Influencer Instagram ‘Merusak’ Wisata Alam di Bali. Banyak Foto Pura Lempuyang Bali yang Palsu!

Pura Lempuyang Bali

Apa yang kamu lakukan sebelum melakukan traveling? Selain packing dan bikin itinerary, kamu pasti mulai searching foto-foto yang terkait destinasi yang akan kamu kunjungi. Biasanya kalau nyari panduan di Google, kalau nyari referensi foto di Instagram dong ya. Tren traveler memang gini sih, berangkat liburan karena mupeng liat orang lain lagi liburan di satu destinasi. Kamu gitu juga nggak sih?

Advertisement

Pernah nggak kamu melihat satu foto bagus banget, eh ternyata pas di lokasi beda jauh sama di foto. Entah kenapa langitnya bisa bagus banget, ada efek burung terbang, bahkan suasananya sepi banget. Eh pas di sana langitnya mendung terus, boro boro ada burung, dan tempatnya ramenya minta ampun. Pernah nggak ngalamin yang begini? Nah, ada lagi nih 1 destinasi di Bali yang bakal menipu mata kamu di Instagram. Destinasi apakah itu? Yuk simak aja ulasan Hipwee Travel.

Pura Lempuyang Luhur Bali, salah satu destinasi hits yang banyak dikunjungi di Bali

pura lempuyang bali via www.instagram.com

The Gate of Heaven, begitu orang memuji keindahan Pura Lempuyang Luhur di Karangasem, Bali. Sebuah gerbang dengan latar belakang gunung Agung sangatlah cantik dipandang mata maupun lensa kamera. Banyak sekali turis yang datang ke sana setiap harinya.

Jika kamu mencari #puralempuyang di kolom pencarian Instagram, bisa dipastikan 80 % fotonya cakep banget dan fake. Fake karena sebenarnya tidak ada air atau kolam di depan gerbang tersebut

sunrise di lempuyang via www.instagram.com

Setiap kamu nemu foto Pura Lempuyang Luhur Bali, pasti idenya hampir selalu sama. Ada satu atau dua orang berdiri di antara dua gerbang, dengan latar belakang Gunung Agung yang gagah, plus pantulan diri di kolam air di depannya. Sejujurnya, buat kamu yang belum pernah ke sana, nggak ada sama sekali kolam atau danau di tempat itu. Itu adalah foto editan yang dibikin oleh banyak influencer Instagram. Tentu hasilnya nggak otentik dan terlalu palsu.

Advertisement
Begini nih idenya. Sebelum memotret, siapkan dulu cermin atau layar iPhone untuk menimbukan efek kolam/danau/air. Jadi seolah-olah ada kolam besar tepat di depan gerbang tersebut

Polina Marinova bikin tweet tentang keterkejutannya melihat trik menciptakan kolam air dengan layar iPhone saja. Padahal tidak ada kolam air di pura lempuyang. Kalaupun ada cuma genangan kecil. Ia berujar bahwa influencer Instagram turut menghancurkan tempat wisata dengan foto fake tersebut. Ekspektasinya hancur melihat kenyataannya pura tersebut tidak memiliki kolam air seperti yang dibuat oleh influencer di Instagram.

Lalu gimana sih aslinya? Oke nih Hipwee kasih foto tampak dari atas. Nggak ada kolam sama sekali, kalau ada pun genangan kena air hujan yang nggak seberapa

pura lempuyang real via twitter.com

Konsep foto dengan refleksi air ini cukup menyesatkan bagi orang yang baru akan berkunjung ke sana bermodal referensi tersebut. Mereka pasti akan kaget ketika melihat tidak ada kolam atau danau sama sekali. Cukup pake trik layar HP pun bisa menciptakan efek air. Padahal bisa kamu saksikan sendiri, cuma ada tanah dan rerumputan di sana. Satu hal lagi, ternyata gerbang ini nggak infinity langsung berbatasan dengan awan namun masih ada areal pura di baliknya.

Menurut kamu, apakah kamu setuju dengan editan foto para influencer yang seolah merusak wisata alam di Bali? Kasih komentar di kolom komen ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE