Kumpulan Cerita Anak Jenius di Dunia. Punya 17 Ciri-ciri yang Berbeda dari Anak Biasanya

ciri-ciri anak jenius

Para orang tua akan merasa senang jika memiliki anak yang pintar, bahkan seringkali mereka melakukan berbagai cara supaya si kecil bisa menjadi juara pertama di kelasnya. Akan tetapi, ternyata ada juga lo anak-anak yang memiliki kemampuan di atas rata-rata yang tak hanya jadi juara kelas namun juga mampu berpikir setara dengan orang yang berpuluh tahun di atasnya. Kedengarannya sih mustahil ya namun fenomena anak jenius ini nyata adanya lo.

Advertisement

Kamu mungkin sudah tahu IQ tinggi Albert Einstein sang jenius, ada beberapa anak yang ternyata memiliki IQ setingkat dengannya juga. Tak hanya mereka, mungkin anakmu juga salah satu si jenius itu. Makanya kita simak yuk siapa saja anak jenius di dunia beserta dengan ciri-ciri kejeniusan yang mereka punya!

Ada beberapa anak jenius dari berbagai belahan dunia, mereka juga sudah menunjukkan ciri-ciri yang dimiliki sedari masih sangat dini

Heidi Hankins/ Credit: Daily Echo via www.dailyecho.co.uk

  1. Heidi Hankins merupakan anak perempuan yang sudah memiliki IQ 159 ketika usianya masih 4 tahun. Nilai tersebut berada satu level di bawah Albert Einstein dan Stephen Hawking lo. Ia sudah menunjukkan tanda sejak usia 2 tahun yaitu sudah pandai berhitung, melukis, dan membaca buku. Bahkan ketika ditinggal sebentar oleh orang tuanya, ia sudah mampu memilih tontonan di Youtube lo.
  2. Joshua Beckford mampu menjadi seorang mahasiswa di Oxford ketika usianya masih 6 tahun. Tak main-main jurusan yang ia ambil adalah filsafat dan sejarah lo. Kejeniusan ini diawali ketika ayahnya menunjukkan huruf di keyboard komputer dan Joshua mampu mengingatnya dengan baik. Di usianya yang masih 2 tahun, ia sudah bisa membaca dengan lancar, setahun setelahnya ia bisa berbahasa Jepang!
  3. Jeeva Jandu tak hanya bisa berbicara di usia 15 bulan namun ia sudah bisa membaca buku. Ketika usianya masih 11 bulan, ia sudah mampu mengingat dan melanjutkan dongeng yang diceritakan padanya. IQ-nya setara dengan Einstein dan Stephen Hawking yaitu di atas 160. Selain kemampuan matematika yang luar biasa, ia juga memiliki kecerdasan emosional yang bagus.

Jika dilihat maka terbentuk sebuah pola bahwa anak yang jenius biasanya akan mengalami perkembangan cepat, tak hanya itu ada 17 tanda yang dinyatakan Mensa

Joshua Beckford/ Credit: The Habari Network via www.thehabarinetwork.com

Mensa merupakan sebuah organisasi untuk orang-orang jenius yang memiliki IQ tinggi. Mereka menyatakan bahwa biasanya anak ini akan memiliki kemampuan membaca yang cepat dan memiliki selera humor yang bagus. Ini dia 17 ciri-ciri yang mereka sebutkan:

Advertisement
  • Kemampuan mengingat yang tidak biasa
  • Melalui milestone intelektual di usia dini
  • Kemampuan membaca di usia dini
  • Hobi tak biasa dengan pengetahuan mendalam mengenai subyek tertentu
  • Intoleransi terhadap anak lain
  • Kepekaan terhadap sesuatu yang terjadi di dunia
  • Memiliki standar tinggi yang tidak masuk akal
  • Mungkin seorang yang berprestasi tinggi
  • Memilih bergaul dengan orang dewasa atau justru sendiri
  • Suka berbicara
  • Bertanya sepanjang waktu
  • Mudah belajar
  • Selera humor yang kuat
  • Menyukai musik
  • Suka dikontrol
  • Mengubah aturan tambahan dalam permainan
  • Ekstrover atau introver

Jika ingin memiliki anak yang juga jenius ternyata ada beberapa stimulasi yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kecerdasannya

Jeeva Jandu/ Credit: The Guardian via www.theguardian.com

Dilansir dari laman Parents, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat si kecil tak hanya memiliki nilai yang bagus tapi juga antusias untuk belajar yaitu dengan memberikannya pertanyaan untuk membuatnya menjawab dengan opini. Orang tua juga tak perlu khawatir menggunakan kata sulit karena hal ini akan membuat si kecil paham dan menemukan jawaban sendiri. Hal lain yang juga perlu dilakukan adalah mengajaknya membaca karena kegiatan ini dapat menstimulasi otak untuk membuat koneksi dan membangun pengetahuan dasar tentang dunia. Mengapresiasi usaha yang sudah dilakukan si kecil juga perlu dilakukan tak hanya ketika ia berhasil namun ketika ia sudah melakukan yang terbaik.

Banyak anak yang berhasil memberikan pengaruh yang baik ke sekitar bahkan memberikan perubahan ke dunia karena kemampuan dan kreativitas yang mereka miliki, namun kejeniusan ini perlu bimbingan yang baik juga dari orang tua.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE