Sosoknya yang nyentrik serta kepribadiannya yang jauh dari kata jaim memang sudah melekat pada diri Susi Pudjiastuti. Menteri Perikanan dan Kelautan ini memang telah dikenal oleh masyarakat luas berkat kinerjanya yang luar biasa. Kontribusinya pada dunia maritim Indonesia juga bisa dirasakan oleh banyak kalangan, khususnya para pekerja di bidang kelautan.

Banyak masyarakat yang begitu mencintai sosok Susi. Bukan tanpa alasan menteri yang sekaligus pengusaha ini diidolakan. Tapi memang dirinya patut menjadi pujaan berkat aksi-aksinya demi menjaga perairan bumi pertiwi. Sepak terjangnya dalam menangkap para mafia laut yang gak kenal rasa takut semakin membuat Susi dikagumi. Hal tersebut pun membuat para kreatif mural (seni menggambar di media dinding) asal Solo, memberikan apresiasi khusus bagi menteri berusia 52 tahun ini.

Jika kamu tak sengaja melewati restoran Kusumasari yang terletak di Jalan Slamet Riyadi, Solo, kamu akan melihat pemandangan yang nggak biasa. Tembok tersebut disulap menjadi sebuah karya mural bergambarkan wajah Susi Pudjiastuti dengan aksen Wonder WomanPotret tersebut diciptakan oleh seniman-seniman muda Kota Solo yang tergabung dalam Komunitas Mas Don Art. Pekerjaan mural yang berukuran 3×3 meter itu dilakukan secara kolektif selama dua minggu.

Lalu, hal-hal apa aja sih yang melatarbelakangi para seniman tersebut memilih Wonder Woman sebagai tema mural sosok menteri Susi Pudjiastuti?

Tokoh pahlawan wanita dalam dunia fiksi ini dianggap merepresentasikan sosok Ibu Susi di dunia nyata

Keren sih ini! via plus.kapanlagi.com

Advertisement

Wajah menteri Susi yang dibuat seperti Wonder Woman dengan dominasi warna cokelat merah tersebut terlihat sedang melawan sosok bajak laut Jack Sparrow. Di atasnya tampak sebuah perahu tradisional nelayan tengah berlayar bersampingan dengan gambar kapal setengah karam. Jika diiisyaratkan ke dalam sebuah analogi, Ibu Susi bak pahlawan yang tengah melawan mafia laut demi menjaga kekayaan perairan tanah air. Oleh karena itulah, para seniman memilih Wonder Woman sebagai tema karena dirasa cocok menggambarkan salah satu aksi menteri pertama di Indonesia yang merupakan lulusan bangku SMP. Tenggelamkan!

Bersama Tim Satgas, Ibu Susi tak takut memberantas illegal fishing. Nggak ada ampun deh!

Ngopi dulu, yuk! via jakartagreater.com

Sejak mendapat mandat langsung dari Presiden Jokowi untuk menjadi menteri, pemilik maskapai Susi Air ini bersama Tim Satgas selalu konsisten dalam pemberantasan illegal fishing. Gugus tugas yang dirintis sejak Desember 2014 lalu itu juga lambat laun mendapat dukungan dari semua elemen pemerintah. Ibu Susi bisa membuktikan kalau memang dirinya nggak main-main dalam memerangi para mafia laut. Hal ini juga diperkuat dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 115 Tahun 2015 tentang Satuan Tugas Pemberantasan Illegal Fishing yang diundangkan pada 21 Oktober 2015 lalu.

Berani gelontorkan uang Rp100 miliar untuk pemberdayaan pulau terkecil dan terluar Indonesia

Sudah akrab banget dengan air laut. via timesofoman.com

Walaupun sempat diisukan akan menjual 15 pulau kecil kepada pihak asing, Susi secara tegas mengungkapkan kalau kementeriannya justru sedang mengerjakan program pemberdayaan di pulau-pulau terkecil dan terluar NKRI. Sebut saja, Simeulue, Natuna, Sangihe, Merauke, dan Saumlaki ialah 5 pulau yang sudah merasakan program tersebut. Hingga 2019 mendatang, KKP menargetkan ada 31 pulau kecil-terluar sudah terangkat secara perekonomian. Semoga target tersebut bisa tercapai tanpa halangan.

Dalam dua hari sudah menenggelamkan 12 kapal yang mengambil ikan secara ilegal. Berani dan tegas!

Tenggelamkan! via baliberkarya.com

Sudah banyak kapal yang Susi tenggelamkan karena telah mengambil kekayaan alam milik Indonesia. Tercatat pada tanggal 19-20 Oktober 2015 lalu, sebanyak 12 kapal ditenggelamkan di tiga wilayah berbeda, yakni di Pontianak, Batam, dan Aceh. Aksinya tersebut pun mendatangkan decak kagum dan rasa salut dari masyarakat maupun pemerintah. Penenggelaman kapal maling ikan ini juga telah sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan. Hidup Ibu Susi!

Jadi rasa-rasanya memang sangat pas jika menteri Susi Pudjiastuti diibaratkan sebagai Wonder Woman-nya Indonesia, ya? nggak cuma telah berkontribusi untuk negeri, sosoknya yang fenomenal juga membuktikan hasil kerjanya dengan nyata. Jaya terus Ibu Susi, kami mendukung Ibu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya