Sukoharjo adalah kabupaten di Jawa Tengah yang cukup kecil namun sangat nyaman, asri dan menjadi dambaan. Kayak slogannya yaitu, “Sukoharjo Makmur”. Selain nyaman, kabupaten ini juga terkenal dengan hasil pertanian, kerajinan serta produksi jamunya. Tapi nggak hanya itu aja, ternyata Sukoharjo memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan.

Untuk kamu yang lagi di Sukoharjo atau malah sedang merencanakan perjalanan ke sana, jangan pesimis dulu nggak ada tempat wisata di sana. Ternyata ada banyak lho tempat wisata di Sukoharjo. Karena keindahan alam dan berbagai destinasi wisata yang dimiliki Sukoharjo di jamin nggak akan mengecewakan kamu. Berikut 7 wisata yang udah Hipwee Travel rangkum.

1. Curug Krajan akan bikin kamu relaks dengan gemericik airnya yang jernih

curug krajan via wisatalengkap.com

Advertisement

Jika kamu berniat untuk mencari ketenangan di sela kesibukan kerja, mungkin Curug Krajan bisa jadi pilihan. Di sini kamu akan disambut alam yang indah khas daerah pedesaan yang masih asri. Gemericik air terjun dengan rimbunnya pepohonan hijau niscaya akan beri kamu kenyamanan luar biasa.

2. Gunung Sepikul bisa jadi pilihan jika kamu suka trekking mendaki gunung

gunung sepikul via www.superadventure.co.id

Ingin membakar lemak dan mendapat sajian lanskap alam yang indah? Kamu mungkin butuh datang ke Gunung Sepikul. Dari atas sini kamu bisa melihat keindahan Sukoharjo lebih luas tanpa beban dan halangan. Walau disebut gunung, sebenarnya Gunung Sepikul ini adalah bukit. Pendakian menuju puncak bisa kamu lakukan dalam waktu kurang dari 1 jam, dan kalau kamu hobi berkemah, tempat ini menjadi spot terbaik untuk kamu.

3. Dam Colo bagus banget sih. Cocok untuk kamu yang doyan cari spot instagramable

Dam colo via travelingyuk.com

Kalau kamu sedang kepingin cari spot foto-foto unik untuk feed Instagram-mu, mungkin kamu harus melirik Dom Colo ini. Tempat ini sebenarnya adalah dam atau bendungan yang difungsikan sebagai pengatur dan pengendali debit air. Hanya, karena bentuk jajaran batu yang unik, banyak wisatawan yang nongkrong dan foto-foto di sini.

4. Waduk Mulur tepat untuk menikmati senja dan matahari tenggelam

waduk mulur via asedino.com

Advertisement

Lokasi waduk ini sangat strategis untuk kamu menikmati panorama matahari tenggelam. Selain itu, seperti waduk pada umumnya yang bisa dijadikan tempat memancing. Sembari menunggu senja dan matahari Sukoharjo tenggelam, nggak ada salahnya kamu sekalian mancing dan foto-foto di sini.

5. Telaga Claket juga cocok untuk kamu yang hobi cari spot instagramable

telaga claket via jelajahkhatulistiwa.com

Meskipun nggak terlalu luas, telaga yang terletak di perbatasan antara kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo ini cocok untuk kamu jadikan spot foto-foto, atau sekadar melepas lelah. Walau ukuran telaga ini terbilang kecil, panorama yang ditawarkan Telaga Claket indah dan asri.

6. Transformer Park bisa menjadi alternatif kalau kamu pengen wisata yang nggak alam

transformer park via www.dakatour.com

Kalau kamu sudah menjajal beberapa destinasi wisata alam di Sukoharjo, nggak ada salahnya kamu juga cobain mampir ke Transformer Park ini. Taman ini terinspirasi dari film robot transformer. Selain kamu bisa dapat spot unik untuk Instagram-mu, berkunjung ke sini kamu akan merasakan kehadiran energi dan perjuangan dalam pembangunan infrastruktur sumber daya air si Sungai Bengawan Solo. Karena, tumpukan dump-truck yang kini sangat estetik ini adalah bekas dari kendaraan waktu bangun infrastruktur sumber daya air di Sungai Bengawan Solo.

7. Pabrik Gembongan yang jadi keren dan berganti nama menjadi The Heritage Palace wajib kamu jajal

the heritage pallace via www.datawisata.com

Siapa bilang cuma Jogja yang punya pabrik gula tradisional? Sukoharjo juga punya Pabrik Gula Gembongan. Berbeda dengan pabrik gula tradisional di Jogja yang masih beroperasi, Pabrik Gembongan sudah nggak beroperasi. Hanya, jika berkunjung ke sini kamu akan bisa menikmati suguhan arsitektur bagunannya yang megah, khas gedung-gedung di benua Eropa sana. Selain itu, tempat ini juga sudah diresmikan sebagai tempat wisata bernama Heritage Palace yang dilengkapi dengan berbagai macam spot menarik. Mulai dari museum 3D hingga museum Angkot.

Sekarang, kamu nggak bisa anggap remeh lagi potensi wisata Sukoharjo. Karena alam Indonesia itu sudah menjanjikan keindahan di setiap sudut dan pelosoknya, dan masyarakat kita juga diberkahi ide-ide kreatif untuk menyulap berbagai tempat wisata menjadi begitu menarik. Berminat berkunjung ke Sukoharjo?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya