mancur menari cocok jadi tempat ngabuburit. Berasa buka di luar negeri.

Taman Pleret, Banjir Kanal Barat via www.instagram.com

Taman Kota Pleret yang persis berada di pinggir Kali Banjir Kanal Barat ini tempatnya seru banget. Kamu bisa nongkrong di sini, ngobrol segala macam obrolan di pinggir sungai. Sebaiknya bawa bekal untuk buka. Kalau udah malem air mancur penuh warna akan menari mengikuti alunan musik. Berasa ngabuburit di luar negeri kan. Baiknya ke sini saat weekend ya.

3. Taman Indonesia Kaya dan space super luas untuk ngabuburit rame-rame. Kalau beruntung ada pertunjukan seni di panggung utama.

Taman Indonesia Kaya via www.instagram.com

Taman Indonesia Kaya punya space super luas untuk kamu dan temen-temenmu nongkrong. Ada banyak pepohonan yang bikin suasana asik, adem, dan menyegarkan mata. Siapa tahu ada pertunjukan kesenian di panggung utama saat kamu ngabuburit. Kalau udah waktu buka, tinggal melipir ke pinggir untuk beli makan dari pedagang kaki lima di sana.

4. Ngabuburit di Kawasan Jalan Pahlawan dan trotoarnya yang luas. Kamu bisa hunting makanan rumahan yang cuma ada saat bulan puasa.

Kawasan Jalan Pahlawan Semarang via www.instagram.com

Advertisement

Kawasan Jalan Pahlawan ini punya trotoar yang gedhe banget, yang sering dimanfaatkan warga Kota Semarang untuk nongkrong. Warga yang lain jualan takjil untuk temen-temen yang nongkrong. Takjil-takjil yang merupakan makanan rumahan yang dijual di sini cuma ada saat bulan puasa aja lho.

5. Kawasan Simpang Lima Semarang untuk ngabuburit. Bisa main bola, badminton, lari, sepatu roda, becak-becakan, semua bisa deh.

Simpang Lima via www.instagram.com

Kawasan Simpang Lima punya banyak fasilitas untuk dimanfaatkan sambil nunggu waktu berbuka. Kamu bisa main bola, badminton, lari, naik becak-becakan, main sepatu roda atau skate board, atau cuma nongkrong di warung-warung di pinggiran Simpang Lima sembari nunggu buka. Bisa banget.

6. Grand Maerokoco punya hutan mangrove dan danau cantik. Ngabuburit sambil nongkrong di pinggir danau dan main perahu seru juga.

Grand Maerokoco via www.instagram.com

Nunggu buka sambil jalan-jalan di Grand Maerokoco. Ada hutan mangrove dan danau yang cantik. Bisa nongkrong di pinggir danau atau naik perahu kecil di sana. Siap-siap bawa bekal aja untuk takjil ya. Yang jualan makanan agak jauh dari lokasi Grand Maerokoco.

7. Menikmati langit senja di Masjid Agung Jawa Tengah. Ngabuburit sambil menikmati arsitektur masjid yang punya payung hidrolik.

Nongkrong di Masjid Agung Jawa Tengah sambil nunggu buka. Langit senja di MAJT warnanya cakep banget. Arsitektur MAJT juga unik. Payung hidrolik MAJT yang megah ini jadi ikon unik yang bikin serasa di Mekkah.

8. Masjid Jami Pekojan dan makanan buka puasa gratis. Makan bubur India yang cuma ada saat bulan puasa untuk bukber gratis.

Takjil gratis di Masjid Jami Pekojan via ramadan.tempo.co

Mau yang gratis? Ngabuburit di Masjid Jami Pekojan Semarang. Lokasinya dekat dengan Pasar Johar dan Kawasan Kota Lama Semarang. Tiap bulan ramadhan Masjid Pekojan menyediakan menu bubur India untuk buka puasa. Bubur ini gratis untuk siapa saja yang datang ke sana. Selain bubur, ada Masjid Agung Semarang yang menyediakan takjil dan air zamzam gratis dan Masjid Layur yang menyediakan kopi rempah gratis.

9. Cafe yang punya pemandangan ke kota, interior shabby chic, atau bangunan jadul. Ada menu istimewa juga yang bikin bukber lebih hemat.

Ngabuburit di cafe via www.instagram.com

Ngabuburit di cafe seru juga lho. Mau pilih nuansa cafe dengan pemandangan alam, shabby chic, atau jadul, ada semua di Semarang. Beberapa cafe juga punya menu istimewa untuk buka puasa. Lumayan hemat lho.

10. Ngabuburit di mal, bisa main games, nonton bioskop, window shopping dan lanjut buka di food court. Mainstream tapi seru.

Ngabuburit di mal via www.dinilint.com

Ngabuburit di mal terdengar mainstream ya. Tapi sekali-sekali seru lho ngabuburit di mal. Kamu bisa main games, nonton bioskop, atau sekedar window shopping. Nongkrong di food court aja biar semua orang bisa punya pilihan makanan sesuai selera masing-masing.

11. Makan menu all you can eat di hotel saat bulan Ramadhan. Menunya banyak, enak, tempatnya fancy, dan worth the money.

Makan all you can eat di hotel via www.instagram.com

Ngabuburit di hotel yang fancy dan lanjut makan menu all you can eat. Semarang jadi salah satu kota yang menyediakan menu all you can eat hotel dengan harga yang terjangkau dan menu makan yang sangat worth it. Untuk makan all you can eat di hotel kamu butuh budget nggak lebih dari Rp. 200,000-an.

Dari sekian banyak pilihan untuk ngabuburit dan bukber ini, kamu pilih yang mana? Pilih semuanya juga boleh sih. Jadi, mau bukber di mana hari ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya