Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Filosofi sederhana itu semestinya mudah dipahami bagi traveler. Setiap daerah punya budaya dan adatnya masing-masing yang seyogyanya dihormati. Semua orang yang berkunjung ke suatu daerah harus mengikuti etika dan norma yang berlaku di sana.

Tampaknya, hal tersebut tidak berlaku bagi traveler yang satu ini. Dilansir dari akun Instagram @infotabedaeng, alih-alih menghormati budaya Toraja, ada dua traveler yang justru melakukan tindakan memalukan saat berkunjung ke sana. Dua wisatawan pria dan wanita berpose tidak sopan di makam Toraja. Sampai-sampai, mereka berpose seperti akan menginjak tengkoraknya. Wah miris banget sih!

Mungkin ingin tampak eksis, dua wisatawan ini bergaya dengan pose menginjak tulang belulang di Toraja. Memalukan banget sih ya!

• Tengkorak dan tulang belulang yang merupakan benda purbakala dan merupakan nenek moyang dari sebagian orang toraja, di jadikan mainan dan ajang gaya-gayaan. Dia pikir mungkin gayanya sudah keren dengan pose ingin injak tengkorak dan memainkan seakan lagi main gitar Bagaimana tanggapan anda? • ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Kunjungi juga line official kami @infotabedaeng (pakai@) untuk dapatkan info terupdate lainnya atau bisa juga dengan klik URL di bio 😄😄 . . #infotabedaengnews #infotabedaeng #makassarinfo #infomakassar #makassar #lambe_turah #kejadianmakassar #okezone #tribuntimur #kotamakassar #instamakassar #instamks #mtma_makassar #jokowi #visitmakassar #dagelan #indonesiabisa #pesonaindonesia #indozone #instagram #kulinermakassar #psmmakassar #themaczman #redgank #beritaviral #sulawesiselatan #exploresulsel #visitsulsel #viral #situspurbakala

A post shared by INFO SEPUTAR SULSEL & DUNIA (@infotabedaeng) on

Advertisement

Tengkorak dan tulang belulang yang merupakan benda purbakala dan merupakan nenek moyang dari sebagian orang toraja, di jadikan mainan dan ajang gaya-gayaan.

Dia pikir mungkin gayanya sudah keren dengan pose ingin injak tengkorak dan memainkan seakan lagi main gitar

Bagaimana tanggapan anda?

Dua wisatawan ini melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan etika dan norma yang berlaku di Toraja. Mereka berpose dengan tidak patut ketika berlibur ke sana. Di foto kedua tampak wisatawan cowok berpose seakan menginjak tengkorak sementara di foto ketiga si cewek berpose seolah sedang bermain gitar dangan tulang belulang. Tindakan tersebut tentu saja bikin miris karena tulang belulang itu adalah leluhur masyarakat Toraja yang tetap diagungkan meskipun telah meninggal dunia puluhan atau ratusan tahun yang lalu.

Bagi masyarakat Toraja sendiri, arwah leluhur termasuk peninggalannya berupa tulang belulang adalah sesuatu yang sakral dan dihormati.

norak banget sih via www.instagram.com

Advertisement

Tentu sebagai tamu atau wisatawan, sebaiknya kita menghormati budaya maupun adat istiadat yang berlaku di suatu daerah. Apalagi di Toraja di mana masyarakatnya sangat menghormati leluhurnya, bahkan ketika meninggal sekalipun. Untuk itu, makam adalah tempat sakral yang nggak bisa diperlakukan dengan sembarangan. Hal ini seharusnya bisa dipahami dengan baik. Apa sih bagusnya foto dengan tulang belulang dengan pose begitu? Nggak keren dan panen hujatan di media sosial.

Kejadian ini kemudian viral di Instagram dan warganet pun langsung membully mereka dengan komentar pedas

komentar pedas warganet via www.instagram.com

Sontak, postingan tersebut dibanjiri komentar oleh warganet yang mayoritas berisi bully dan hujatan atas aksi mereka di Toraja tersebut. Ada ratusan komentar yang bernada kasar yang ikut menyerang mereka. Hmm, sebaiknya tetap bijak ya, warganet! Oke, perilaku mereka berdua memang salah, tapi jangan muncul komentar-komentar kotor juga. Niatnya mau nasehatin malah justru nggak banget ‘kan kalau dibaca. Miris.

Sebagai traveler, sebaiknya kita dahulukan tata krama dan sopan santun ketika mengunjungi suatu tempat wisata. Hormati dan hargai budaya setempat dan jangan egois dengan foto-foto melulu. Oke!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya