Mendengar Sumedang, hal pertama yang terlintas di kepalamu mungkin adalah tahu Sumedang, salah satu camilan legendaris yang kini mudah ditemui di mana-mana. Inilah yang bikin daerah ini dijuluki Kota Tahu. Tapi ternyata, Sumedang ini gak melulu tahu, lho. Dalam sejarah, Sumedang menjadi salah satu pusat budaya Pasundan. Lagian, ada beragam destinasi menawan yang tentu saja layak untuk dikunjungi para pejalan.

Nah, penasaran dengan keelokan yang dimiliki Kabupaten Sumedang? Yuk, kita jalan-jalan ke sudut-sudut Kota Tahu ini!

1. Sapa eloknya aliran air terjun kembar di Curug Cinulang. Kesegaran dan keasrian suasananya sukses bikin kamu tak ingin pulang

Curug Cinulang. Foto IG oleh @itoismanto

Curug Cinulang. Foto IG oleh @itoismanto via instagram.com

Advertisement

Sebagian besar wilayah Sumedang berupa pegunungan, jadi, gak heran kalau kabupaten ini mempunyai sejumlah air terjun yang asyik buat dikunjungi. Salah satunya adalah Curug Cinulang atau yang dikenal juga dengan nama Sindulang. Curug ini terletak di perbatasan antara Sumedang dan kabupaten Bandung, tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung.

Curug Cinulang lumayan jauh kalau ditempuh dari pusat Kota Sumedang. Alih-alih, kamu bisa menikmati akses yang cukup mudah kalau berangkat dari Bandung lewat bypass Cicalengka. Cukup menempuh perjalanan sejauh 38 Km, kamu udah bisa menikmati keelokan curug kembar yang tingginya sekitar 30 meter ini.

2. Ada pula Curug Cigorobog, curug bertingkat tiga yang sanggup membuat kamu jatuh cinta

Curug Cigorobog. Foto IG oleh @denipermana89

Curug Cigorobog. Foto IG oleh @denipermana89 via instagram.com

Selain Curug Cinulang, Curug Cigorobog yang terletak di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan ini juga gak kalah menawan. Curug kece bertingkat tiga setinggi kurang lebih 40 meter ini tersembunyi di antara rimbunnya hutan. Setidaknya, kamu perlu menempuh perjalanan selama satu jam dari pusat kota Sumedang untuk mencapai tempat ini.

3. Ngaku hobi mendaki? Susuri jalur pendakian di Gunung Tampomas dan rasakan kepuasan usai sampai di puncak Sangiang Taraje

Puncak Gunung Tampomas. Foto IG oleh @aderian576

Puncak Gunung Tampomas. Foto IG oleh @aderian576 via instagram.com

Advertisement

Kamu yang ngaku sebagai pendaki, tentu gak boleh alpa buat menjejakkan kaki ke titik tertinggi di tanah Sumedang, yaitu Gunung Tampomas. Puncak tertingginya bernama Sangiang Taraje, terletak di ketinggian 1.684 mdpl. Dari sejumlah jalur yang bisa ditempuh, ada tiga jalur yang biasa dilalui pendaki, yaitu jalur Narimbang, Cibeureum dan Buahdua.

Kalau kamu berangkat via Narimbang, kamu bisa menemukan Curug Ciputrawangi yang cukup tersohor di kalangan pejalan. Di sepanjang jalurnya, hutan pinus akan senantiasa menemani. Di puncaknya, saksikan keelokan pemandangan kota Sumedang dari ketinggian.

4. Jemputlah pagi di hamparan hijau perkebunan teh Margawindu

Pemanadangan perkampungan di Kebun teh Margawindu. Foto IG: @agusssuryadi

Pemandangan perkampungan di Kebun teh Margawindu. Foto IG: @agusssuryadi via instagram.com

Melewati rute yang sama ke Curug Cigorobog, kamu juga bisa menikmati panorama hamparan bukit dan lembah nan menghijau di Perkebunan Teh Margawindu. Pemandangan yang elok plus udaranya yang sejuk bikin mata dan hati jadi ikutan adem. Tempat ini cocok banget buat menenangkan pikiran atau sekadar lari dari rutinitas sehari-hari.

Sayangnya, pesona Sumedang yang satu ini kini kurang terawat semenjak pihak pengelola perkebunan teh ini tidak memperpanjang kontraknya. Akses jalannya yang kurang baik juga cukup menguras tenaga. Tapi, kalau kamu suka bertualang, gak ada ruginya melipir ke tempat ini.

5. Gunung Kunci, saksi bisu sejarah yang mengandung misteri. Punya daya tarik tersendiri untuk dijelajahi

Gunung Kunci, tempat favorit buat photoshoot. Foto IG: @pojand

Gunung Kunci, tempat favorit buat photoshoot. Foto IG: @pojand via instagram.com

Ingin berwisata alam sekaligus wisata sejarah di Sumedang? Benteng Gunung Kunci wajib kamu sambangi. Benteng peninggalan Belanda ini tak jauh dari pusat kota Sumedang dan masih kokoh sampai sekarang. Di sekelilingnya, kamu bisa menikmati rimbunnya pepohonan pinus yang menaunginya.

Benteng Gunung Kunci ini terkesan angker karena konon sejumlah ruangannya digunakan sebagai ruang penyiksaan pada zaman penjajahan. Di dalamnya, kamu bisa menyusuri lorong-lorong panjang serta bunker. Tapi, kesan angker itu bakal segera terlupakan, soalnya tempat ini juga menjadi salah satu lokasi menarik untuk berfoto ria.

6. Sumedang juga punya kawasan wisata terpadu yang aksesnya mudah dan fasilitasnya lengkap. Datang aja ke Kampung Toga yang berada tak jauh dari pusat kota

PAragliding di Kampung Toga. Foto IG: @darumaka_boa

Paragliding di Kampung Toga. Foto IG: @darumaka_boa via instagram.com

Kalau kamu mendambakan tempat wisata terpadu yang memiliki fasilitas lengkap di Sumedang, Kampung Toga jawabannya. Kawasan wisata ini cuma berjarak 2 Km dari pusat kota. Dengan sejumlah wahana dan fasilitas yang ditawarkannya, kawasan ini jadi salah satu tempat favorit untuk liburan keluarga. Selain penginapan berupa vila dan cottage, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai keseruan, mulai dari berenang, outbond, sampai paralayang dari atas bukit.

7. Pengen belajar tentang alam dan kehidupan? Temukan petualangan di Desa Wisata Alam Pangjugjugan

Panorama Pangjugjugan. Foto IG: @ihyaulum

Panorama Pangjugjugan. Foto IG: @ihyaulum via instagram.com

Kawasan wisata Pangjugjugan ini terletak di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan. Tak cuma menawarkan petualangan di alam yang asri, kawasan ini juga bisa memberi kamu banyak pengetahuan, misalnya tentang bagaimana hasil produksi pertanian dan peternakan diolah menjadi industri rumah tangga. Jangan lewatkan juga untuk menikmati ubi Cilembu dan susu sapi yang jadi komoditas utama desa ini.

8. Kenyang berwisata alam, saatnya menjamah sejarah Sumedang lewat Museum Prabu Geusan Ulun

Salah satu sudut Museum Prabu Geusan Ulun. Foto IG: @viedaf

Salah satu sudut Museum Prabu Geusan Ulun. Foto IG: @viedaf via instagram.com

Seperti yang diceritakan di awal, Sumedang juga sarat dengan nilai sejarah. Nah, peninggalan sejarah dari Kerajaan Sumedang Larang yang menjadi leluhur rakyat Sumedang ini bisa kamu nikmati lewat koleksi yang dipajang di Museum Prabu Geusan Ulun. Apalagi, lokasinya sangat dekat dengan alun-alun kota Sumedang, sayang kalau kamu gak menyempatkan diri untuk mampir.

Itulah dia sejumlah tempat wisata yang gak boleh alpa kamu singgahi saat datang ke Sumedang. Tentunya, masih banyak lagi tempat-tempat menarik yang bisa dijelajahi. Kalau kamu mau menambahi, jangan ragu buat coret-coret di kolom komentar, ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya