Pulau di Indonesia ada banyak sekali jumlahnya, lebih dari 17 ribu pulau. Dari jumlah pulau sebanyak itu, masih banyak yang tidak berpenghuni bahkan belum mempunyai nama. Dengan jumlah pulau sebanyak itu wajar apabila Indonesia jadi salah satu negara kepulauan paling besar di dunia. Jika kamu menginjakkan kaki di semua pulau dan menginap semalam di masing-masing pulau, setidaknya kamu butuh waktu 45 tahun untuk menyelesaikannya. Wow, besar banget ya negeri ini?

Nah, baru-baru ini ada website jual beli pulau dan terdapat pulau milik Indonesia di sana. Wah beneran nih pulau Indonesia dijual? Website yang berdomain www.privateislandonline.com ini mencantumkan 2 pulau Indonesia yang dijual ke publik. Selain itu ada banyak pulau yang juga disewakan melalui situs tersebut. Penasaran? Yuk simak ulasan Hipwee Travel aja deh.

Sebuah situs jual beli pulau memasang 2 pulau Indonesia sebagai pulau yang dijual. Pulau tersebut adalah Pulau Ajab dan Tojo Una-una.

Advertisement

Ada dua pulau yang dijual di situs www.privateislandonline.com. Pulau yang pertama adalah Pulau Ajab terletak di Bintan, Kepulauan Riau. Pulau kedua adalah Pulau Tojo Una-una di Sulawesi Tengah. Pulau Ajab yang mempunyai luas 29,9 meter persegi ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yakni seharga $ 3.300.000 atau sekitar Rp 44 miliar. Wow, mahal juga ya untuk ukuran pulau yang belum dibangun apapun di sana. Di website tersebut juga menjelaskan bahwa Pulau Ajab bisa dicapai kurang lebih 20 menit dari Pulau Bintan. Memang sih, di kawasan kepulauan Riau kini sedang sangat berkembang karena lokasinya yang sangat dekat dengan Singapura.

Pulau kedua adalah Tojo Una Una yang berada di Sulawesi Tengah. Meski pulau ini sangat luas, situs ini belum memberikan harga untuk pulau ini

pulau una-una via www.google.co.id

Pulau Una-una disebutkan berada di Kabupaten Tojo Una-una, tepatnya Provinsi Sulawesi Tengah, dengan luas pulau 1250 hektar. Tidak tercantum berapa harga pulau, hanya dibuka penawaran untuk pulau tersebut. Dengan ukuran sebesar ini, banyak yang bisa dibangun di pulau Una-una. Terlihat dari atas, belum ada bangunan yang sudah dibangun di pulau Una-una.

Tak cuma dijual, ada beberapa pulau di Indonesia yang disewakan di situs tersebut. Sebut saja Pulau Macan dan Pulau Isle des Indes (Kaliage) di Kepulauan Seribu

pulau indonesia disewakan via www.privateislandsonline.com

Selain Pulau Ajab dan Una-una yang dijual di situs tersebut, ada beberapa pulau yang ternyata disewakan juga. Sebut saja Pulau Isle des Indes atau biasa disebut Kaliage dan juga Pulau Macan, keduanya terletak di Kepulauan Seribu. Selain itu ada juga pulau Joyo, Pangkil dan Nikoi yang berada di Kepulauan Riau. Tidak tercantum biaya sewa di sana, namun yang jelas pulau-pulau tersebut telah dibangun hotel atau resort dengan pelayanan full service. Detail ketentuan sewa tidak tercantum di website tersebut.

Boleh nggak sih pulau di Indonesia itu disewakan bahkan dijual? Jawabannya begini…

ilustrasi pulau di indonesia via creative-ads.org

Advertisement

Jawabannya adalah tidak boleh dijual namun boleh jika cuma sewa atau hak pakai. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan kalau pulau di Indonesia tidak bisa diperjualbelikan untuk dimiliki. Pulau tersebut cuma bisa dikelola dengan hak pakai maupun hak sewa. Dilansir dari Detik.com, peraturan yang jadi acuan adalah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014, Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 27 Tahun 2007 Tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir Dan Pulau-pulau Kecil. Jika memang hukum di Indonesia mengatakan demikian, otomatis apa yang dilakukan situs online tersebut ilegal karena telah menjual Pulau Ajab dan Una-una. Pemerintah sebaiknya melakukan investigasi siapa yang berani-beraninya menjual pulau Indonesia. Hal ini menunjukkan kedaulatan Indonesia akan wilayahnya seakan diinjak-injak oleh pihak luar.

Semoga pulau-pulau di Indonesia jangan sampai dijual ya. Justru seharusnya dimanfaatkan oleh anak bangsa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya