Menikah adalah salah satu momen paling sakral dalam hidup. Meski kita kini sudah hidup di era modern, di mana pernikahan sudah lebih banyak disederhanakan dan berkiblat ke pernikahan internasional yang terkesan lebih praktis, namun di Indonesia umumnya tradisi pernikahan adat masih belum ditinggalkan dan tetap dirayakan dengan tak kalah khidmat. Salah satu elemen penting dalam pernikahan adat adalah busana dan tata rias para mempelai pria dan wanitanya. Biasanya nih, setiap daerah punya pakem masing-masing soal tata busana dan riasan yang memiliki makna spesial di setiap perintilannya.

Bagi para mempelai pengantin Jawa, misalnya. Paes memegang peranan penting dalam keseluruhan penampilan sang mempelai, di samping busana dan berbagai aksesori yang disematkan. Kalau biasanya paes yang kamu lihat berwarna hitam legam, kali ini ada yang sedikit berbeda karena dari akun Instagramnya pemaes senior Ibu @mamiehardo, tampak menggunakan paesnya yang berwarna pirang alias blonde pada kliennya! Unik dan beda, bikin mata jadi terpesona melihatnya. Biar nggak penasaran, baca ulasannya di Hipwee Wedding kali ini yuk~

1. Kalau biasanya kamu melihat pengantin Jawa dengan polesan paes Jawa dengan pidih berwarna hitam, namun beda di pemandangan yang akan kamu lihat kali ini. Bukan hitam, melainkan blonde alias pirang, mengikuti warna rambut sang pengantin!

Cantik kan? via www.instagram.com

Advertisement

Kenalkan nih, gadis Jawa cantik, Diandra Rahardjo yang punya keistimewaan yaitu menjadi seorang yang terlahir dengan rambut blonde dengan segala keunikannya. Sekilas doi memang terlihat seperti gadis bule, tapi nggak Guys, Diandra adalah gadis keturunan Jawa asli yang memilih untuk melestarikan tradisi pernikahan adat Jawa dengan mengenakan paes dan segala atributnya di hari sakralnya. Untuk tata rias dan rambut, Diandra mempercayakannya kepada Ibu @mamiehardo yang mengunggah foto-foto cantik Diandra di akun Instagramnya ini.  Beda dari paes Jawa yang biasanya menggunakan pidih berwarna hitam, untuk mengikuti warna rambut pirang Diandra, Ibu Mamie Hardo menggunakan paes dengan warna senada yaitu blonde. Tetap cantik memesona!

2. Mengusung gaya riasan Jawa, dalam akun Instagramnya Ibu Mamie mengungkapkan kekagumannya pada Diandra yang memilih tetap mengenakan paes di rambut pirang yang sudah dimilikinya sejak lahir ini

Mbak Diandra Rahardjo bersama kedua orangtua tercinta via www.instagram.com

Cengkorongan paes atau pola rias masing-masing memiliki makna yang berbeda. Setiap bentuk memiliki arti tersendiri seperti misalnya gambar bagian tengah dahi ini yang disebut ‘Gajahan’. Gambar ini memiliki makna harapan agar seorang wanita akan ditinggikan derajatnya dan dihormati, dikutip dari caption unggahan Ibu Mamie Hardo di akun Instagramnya. So deep!

3. Di prosesi Siraman, Diandra Rahardjo tampak manis dalam balutan kain warna peach dengan kebaya bordir bernuansa biru yang elegan

Riasan karya Mamie Hardo via www.instagram.com

Di prosesi Siraman malam Midodareni, Diandra mengenakan busana dengan nuansa pastel, didominasi warna biru dan peach yang super cantik. Riasan wajah juga begitu anggun dan elegan, dengan nuansa warna cooper di mata dan bibir warna merah bata.

4. Dengan rambut pirangnya, mudah bagi Diandra dianggap sebagai gadis keturunan bule. Duh, jadi berasa lihat Daenerys Targaryen berdandan dalam busana dan riasan Jawa ya?

Semacam melihat Targaryen versi live action dalam balutan busana Jawa. Cantik! via www.instagram.com

Advertisement

Diandra saat berpose dengan kedua orangtuanya di ritual Siraman malam Midodareni.

5. Diandra saat sedang menjalani prosesi Siraman di malam Midodareni. Syahdu dan sakral dengan nuansa Jawa yang begitu kental

Prosesi siraman via www.instagram.com

*Bonus*

Cantik dan elegan via thebridedept.com

Ini lho sosok Ibu Mamie Hardo, salah satu pemaes senior Indonesia yang sudah tersohor. Konon dalam sekali memaes, tarif yang dipatok lumayan tinggi lho. Dilansir dari The Bride Dept, price range dari Ibu Mamie ini dimulai dari harga 40 juta Rupiah. Paket ini sudah termasuk makeup pada acara siraman, midodareni, akad nikah, resepsi. Paket tersebut termasuk dengan penyewaan kebaya dan peralatan yang digunakan pada acara adat. Ya mengingat kualitas dan jam terbang Ibu Mamie yang sudah tinggi, yaitu sudah merintis karier salon sejak tahun 1972, nggak heran dong kalau tarifnya menyesuaikan. Saat ini Ibu Mamie Hardo sudah melakukan regenerasi kepada putri bungsunya, yaitu Mita yang juga punya passion sama dengannya.

Menikah dengan konsep internasional mungkin bisa dilakukan, bahkan justru akan terkesan lebih cocok buat Diandra yang sepintas bakal dikira gadis keturunan Kaukasia. Namun kecintaan Diandra dan keluarga terhadap tradisi leluhur membuatnya tak meninggalkan tradisi pernikahan adat Jawa lengkap dengan segala ritual dan tata rias dan busananya. Salut!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya