Kamu tahu kan pantai Sawarna di Banten? Keindahan alam Pantai Sawarna mulai menarik banyak minat para pecinta jalan-jalan. Selain karena letaknya yang nggak jauh dari Jakarta dan sekitarnya, Sawarna juga menyajikan wisata yang lengkap di satu tempat.

Namun, ternyata nggak sedikit yang masih bertanya-tanya dimana letak Sawarna, bagaimana cara ke sana, dan apa saja yang bisa dinikmati di sana. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan Hipwee Travel ya. Bisa buat referensi liburan Lebaran nih!

Ada banyak pilihan rute dan moda transportasi yang bisa kamu gunakan untuk sampai di Sawarna. Bisa naik angkutan umum, bisa juga dengan kendaraan pribadi.

Elf

Siap-siap berdesakan saat naik Elf via puteridasa.wordpress.com

Advertisement

Ada banyak cara dan rute yang bisa kamu tempuh untuk sampai ke Sawarna. Rute pertama adalah lewat jalur Bogor-Pelabuhan Ratu-Sawarna. Rute kedua kamu bisa lewat Serang-Pandeglang-Sawarna. Jaraknya sekitar 100 km dari Jakarta. Dibanding lewat Serang, kamu yang datang dari Jakarta lebih baik lewat Bogor. Selain jaraknya lebih dekat, kondisi jalannya lebih bagus.

Kalau kamu pergi dengan angkutan umum, kamu bisa naik Bus MGI Bogor-Pelabuhan Ratu dengan tarif Rp 40.000. Setelah itu, kamu melanjutkan perjalanan ke Sawarna dengan ELF dari terminal Pelabuhan Ratu. Ongkosnya Rp 30.000. Supaya bisa mendapat bisa langsung ke Sawarna, kamu harus sampai di Pelabuhan Ratu sebelum jam 1 siang karena ELF-nya terbatas.

Kalau datang setelah jam 1 siang, kamu hanya bisa naik ELF sampai pintu gerbang Desa Wisata Sawarna. Selanjutnya, kamu harus menyambung ojek sampai ke titik terdekat dari pantai dengan tarif sekitar Rp 30.000.

Kamu harus menginap minimal semalam supaya bisa menyusuri seluruh keindahan Sawarna. Jangan khawatir, ada banyak pilihan penginapan murah di sana.

Penginapan

Penginapan di Sawarna nyaman kok via disawarna.blogspot.com

Advertisement

Saat memutuskan rencana untuk berwisata ke Sawarna, ada baiknya kamu langsung mencari penginapan. Kalau datang mendadak, apalagi pas musim liburan, kamu akan kesulitan mendapatkannya. Selain itu, pas musim liburan datang, kamu bisa mendapatkan harga yang jauh lebih mahal. Kalau booking jauh-jauh hari, kamu punya banyak pilihan penginapan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Ada berbagai jenis penginapan di Sawarna, tapi semua berbentuk homestay. Kamu bisa mendapatkan penginapan dengan harga mulai dari Rp 50.000 permalam. Supaya lebih murah, disarankan agar kamu datang bersama teman-teman biar bisa patungan penginapan. Jangan kaget dengan harga murah ya. Sebab harga menyesuaikan dengan kualitas penginapan yang kamu dapat.

Fasilitas standar yang bisa kamu dapat di kamar seharga Rp 50.000 permalam umumnya adalah kipas angin dan kamar mandi di dalam. Kalau menginap, jangan lupa bawa lotion anti nyamuk ya.

Untuk menjangkau spot-spot wisata terbaik dan tercantik, ada baiknya kamu menyewa jasa guide yang biasa menyambi sebagai tukang ojek.

Pasir Putih

Cantiknya Pantai Pasir Putih via anakbackpacker.wordpress.com

Untuk menjangkau spot-spot wisata andalan di Sawarna, kamu bisa menyewa motor. Harganya mulai dari Rp 50.000 perhari. Tapi Hipwee menyarankan supaya kamu menyewa guide. Biasanya guide di Sawarna menyambi sebagai tukang ojek. Ongkos menyewa jasa guide adalah Rp 60.000 perhari untuk satu orang. Tarif itu sudah termasuk biaya masuk spot wisata.

Ada banyak keuntungan yang kamu dapat dengan menyewa guide. Pertama, kamu bisa mendapat cerita langsung dari sang guide tentang Sawarna. Kedua, medan menuju spot wisata di Sawarna cukup berat dan lumayan jauh dari penginapan. Jadi keberadaan mereka sangat membantu. Mereka juga bisa membawamu ke spot-spot tersembunyi yang jarang dilalui banyak orang.

Perjalanan dimulai dengan menikmati sunset cantik di Pantai Karang Bereum, lalu dilanjutkan dengan berendam di arus tenang Pantai Legon Pari.

13534515_1624983111151751_522789461_n

Kalau sampai di Sawarna sekitar jam 3 sore, kamu bisa langsung pergi ke Pantai Pasir Putih. Di sana kamu bisa bersantai sambil menunggu sunset. Perjalanan mengelilingi pantai-pantai eksotis baru dimulai pada jam 05.00 pagi di Pantai Karang Bereum. Pantai itu menjadi lokasi start karena merupakan spot terbaik untuk menikmati sensasi matahari terbit di desa Sawarna.

Kalau kamu suka dengan kehidupan bawah laut, kamu bisa berlama-lama di pantai ini. Di sana kamu bisa melihat kehidupan bawah laut tanpa harus menyelam atau snorkeling. Bergeser ke timur sedikit, kamu akan menemukan Pantai Legon Pari. Arus ombak di pantai ini sangat kecil dan dikelilingi perbukitan menyerupai teluk, jadi sangat cocok buat kamu yang mau bermain-main di lautan.

Di hari yang sama, guide akan membawamu berkeliling ke Pantai Karang Taraje, Bukit Senyum, dan Pantai Tanjung Layar.

Tanjung layar

Inilah Pantai Tanjung layar yang fenomenal itu via www.iwisataindonesia.com

Perjalanan berlanjut ke Pantai Karang Taraje yang merupakan pantai paling timur di Sawarna. Kalau kamu datang saat laut pasang, kamu bisa melihat air yang menyebrangi karang dan menimbulkan efek seperti air terjun. Spot ini juga cocok banget buat kamu yang hobi memancing. Setelah puas di Karang Taraje, kamu akan dibawa ke Bukit Senyum untuk melihat keindahan Pantai Tanjung Layar dari ketinggian.

Setelah istirahat sejenak di Bukit Senyum, kamu akan sampai di Pantai Tanjung Layar. Pantai ini adalah pantai paling fenomenal di Sawarna. Di pantai ini ada dua buah tebing besar menyerupai layar yang menjadi ikon wisata Sawarna. Kalau berlibur ke Sawarna, wajib hukumnya untuk mampir ke pantai ini. Pemandangan di Tanjung Layar sangat bagus, apalagi kalau laut lagi pasang.

Kalau masih ada waktu bersantai di sore hari, kamu bisa kembali ke Pantai Pasir Putih. Di pantai itu, kamu bisa berjalan-jalan santai sampai ke Pulau Manuk, sebuah pulau yang berada di sebelah selatan Sawarna.

Bagaimana soal makan? Tenang ada banyak makanan yang bisa kamu pilih, dari yang murah sampai yang mahal. Kamu bisa sesuaikan dengan budget-mu.

seafood

Seafood di Sawarna dijamin mak nyoos via %20indonesiana.merahputih.com

Setelah puas berjalan-jalan, saatnya kita makan. Mungkin banyak yang bertanya soal bagaimana makanan di sana. Nggak perlu khawatir, Sawarna adalah desa wisata yang cukup terintegrasi. Selain menyediakan berbagai macam penginapan, kamu juga menemukan banyak tempat makan. Kamu bisa pilih tempat makan yang sesuai dengan budget dan kebutuhanmu sendiri.

Harga makanan di warung nasi semacam warteg di Sawarna berkisar antara Rp 10.000 sampai Rp 15.000 tergantung lauk yang kamu pilih. Kamu juga bisa menikmati sea food di pinggir pantai yang masih segar. Harganya mulai dari Rp 50.000. Biar irit, kamu bisa pilih sea food yang berukuran besar. Jadi bisa dibagi-bagi dengan teman-teman perjalanan.

Perkiraan biaya berlibur di Sawarna.

Hari 1

Bus Bogor-Pelabuhan Ratu Rp 40.000

Bus Pelabuhan Ratu-Sawarna Rp 30.000

Makan Sore Rp 10.000

Makan Malam Rp 10.000

Penginapan Rp 35.000 (estimasi penginapan Rp 150.000 untuk empat orang)

Total Rp 125.000

Hari 2

Biaya guide Rp 60.000

Sarapan Rp 10.000

Makan Siang Rp 10.000

Makan Malam Rp 10.000

Total Rp 90.000

Hari 3

Sarapan Rp 10.000

Bus Sawarna-Pelabuhan Ratu Rp 30.000

Bus Pelabuhan Ratu-Bogor Rp 40.000

Makan Siang Rp 15.000

Total Rp 95.000

Total Biaya Keseluruhan = Rp 310.000

  • Budget ini disesuaikan untuk pengeluaran paling kecil. Biaya belum termasuk detail-detail kebutuhan pribadi seperti cemilan, minuman, dan lain sebagainya.
  • Biaya perjalanan di atas dihitung dengan rute Bogor-Pelabuhan Ratu Sawarna. Buat yang datang dari Jakarta bisa naik kereta KRL ke Bogor. Biaya di atas dihitung perorang.

Itulah panduan lengkap berwisata ke Sawarna dari Hipwee buat kamu semua. Murah kan? Kalau di antara kamu ada yang punya pengalaman mendapatkan biaya yang lebih murah, jangan lupa di share di kolom komentar ya. Siapa tau bermanfaat buat pembaca yang lainnya. Selamat liburan!

Advertisement