Polisi Menangkap Turis yang Jalan-jalan Pakai Bikini di Depan Masjid dan Sekolah di Maldives

Turis Bikini di Maldives

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Sebagai traveler, tentu norma seperti ini adalah hal yang lumrah dipahami. Penting sekali untuk memahami adat dan hukum di negara lain. Hal inilah yang sepertinya kurang dipahami oleh turis yang satu ini.

Advertisement

Seorang wanita bernama Cecilia Jastrzembska yang berprofesi sebagai bintang televisi TV Inggris sedang liburan ke Maldives. Entah karena tidak tahu atau memang disengaja, dia jalan-jalan lewat masjid sambil berbikini. Alhasil, wanita ini ditangkap polisi. Begini kronologis kejadiannya.

Turis asal Inggris ini nekat memakai bikini sambil jalan-jalan di masjid di pulau Maafushi

Turis berbikini via travelandleisureindia.in

Cecilia Jastrzembska adalah seorang bintang TV di Inggris. Wanita ini terkenal kala jadi bintang dalam acara Ninja Warior UK. Saat berlibur di Maldives, Cecilia diketahui berjalan-jalan menggunakan bikini dan melewati sebuah masjid dan sekolah di Maafushi, sebuah pulau khusus backpacker di Maldives. Ia pun lalu ditangkap oleh polisi setempat karena kejadian ini.

Polisi menangkapnya karena berdasarkan hukum Islam di Maldives, dilarang berpakaian bikini di tempat umum

Video yang tengah viral menunjukkan Cecilia meronta-ronta saat ia ditangkap polisi. Ia ditangkap karena kedapatan mengenakan bikini sambil jalan-jalan di tempat umum, apalagi di depan masjid dan sekolah. Berdasar hukum Islam, mengenakan bikini di Maldives adalah tindakan ilegal kecuali di pantai-pantai yang ditunjuk. Di Maafushi sendiri ada pantai khusus bikini.

Advertisement

Kamu juga bisa mengenakan bikini di pulau-pulau resort ataupun kapal pesiar. Nggak cuma bikini aja sih yang dilarang, tapi juga alkohol, narkotika, daging babi juga dilarang keberadaannya di Maldives. Kecuali ya di resort dan kapal tersebut. Padahal Maafushi adalah pulau yang cukup besar dan dihuni oleh banyak masyarakat beragama Islam.

Meski begitu pihak kepolisian akhirnya meminta maaf karena telah memperlakukan Cecilia dengan kurang baik

Turis berbikini via m.detik.com

“Turis di pulau-pulau lokal diminta untuk menghormati kepekaan budaya masyarakat dan peraturan lokal dengan membatasi pemakaian pakaian renang ke daerah-daerah tertentu di pulau tempat masyarakat setempat tinggal,” kata polisi di Maldives.

Komisaris polisi Maladewa, Mohamed Hameed kemudian menyampaikan permintaan maaf atas insiden tersebut. Ia minta maaf jika penangkapan Cecilia ditangani dengan cara yang buruk. Cecilia kemudian dilepaskan setelah ditahan selama 1,5 jam. Cecilia merasa ia dilecehkan secara seksual saat hendak ditangkap oleh polisi tersebut.

Pelajaran buat traveler semua, jika traveling ke suatu tempat, pelajari dulu hukum dan peraturan di daerah tersebut. Jangan melakukan hal yang terlarang di sana meski bagi kamu itu biasa saja. Semua masyarakat punya nilai masing-masing.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE