Kurangi Sakit Melahirkan dengan 6 Teknik Akupresur Ini. Ssst, Bisa Dilakukan Sendiri atau Minta Suami!

Teknik akupresur untuk ibu hamil

Istilah akupresur mungkin lebih jarang didengar daripada istilah akupunktur. Namanya mirip karena memang dua hal ini ‘berteman’. Lalu apa sih bedanya? Jika akupuntur menggunakan jarum dalam treatment-nya, akupresur mengandalkan tekanan di beberapa bagian tubuh tanpa alat apa-apa. Akupresur ini juga kerap dilakukan oleh ibu hamil di trimester terakhir untuk memperlancar proses melahirkan nantinya. Wah, kira-kira apa saja ya caranya? Yuk simak!

1. Spleen 6 Point, spot yang paling sering dipilih untuk menginduksi persalinan

Advertisement

Letaknya adalah di bagian belakang kaki. Gunakan jari telunjuk untuk menekan dengan kuat di bagian atas pergelangan, atau bagian belakang tulang kering. Ulang beberapa kali dengan jeda istirahat selama satu menit.

2. Pericardium 8 Point, terletak di bagian tengah telapak tangan juga berguna untuk menginduksi persalinan

Pericardium 8 Point via asianparent-assets-id.dexecure.net

Cara mengidentifikasi titik yang disebut Laogong ini adalah dengan mengepalkan tangan, saat itulah kamu harus memperhatikan letak ujung jari tengahmu karena di situlah titik itu berada. Gunakan jempol tangan kamu yang lain dan tekan secara lembut di titik tersebut. Pijat selama beberapa detik.

3. Bladder 60 Point, dinamakan Kunlun yang terinspirasi oleh nama daerah gunung di Asia

Menggendong bayi berumur lebih dari tujuh bulan di dalam rahim tentu sangat nyeri. Titik inilah yang bisa kamu pijat agar nyerinya berkurang. Titiknya terletak di antara pergelangan kaki dan jaringan ikat antara otot betis di belakang kaki bawah ke tulang tumit. Gunakan jempol untuk menekan secara lembut ke titik ini dan pijat selama beberapa detik.

Advertisement

4. Bladder 67 point, biar janin berubah posisi dalam rahim dan kontraksi dapat terstimulasi

Bladder 67 point via www.healthline.com

Dalam beberapa kasus, ada istilah sungsang saat melahirkan di mana posisi kepala janin nggak mau pindah ke bawah, untuk mengantisipasinya tekan secara kuat titik bladder 67 yang terletak di bagian ujung luar jari kelingking kaki, dekat dengan ujung kuku dengan jempol dan telunjuk seolah kamu sedang mencubitnya.

5. Large intestine 4 point, mengurangi rasa sakit akibat kontraksi di titik yang dikenal dengan Hegu

Siapa yang nggak takut membayangkan bagaimana sakitnya saat melahirkan? Untuk mengurangi rasa sakit ini, kamu bisa menekan dengan lembut menggunakan jempol di bagian luar telapak tangan, antara jempol dan jari telunjuk. Pijit selama satu menit dan istirahatlah selama satu menit, lalu ulangi lagi setelahnya.

6. Bladder 32 Point, memicu kontraksi mengurangi penyakit reproduksi

Advertisement

Letaknya di punggung bagian bawah, antara lesung pantat. Tekan secara kuat di titik ini dan pijat ke arah pantat. Ulangi selama beberapa menit ya

Meskipun mudah dilakukan, akupresur pada wanita yang hamil tua juga memiliki risiko. Biar lebih aman, konsultasikan dengan doktermu juga ya~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE