Tenda pernikahan anti badai

Ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah di rumah karena beberapa hal, maka tenda pernikahan menjadi salah satu elemen yang mutlak dipersiapkan. Meskipun ada juga tenda yang dipasang di dalam gedung resepsi, namun apalah arti pesta pernikahan di halaman rumah jika tanpa tenda? Elemen penting ini harus ada untuk melindungi tamu dari panas terik dan hujan.

Pastinya ada tantangan tersendiri ketika memutuskan menggelar pesta pernikahan di rumah dan menggunakan tenda. Terlebih harus menyiasati bagaimana caranya supaya tenda pernikahan bisa tahan hujan dan nggak bikin lantainya becek. Nggak perlu khawatir berlebihan, beberapa strategi berikut bisa kamu terapkan.

1. Pilihlah tenda tipe kutub yang punya beberapa tiang penyangga di beberapa sisinya. Kokoh dan tahan dari hujan atau angin pastinya

tenda kutub dengan banyak tiang penyangga via sewatendapernikahantangerang.wordpress.com

Advertisement

Dibandingkan jenis tenda pernikahan lainnya, ciri khas tenda tipe kutub terdapat pada tiang-tiang yang kuat dengan pemasangan yang juga rumit. Tiang-tiang ini akan menyangga di bagian tengah dan sekelilingnya. Tenda yang membentuk kerucut di tiap ruasnya ini sangat cocok untuk pernikahan dengan cuaca hujan dan berangin karena sifatnya kokoh berkat tiang-tiang penyangga yang cukup merata.

Jika kamu menginginkan konsep pesta yang eksklusif, kamu bisa tutupi tiap sisi tenda dengan kain modifikasi berbagai bentuk. Bagian tiang pun bisa dihias dengan bunga atau pernak-pernik seperti lilitan lampu agar suasana tenda semakin meriah.

2. Pilihlah lokasi dengan kondisi tanah yang lebih tinggi untuk memasang tenda pernikahan agar terhindar dari genangan air saat hujan

kondisi tanah lebih tinggi via gambargalleryweddingbekasi.blogspot.com

Pemilihan lokasi pemasangan tenda juga penting dilakukan untuk meminimalisir dampak turunnya hujan. Sebaiknya, pilihlah kondisi tanah yang lebih tinggi dari sekitarnya. Hal ini dimaksudkan agar saat hujan turun, air nggak menggenang dan masuk ke dalam area tenda. Atau, kamu bisa naikkan tinggi tanah secara manual menggunakan pasir agar bisa memasang tenda sesuai lokasi yang diinginkan. Persis di depan teras rumah, misalnya.

3. Pasang tenda dengan aksesori lapisan dan tirai yang lengkap untuk mengantisipasi kebocoran saat hujan

dobel lapisan via tendamaster.wordpress.com

Advertisement

Beberapa vendor jasa pemasangan tenda yang telah menyiapkan aksesori tenda berupa lapisan, tirai atau penutup tenda jika diperlukan. Sedari awal, mintalah pada vendor untuk memasang lapisan transparan pada bagian samping tenda, tirai dan yang terpenting adalah penutup bagian atap tenda. Hal ini berguna untuk mengantisipasi kebocoran tenda pada saat turun hujan. Namun, jika ternyata vendor nggak menyediakan aksesori tersebut, coba akali untuk membentangkan seng atau alumunium yang ringan untuk melapisi bagian atap tenda. Tiang penyangganya menyesuaikan saja.

4. Buatlah parit-parit di tepi tenda untuk menghindari genangan air di sekitarnya saat hujan

tampungan air via www.rumah.com

Strategi lain yang bisa kamu lakukan adalah membuat parit atau saluran untuk mengalirkan air hujan agar nggak menggenangi area tenda. Setelah tenda terpasang sempurna, mulailah menggali tanah di sekitarnya dengan kedalaman yang cukup untuk menampung air hujan. Namun jika kebetulan area sekeliling tenda bukan tanah yang bisa digali, maka cobalah menghubungi vendor tenda agar menyediakan selokan hujan untuk dipasang di sisi atap tenda. Memang butuh effort untuk melakukan trik ini. Tapi demi tenda pernikahan yang bebas dari genangan air, nggak ada salahnya, ‘kan?

5. Agar nggak becek, taburi tanah di sekeliling tenda dengan pasir agar air hujan cepat meresap dan nggak becek

pasir lebih mudah menyerap air via www.desainrumahnya.com

Sama seperti strategi nomor 2, ada baiknya kamu menimbun atau menaburi tanah di sekitar tenda dengan pasir. Terlebih jika tanah di sekitar tenda sifatnya mudah becek. Nah, pasir yang ditaburkan di atas tanah tersebut berfungsi untuk menyerap air hujan dengan lebih cepat. Teksturnya yang cenderung kasar juga memudahkan tamu untuk melangkah tanpa licin dan becek.

Nah, kini memasang tenda pernikahan di halaman rumah nggak perlu khawatir bocor atau becek lantainya karena hujan lagi. Beberapa strategi di atas bisa langsung kamu terapkan demi resepsi pernikahan yang aman dan lancar meski digelar secara sederhana di halaman rumah. Semoga membantu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya