Sego Godhog, Kuliner Unik di Jogja-Magelang yang Bisa Bikin Kamu Rela Antre Berjam-Jam

Kuliner sego godhog

Kalau berkunjung ke Jogja, kamu mungkin akan terpikir untuk mampir makan gudeg atau sate klathak saja. Padahal, di Jogja dan Magelang, ada satu kuliner unik yang perlu kamu coba, yaitu sego godhog. Dalam bahasa Jawa, ‘sego’ artinya nasi dan ‘godhog’ artinya rebus. Ya, sego godhog ini adalah nasi yang direbus. Mungkin terdengar unik karena nasi, selain dimasak biasa, lumrahnya hanya diolah dengan cara digoreng saja. Namun kalau pergi ke wilayah Jogja dan Magelang, kamu akan menjumpai banyak warung yang menjual kuliner ini. Kamu wajib sesekali mencobanya di malam hari saat cuaca sedang dingin, dijamin bikin anget!

Sego godhog Pak Pethel, warung legendaris di pinggir kota Jogja untuk kamu yang sabar mengantre

Advertisement

Warung legendaris di Jogja yang menyajikan sego godhog adalah warung Pak Pethel.  Warung ini buka di Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Jogja, setiap hari pukul 19.00 WIB sampai habis. Jika berkunjung ke sini, kamu harus siap dan sabar menunggu sampai menu pesananmu tersaji. Pasalnya, warung ini tak pernah sepi pembeli. Kamu bisa menunggu pesanan sampai berjam-jam lamanya jika tak pesan lebih dulu. Meski begitu, suasana warung ini sangat sederhana dengan kursi bambu dan lesehan di bagian dalamnya.

Ada yang istimewa di balik proses memasak sego godhog Pak Pethel ini, yaitu dimasak dengan kompor anglo dan makanan dimasak per porsi saja. Dari situlah mengapa kualitas kelezatan makanan di sini tetap terjaga. Selain sego godhog, warung Pak Pethel juga menyediakan menu lainnya, seperti nasi goreng, magelangan, bakmi godhog, dan bakmi goreng.

Advertisement

Selain cara memasaknya yang unik, sajian minuman di warung ini juga spesial karena hanya menyajikan minuman panas. Gula yang dipakai untuk minuman ini juga bukan gula pasir, tetapi gula batu. Harga menu di Warung Pak Pethel ini pun sangat terjangkau, yakni sekitar 15.000 rupiah saja. Tak heran jika pengunjung di sini rela datang dari berbagai daerah dan menunggu berlama-lama untuk mencicipi sepiring nasi godhog Pak Pethel.

Sego Godhog Pak Naryo, hidangan ‘klangenan’ saat pulang kampung ke Magelang

Kalau di Jogja terkenal dengan warung sego godhog Pak Pethel, di Magelang ada satu warung legendaris juga yang bernama Sego Godhog Pak Naryo. Warung ini letaknya di Jalan Ksatrian Lor Rindam 4 Kota Magelang. Dilansir dari Okezone, warung ini bisa menyajikan tidak kurang dari 100 porsi sego godhog di saat musim liburan. Banyak para perantau yang pulang dan sengaja mampir ke warung ini untuk menikmati hidangan ‘klangenan’ atau hidangan yang dikangeni saat pulang ke kampung halaman, yaitu sego godhog. Warung ini juga tampak sederhana dan ramai pembeli setelah dibuka di sore hari.

Kalau kamu tak sempat ke Jogja atau Magelang, sego godhog bisa dibuat sendiri lo!

Advertisement

Sego godhog pada dasarnya terbuat dari bahan yang hampir sama dengan mie godhog atau mie rebus. Bahan yang membedakan antara keduanya tentu saja nasi dan juga saus kecapnya. Namun sebenarnya, kamu bisa mengkreasikan sego godhog sesuai dengan selera.

Bahan yang dibutuhkan adalah nasi putih, mie basah, telur, ayam goreng suwir, kaldu ayam, kol, daun bawang, tomat, dan seledri. Bumbu untuk memasak bahan tersebut adalah bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, dan minyak secukupnya. Kemudian jika sudah siap, kamu perlu menghaluskan semua bumbu kemudian menumisnya. Setelah harum, masukkan kaldu ayam dan masak hingga mendidih. Terakhir, masukkan telur kocok dan semua bahan dan aduk hingga merata. Setelah itu, nasi godhog buatanmu siap disajikan deh, gampang kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE