Hipwee Travel akan memberikan liputan khusus destinasi wisata populer di Indonesia dan mancanegara. Kami menamainya Reportase Wisata. Tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang sering jadi impian para traveler. Tak cuma destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain seputar destinasi tersebut yang tak pernah ternarasikan sebelumnya.

Mumpung di Jepang lagi musim sakura, kali ini Hipwee Travel bakal mengulas tentang Jepang. Di artikel terakhir tentang Tokyo, kita bakal sharing panduan budget buat ke Jepang anti mahal. Buat kamu soabt misqueen harus simak artikel ini. Biar bisa ke Jepang dengan murah meriah.

Artikel 1: Panduan Liburan ke Jepang Buat Pemula. Persiapkan 10 Hal Ini Sebelum Berangkat ke Negeri Sakura! 
Artikel 2: 7 Destinasi Gratisan di Tokyo yang Harus Kamu Datangi. Keliling Semua Tempat Cuma Seharian Aja Lho!
Artikel 3: Begini Rasanya Naik Kereta Gantung di Gunung Fuji, Jepang. Agak Serem Tapi Seru Abis!
Artikel 4: 10 Hal Unik dan Budaya Positif di Jepang yang Bikin Jatuh Cinta. Jadi Pengen Balik ke Sana Lagi!
Artikel 5: Panduan Budget Liburan ke Tokyo Anti Mahal. Cocok Buat Sobat Misqueen yang Mimpi ke Jepang!

Liburan ke Jepang memang mahal. Mahal banget malah. Biaya hidup di Negeri Sakura memang salah satu yang termahal di dunia. Hal ini yang bikin kamu para backpacker dan sobat misqueen harus mikir berulang kali kalau mau liburan ke sana. Tiket pesawat mahal, kereta mahal, makan mahal, tidur pun mahal. Kalau kamu nggak cinta banget sama Jepang mending nggak usah ke sana deh. Duitmu bisa buat liburan mewah ke Malaysia, Thailand, atau bahkan India dan Nepal.

Advertisement

Tapi kalau kamu emang berminat liburan ke Jepang, setidaknya kamu harus berhemat di banyak aspek. Mulai dari tiket pesawat, hotel, makan, sampai tempat wisatanya juga. Nah, kali ini Hipwee Travel berbaik hati untuk bikinin kamu panduan budget untuk backpackeran murah ke Jepang anti mahal selama 4 hari 3 malam. Wah gimana caranya? Oke simak ulasannya ya.

Pertama, tiket pesawat harus dapat yang promo sekitar 3 jutaan PP. Cari maskapai full service aja nggak masalah asal dapat harga segitu

pesawat pun tepat waktu via www.hipwee.com

Biasanya sih tiket pesawat LCC bisa murah ya, sekitar 2,5-4 jutaan PP. Kalau beruntung pas 2 jutaan bisa ke Jepang PP. Tapi ya gitu, tempat duduk sempit, nggak ada makan, dan nggak ada entertainment padahal terbang selama 7-8 jam. Wah bisa stress nih duduk bengong lama banget.

Mending habis-habisan acri tiket promo pake maskapai full service macam All Nippon Airways (ANA), Japan Airlines (JAL) ataupun Garuda Indonesia. Kalau lagi ada promo Online Travel Agent (OTA), tiket ke Jepang PP bisa kamu dapat dengan 3-4 jutaan saja. Udah full service lho, dapat makan, dapat entertainment, nyaman dan lebih terasa berkelas. Toh harganya nggak beda jauh sama LCC kalau pas dapat tiket promo. Kalau normal sih bisa 8-10 jutaan PP ke Jepang.

Advertisement

– Tiket pesawat PP ANA Airlines/JAL : 3.500.000,-

Kedua, sebaiknya kamu sudah pesan hotel kapsul dari Indonesia. Harga hotel cukup mahal di Tokyo, untuk itu pake yang kapsul aja

hotel kapsul di tokyo via panduanwisata.id

Tokyo adalah kota yang sangat padat dan mahal. Maka dari itu, properti di ibukota Jepang ini juga ikut mahal. Menginap di hotel murah pun minimal harus merogoh kocek 1 jutaan. Nah, biar kamu nggak mendadak jatuh miskin karena menginap di hotel mahal, lebih baik kamu cobain hotel kapsul. Pilihlah area Asakusa atau Ueno ketimbang area Shinjuku atau Shibuya yang mahal. Harga hotel kapsul per malam mulai dari 300 ribuan per orang.

– Hotel kapsul 4 hari 3 malam : 900 ribu, kita genapkan sejuta aja.

Tiket yang cukup mahal lagi adalah tiket kereta di Jepang. Jangan pakai JR Pass kalau kamu mau berhemat dan cuma keliling Tokyo saja

kereta komuter di jepang via www.hipwee.com

JR Pass itu adalah tiket terusan selama seminggu untuk keliling Jepang. Kalau kamu cuma di Tokyo saja, sebaiknya nggak usah beli JR Pass karena harganya sangat mahal, yakni 3,8 juta. Ya kaya harga pesawat Jakarta-Narita PP. Lebih baik kamu beli sesuai kebutuhan saja. Harga tiket subway rata-rata 170 Yen atau sekitar 20 ribu sekali jalan. Tiket lokal JR railways mulai sekitar 140 Yen atau 18 ribu sekali jalan. Kalau bolak-balik ‘kan mahal juga ya. Beberapa travel agent menjual tiket subway terusan per hari. Nah kamu bisa beli yang 3 hari karena kamu eksplor Tokyo selama 3 hari. Namanya Tokyo Metro Pass, untuk 1 hari (24 jam) harganya sekitar 100 ribu rupiah. Namun kalau kamu beli 3 hari (72 jam) bisa dapat sekitar 190 ribu rupiah. Jauh lebih murah ketimbang kamu beli satu per satu.

Jangan lupa beli tiket Narita Express dari bandara Narita ke stasiun Tokyo terlebih dahulu. Tiket sekali jalan harganya 1.320 Yen atau sekitar 160 ribu rupiah. Bolak-balik kurang lebih 320 ribu rupiah.

– Tokyo Metro Pass : 190 ribu

– Narita Express : 320 ribu

Nah, sekarang kita bahas makan dong ya. Kalau kamu terbiasa backpackeran, jangan lupa bawa makanan ala Indonesia ke sana. Mie instan dan abon akan sangat membantu lho

ramen halal di tokyo via www.hipwee.com

Makanan di Jepang emang luar biasa mahalnya. Jadi usahakan sekali aja beli makan di luar. Makan pagi pake Pop Mie aja bawa dari Indonesia. Minta air panas di hotel, kalau ada sih. Makan siang beli Onigiri 2 buah (@100 Yen atau 13 ribu). Makan malam baru beli makanan khas Jepang. Cari yang harga 800 Yen aja. Bisa beli ramen atau udon. Udah gitu terus aja, sselama 4 hari nggak kerasa kok. Hehehe. Nyobain makanan Jepang udah sekaligus ngirit juga bisa. Tapi hati-hati, buat yang Muslim, pastikan makanan yang kamu santap makanan halal ya. Sulit nemu menu makanan halal di Jepang.

– Makan siang Onigiri 6 buah : 78.000

– Makan malam @800 Yen selama 3 malam : 300.000

– Beli minum dan snack : 100.000

_____________________________________________ +

Total Rp 478.000,-

Untuk tempat wisata nggak usah nyari yang berbayar ya. Banyak kok tempat wisata gratis di Jepang, ke taman-taman atau mall juga bisa

shibuya crossing via www.jnto.go.jp

Banyak sekali destinasi murah bahkan wisata gratis di Tokyo. Hipwee sudah bahas di artikel ini. Kamu bisa ke Ueno dan Asakusa. Ada banyak kuil yang bisa kamu datangi gratis, termasuk Kuil Sensoji. Selain itu ada pula persimpangan tersibuk di Shibuya, patung Hachiko, Harajuku, Mall Omote Sando, Akihabara, hingga Odaiba. Pokoknya kalau ada tiket masuk di tempat wisata manapun, cukup foto di depannya aja ya. Hehehe.

Selain itu banyak pula taman-taman di kota Tokyo yang masuknya gratis. Di Tokyo banyak tempat instagramable kok, bahkan vending machine-nya juga instagramable abis. Jadi kamu nggak bakal kekurangan foto deh. Nggak harus masuk ke destinasi wisata Jepang yang rata-rata tiketnya di atas 100 ribu. Oh iya, nggak usah sewa kimono karena harga sewanya bisa 300-400 ribu.

Oke mari kita totalkan biaya perjalanan ke Tokyo dengan cara murah meriah namun tetep kece seperti ini. Oh iya, jangan lupa tambahkan visa single entry yang harganya Rp525.000 saja.

– Pesawat : 3.500.000

– Hotel kapsul 3 malam : 1.000.000

– Tiket kereta : 190.000

– Narita Express : 320.000

– Makan siang Onigiri 6 buah : 78.000

– Makan malam @800 Yen selama 3 malam : 300.000

– Beli minum dan snack : 100.000

– Visa single entry : 525.000

____________________________________________________+

Total pengeluaran ke Jepang : Rp6.013.000,- untuk 4 hari 3 malam.

Gimana, murah banget ‘kan? Cuma 6 jutaan bisa ke Jepang lho. Udah sama tiket pesawat lho. Tapi jarang sih yang pake gaya seperti ini. Biasanya kalau udah ke Jepang, traveler akan kesulitan ngatur pengeluaran dan habis puluhan juta. Kebanyakan berpikiran kalau udah sampai Jepang mending totalitas aja belanja dan jajannya karena belum tentu bisa ke sana lagi. Puas-puasin deh kalau lagi di sana. Tapi kalau kamu mau coba trip bujet kaya gini sih silakan aja ya. Hipwee Travel cuma bisa kasih saran dan semoga bermanfaat ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya