5 Pertimbangan Penting Saat Food Tasting untuk Tentukan Katering. Salah Pilih Vendor, Malunya Itu Lo

food tasting mencicipi menu katering pernikahan

“Ih, masa katering di nikahan Mia rasanya nggak enak~”

“Duh, kenapa menunya juga cuma gitu-gitu aja sih.”

“Tamu masih banyak, makanan sudah habis~”

Advertisement

Duh, pasti nggak mau kan pesta pernikahanmu jadi bahan gunjingan para tamu begini hanya karena makanan nggak enak, menunya itu-itu saja, atau bahkan sampai kehabisan sebelum jamnya. Ya, tak bisa dimungkiri kalau katering masih menjadi salah satu elemen terpenting dalam pernikahan yang harus kita persiapkan matang-matang. Bisa dibilang katering menjadi cara kita untuk menghargai tamu yang sudah meluangkan waktunya untuk datang ke acara pernikahan kita.

Untuk mendapatkan katering atau makanan yang sesuai dengan lidah para tamu, nggak ada salahnya lo kita melakukan food tasting atau mencicipi menu katering dahulu.  Nah, kali ini Hipwee Wedding akan berbagi mengenai hal-hal yang wajib diperhatikan ketika food tasting. Yuk, kita simak!

1. Penilaian pertama dan utama sudah pasti rasa dan kualitas dari makanan yang kita pilih untuk katering nikah nanti dong

Rasanya harus mak nyuss ~ via kuyahejo.com

Kalau bisa, ajak keluarga atau teman dekatmu ketika melakukan tes makanan katering.  Kalau kamu hanya datang ke food test sendirian atau berdua dengan pasangan, takutnya kalau menurut kalian enak tapi ternyata malah nggak enak buat lidah orang lain. Kan malah jadi repot nantinya.

2. Nah, presentasi penyajian juga menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan ketika kamu melakukan food tasting

Presentasi juga penting lo via eokediri.blogspot.com

Sebelum melakukan tes rasa makanan kamu perlu memperhitungkan dulu berapa tamu yang akan datang. Pastikan  juga porsi yang dihidangkan pas. Nah, karena pesta pernikahan kebanyakan berdiri kamu juga harus mempertimbangkan menu yang bisa dimakan sambil berdiri. Atau kamu bisa sesekali mencoba makan dalam keadaan berdiri supaya kamu yakin nantinya para tamu undangan gampang memakannya saat hari pernikahanmu.

3. Saat melakukan food tasting, kamu tidak boleh langsung puas hanya dengan sekali tes, tapi jika memungkinkan lakukan beberapa kali tes makanan di vendor katering

Berkali-kali nyoba juga boleh banget via www.sisinternational.com

Namanya juga sedang food tasting, wajar jika kamu menemui beberapa kekurangan di vendor kateringmu. Ya, kalau menurut kamu ada makanan yang kualitasnya kurang dan kamu ingin mencoba makanan lainnya sebagai pengganti, jangan ragu untuk meminta tester tambahan.

4. Jangan lupa juga  mencatat dan memotret hasil food tasting-mu agar tidak lupa ketika nanti kembali mendiskusikannya

Jangan lupa difoto via www.kidspot.com.au

Hal ini wajib hukumnya apalagi jika kamu bertemu lebih dari satu katering.  Jangan mengandalkan ingatan atau insting kamu saja. Meski hanya sekedar catatan singkat dan foto makanan ala kadarnya hal ini bisa jadi pengingatmu nanti-nanti ketika mendiskusikannya lagi dengan keluarga lo.

Advertisement

5. Cocokkan harga kateringmu dengan bujet yang ada. Kalau perlu kamu  hitung ulang lagi biaya kateringnya 

Dihitung-hitung lagi dong via www.sheknows.com

Sebenarnya nggak masalah kalau kamu mengubah beberapa menu dari kateringmu tapi hal itu perlu kamu pertimbangkan lagi lo jika ternyata itu menambah anggaran kateringmu nanti. Nggak mau kan, tiba-tiba biaya pernikahan membengkak terus jadi nggak jadi nyicil rumah setelah menikah?

Yang pasti, lakukan food tasting dalam kondisi prima. Bukan saat flu atau sakit, yang dapat berdampak pada indra perasamu. Semoga dengan 5 pertimbangan di atas, kamu nggak lagi merasa bimbang atau sampai salah pilih katering buat momen istimewamu ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

CLOSE