6 Tips Gelar Virtual Wedding yang Jauh Lebih Berkesan. Lebih dari Sekadar Nonton Kalian Doang

tips virtual wedding

Selama masa pandemi, virtual wedding jadi salah satu konsep pernikahan yang cukup diminati. Sesuai namanya, konsep pernikahan ini memanfaatkan teknologi seperti video call supaya tamu dapat menyaksikan momen bahagia pasangan menikah tanpa harus bertatap muka. Sayangnya menurut beberapa orang, virtual wedding sering kali terasa membosankan. Mungkin karena nggak bertatap muka langsung atau penyelanggara acara tak berinteraksi dengan tamu undangannya.

Advertisement

Sebagai (calon) pemilik acara virtual wedding, agaknya kamu mesti melakukan beberapa persiapan ekstra supaya hajatan daringmu tak terlupakan. Nah berikut Hipwee Wedding jabarkan beberapa tips menyelenggarakan virtual wedding yang berkesan yang nggak membosankan. Baca sampai habis, ya!

1. Pilihlah platform daring yang paling mudah diakses oleh para tamu undangan

pilih platform | credit: Kumparan via kumparan.com

Karena platform merupakan kunci keberhasilan virtual wedding, maka kamu perlu memikirkannya matang-matang. Jika kamu menginginkan acara pernikahan virtual yang lebih privat, baiknya pilih platform yang terbatas aksesnya seperti Zoom atau Google Meet.

Namun, jika kamu ingin pernikahan virtualmu disaksikan banyak orang, manfaatkan fitur Live dari Instagram, Youtube, dan juga Facebook. Tapi kembali lagi, sesesuikan platform yang digunakan dengan mayoritas tamu yang diundang. Kalau sekiranya mereka lebih akrab dengan fitur live, maka gunakan saja Instagram Live atau Youtube Live, begitu juga sebaliknya.

Advertisement

2. Buatlah invitation yang menarik dan lengkapi dengan reminder daring agar tamu tak melewatkan hajatanmu

undangan virtual | credit: adrianna geo via unsplash.com

Dalam undangan daring yang dibagikan, cantumkan link di mana para tamu bisa menyaksikan pernikahan virtualmu. Atau, kalau pengin lebih praktis, link tersebut bisa dibuat dalam bentuk scan barcode. Nah supaya tamu tak melewatkan hari bahagia tersebut, kamu juga dapat melampirkan link yang terhubung langsung dengan Google Calender. Jadi, mendekati hari H, para tamu bisa mempersiapkan diri dan nggak lupa mengikuti acara pernikahanmu.

3. Walau diselenggarakan secara daring, kamu juga boleh menentukan dress code untuk para tamu undangan

ada dress code | credit: Philly mag via www.phillymag.com

Dengan menetapkan dress code tamu undangan akan merasa lebih bersemangat mengikuti acara pernikahan virtualmu. Justru hal ini juga dapat meningkatkan mood seseorang karena ia bisa kembali berdandan secara lengkap setelah sekian lama tak memedulikan penampilan. Ada beberapa tema dress code yang bisa dipilih, seperti summer vibes, vintage dress, hingga luxury longwear.

4. Supaya kesan kondangannya makin melekat, jangan lupa kirim makanan atau bingkisan ke para tamu undangan

tetap kirim makanan | credit: Wedding Wire via www.weddingwire.com

Kurang lengkap rasanya jika kondangan nggak menikmati sajiannya. Begitu pun saat mengikuti pernikahan virtual. Makanya, biar wedding virtual-mu makin terasa berkesan, kirimkan bingkisan yang nantinya bisa dinikmati para tamu sembari menyaksikan acaramu. Isinya bisa makanan ringan atau bahkan suvenir acara pernikahanmu.

Advertisement

5. Sediakan satu sesi untuk berinteraksi dengan para tamu supaya mereka nggak bosan

ajak tamu interaksi | credit: flawlesspic via www.instagram.com

Pernikahan virtual yang asyik ialah yang melibatkan para tamu, bukan cuma jadi tontonan saja. Untuk mewujudkannya, kamu bisa mengadakan acara khusus yang langsung melibat tamu virtualmu. Misalnya ajak tamu bersulang, bikin games online atau yang paling simpel meminta beberapa tamu untuk menyumbangkan speech atau kesan pesan terhadap kedua mempelai. Nah dengan adanya sesi ini, para tamu akan merasa senang dan nggak bosan mengikuti pernikahan virtualmu.

6. Lakukan video colaboration agar tamu undangan juga merasa dilibatkan

ajak tamu kolaborasi | credit: jeffandanthony via www.instagram.com

Jika pernikahan virtualmu diselenggarakan melalui Live Instagram, Youtube, atau Facebook, kamu dapat mengajak tamu untuk berkolaborasi atau live bareng di acaramu. Random saja, jadi mereka juga nggak menyangka. Alternatif lainnya, kamu bisa meminta beberapa tamu undangan untuk menyumbangkan lagu yang nantinya akan ditayangkan melalui share screen saat acara berlangsung. Dengan begini tamu akan merasa lebih senang karena merasa ikut dilibatkan.

Meski terkesan biasa dan sederhana, tips-tips tadi dapat membuat pernikahan virtualmu jadi lebih meriah lo! Percayalah, pernikahan virtual akan terasa mengasyikkan jika tamu ikut peran di dalamnya. Cobain deh! 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE