Liburan ke Lombok kini bukanlah sesuatu yang wah. Tiket pesawat murah, informasi tempat wisata mudah didapat, dan kapan saja kamu bisa ke sana. Mau mendaki Rinjani 17-an nanti atau sekedar kongkow santai di tepian pantai Gili Trawangan boleh banget. Kalau kamu sukanya yang mana nih, gunung atau pantai?

Kali ini Hipwee Travel bakal kasih panduan hemat keliling ke pulau Lombok. Jangan salah lho, uang 500 ribu saja cukup lho untuk keliling Lombok. Kira-kira dengan duit segitu bisa buat ke mana aja nih? Ya udah yuk simak panduan liburan ke Lombok buat kamu backpacker dengan budget pas-pasan.

Advertisement

Lombok, aku datang~

Hari pertama, sebaiknya kamu langsung ke kota Mataram dari bandara naik DAMRI. Harganya cuma 25 ribu doang kok

Sesampai di bandara, kamu bisa naik DAMRI menuju ke kota Mataram. Cari penginapan murah ke sana. Kalau mau ngirit lagi, nebeng aja tidur di Rumah Singgah Lombok. Menginap di sana gratis tanpa syarat lho. Lumayan lah dapat penginapan gratis dan bisa tambah temen sesama backpacker. Kamu cuma butuh duit ya cuma buat makan sama sewa motor aja sih. Destinasi yang bisa kamu tuju di hari pertama praktis cuma Pantai Senggigi aja. Menikmati senja bersama kopi dan alunan musik indie, beuh nikmat banget rasanya.

  • DAMRI : 25 ribu
  • Makan : 2 x 20 ribu = 40 ribu
  • Sewa motor 3 hari : 3 x 75 = 225 ribu
  • Total Hari Pertama : 290 ribu

Hari kedua, kamu boleh ngegas motor kamu ke desa Sade, Kuta dan pantai-pantai di sekitarnya. Semuanya gratis kok masuknya

bukit marese via www.sociotraveler.com

Advertisement

Naik motor dari Mataram menuju ke arah Kuta emang cukup jauh sih. Untuk itu kamu bisa datang mumpung masih pagi. Tujuan pertama adalah desa Sade, desa khas Lombok yang unik banget. Masuk ke desa ini gratis. Cukup foto-foto dan lihat-lihat aja kalau beneran nggak ada duit. Hehehe.

Selanjutnya, kamu bisa langsung menuju ke Pantai Selong Belanak, Kuta, Seger, Mawun dan pantai-pantai di jajaran kawasan Mandalika. Kamu bisa pilih sendiri deh pantai favorit kamu. Pasir putihnya bakal bikin kamu betah bermain-main di sana. Kalau sudah sore langsung beranjak ke pantai Tanjung Aan dan trekking ke bukit Marese. Nikmati sunset yang nggak kalah indah dari Senggigi. Wah kalau di Lombok sih, sunrise dan sunset jadi makanan sehari-hari. Tinggal kamu pilih lokasinya aja.

pantai selong belanak via www.wego.co.id

Malamnya jangan lupa wisata kuliner ya, ada Sate Rembiga, Plecing Kangkung, Beberuk dan sebagainya. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Kota Mataram.

  • Bensin : 20 ribu
  • Makan : 3 x 20 ribu = 60 ribu
  • Parkiran total : 10 ribu
  • Total hari kedua : 90 ribu

Hari terakhir, mainlah ke air terjun Benang Kelambu. Air terjunnya unik dan beda dengan yang di Jawa lho

air terjun benang kelambu via www.traveloka.com

Sedari pagi, kamu bisa wisata ke kota Mataram untuk menikmati kuliner di pagi hari. Jam 8 pagi segera meluncur ke Lombok Tengah karena ada air terjun Benang Kelambu yang oke banget. Air terjunnya muncul dari sela-sela dedaunan yang indah. Unik sih air terjun dengan pemandangan seperti ini. Harga tiket masuknya 10 ribu rupiah. Tapi sangat disayangkan banyak pungutan di sana sini. Kamu harus cuek aja dan tampilannya dibikin kaya orang lokal aja deh. Biar nggak disuruh bayar mahal saat ke sana.

Setelah puas di sana, segera balik ke Mataram dan packing ransel kamu. Naik DAMRI lagi ke bandara. Cari penerbangan sore aja ya.

  • Tiket masuk : 10 ribu
  • Bensin : 20 ribu
  • Makan : 2 x 20 ribu = 40 ribu
  • DAMRI ke Bandara : 25 ribu
  • Total hari ketiga : 95 ribu

Total untuk 3 hari perjalanan kurang lebih 475 ribu saja. Bisa deh digenepin jadi 500 ribuan. Perlu dicatat bahwa ini tidak menghitung tiket pesawat ya. Itu sih tergantung gimana cara kamu ke sana, mau naik pesawat, bus atau ngeteng sekalian berganti kendaraan.

Gimana, murah kan liburan ke Lombok? Berani ke sana?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya