Tutorial Berjalan Anggun Elegan dalam High Heels dan Gaun Nikah. Bebas Was-was Tersandung!

how to walk in heels

Banyak cara yang bisa kamu lakukan demi tampil anggun di hari pernikahan, salah satunya adalah dengan melangkah mantap dan baik dalam busana cantik dan sepatu hak tinggimu. Yap, meski kini kian banyak pilihan busana simpel dan variasi sepatu sneakersatau flatshoes yang nyaman, tak bisa dimungkiri kalau gaun dan high heels masih banyak banget peminatnya.

Advertisement

Yang bikin was-was, banyak pengantin yang nggak benar-benar siap untuk melangkah dengan gaun megah dan sepatu hak tinggi di hari pernikahan. Padahal, sang pengantin bakal jadi pusat perhatian banget, salah langkah dikit bisa saja selip dan tersandung.  Duh, jangan sampai deh! Atau mungkin saking takut dan hati-hati berjalan, wajahmu jadi terlalu tegang dan nggak terlihat happy di kamera. Untuk mengatasinya, coba deh terapkan 7 hal berikut ini. Latihan dan praktikkan, dijamin langkahmu bakal mantap dan nyaman di hari-h!

1. Berjalanlah dengan langkah heel-to-toe alias bukan toe-to-heel. Ini lo maksudnya…

Credit: siamscope via siamscope.com

Heel-to-toe maksudnya adalah langkahkan kakimu dari tumit ke ujung kaki, bukan sebaliknya. Ketika mengenakan sepatu hak tinggi, letakkan tumitmu terlebih dulu, lalu diikuti oleh telapak ujung kaki. Ini akan membuat langkahmu terlihat lebih nyaman dan natural jika dibandingkan kamu menapakkan keseluruhan kakimu sekaligus ke lantai.

Jika gaunmu menggembung besar atau menutupi sepatu, cara termudah agar tak mudah tersandung baju adalah berjalan dengan gerakan sedikit menendang bagian depan rokmu. Sedikit saja ya, kamu bukan sedang main sepak bola 🙂

Advertisement

2. Cobalah mengambil dengan langkah-langkah kecil. Nggak terlalu kecil sampai kamu terlihat seperti sedang kebelet pipis juga lo ya~

Credit: The Knot via www.pinterest.ca

Melangkah dengan sepatu hak tinggi akan membuat jangkauan langkah kakimu lebih pendek dari biasanya jadi jumlah langkah kakimu tentu akan bertambah dari biasanya–meski kamu berjalan di jarak yang sama. Meski tak disarankan juga mengambil langkah kaki terlalu kecil seperti menahan sesuatu di selangkanganmu, ingat untuk tak mengambil langkah panjangmu seperti biasa.

3. Berjalanlah dengan ritme yang sedikit lebih lambat dan perlahan. Berjalan terburu-buru akan membuatmu terlihat awkward, terlebih dalam gaun pernikahan yang megah

Credit: whowhatwear via www.whowhatwear.com

Nikmati setiap langkahmu, berjalanlah dengan ritme sedikit lebih perlahan dari biasanya. Berjalan lebih pelan juga akan memberikan kamu suntikan rasa percaya diri dan waktu pada fotografer dan videografer untuk mengambil potret angle terbaikmu.

4. Ingat untuk sedikit membawa pundakmu ke belakang saat berjalan. Sedikit saja, agar jalanmu jadi terasa lebih nyaman dan nggak kaku

Credit: IG Isyana Sarasvati via www.instagram.com

Kamu mungkin akan merasa ingin berjalan secepat mungkin di hari pernikahanmu, saat melangkah ke altar atau ke pelaminan (grogi, Cuy!), tapi tanpa sadar hal ini akan membuatmu lebih bungkuk. Ini akan membuat penampilanmu terlihat aneh. Untuk mengantisipasi hal ini menegakan tubuh dan membawa pundakmu sedikit ke belakang agar posturmu tetap anggun saat berjalan dalam heels dan gaun pernikahan.

Advertisement

5. Bayangkan dirimu berjalan di garis lurus saat kamu akan berjalan dalam sepatu hak tinggi

Credit: thehoneycombers via thehoneycombers.com

Saat berjalanlah, buatlah garis imajiner dari titik lokasimu ke titik tujuanmu dan ikuti garis lurus tersebut tanpa bolak balik melongok ke bawah, memperhatikan langkah dan sepatumu. Berjalan lurus dan fokus pada satu titik akan membuat langkahmu lebih mantap dan anggun tanpa cela.

6. Sedikit lengkungkan kakimu di dalam sepatu, tiap kali kamu melangkah. Ini trik kecil, biar langkah tetap mantap dan seimbang

Credit: Nytimes via www.nytimes.com

Tiap kali melangkah atau tiap kamu merasa dirimu akan terpeleset, lengkungkan sedikit kakimu di dalam sepatu untuk memberikan tekanan di dalam sepatu. Ini akan membuat sepatu lebih fit di kaki, membuatmu lebih gampang bermanuver.

7. Pastikan sepatumu 100% pas di kaki ya, nggak kebesaran atau kekecilan!

Credit: weddingsonline via www.weddingsonline.ie

Sepatu yang nggak pas di kaki nggak hanya akan membuat kaki nggak nyaman, tapi juga membuat langkahmu nggak mantap dan terlihat natural. Penting lo untuk cek dan ricek ukuran sepatu minimal seminggu sebelum hari-h! Gunakan shoe-pad tambahan jika sepatumu masih terlalu baru dan kurang terasa nyaman.

Praktik menggunakan sepatu hak tinggi minimal beberapa hari sebelum hari-h akan membuatmu lebih percaya diri dan terbiasa melangkah. Jadi pas hari-h, kamu nggak akan terlalu kagok dan ragu-ragu lagi. Selamat mempraktikkan trik Hipwee Wedding ini ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE