Berencana hidup di bawah laut? via arquiteturaparalela.files.wordpress.com

Ilmuan temukan cara untuk bertahan tanpa bernafas via webneel.com

Sebuah penemuan baru yang dihasilkan oleh ilmuan memberikan kita kesempatan untuk bertahan hidup tanpa bernafas selama 15 menit. Penemuan ini rencananya akan dikembangkan sebagai pertolongan darurat untuk pasien dengan gangguan pernafasan.

Temuan ini disebut dengan “Lipidic Oxygen-containing Microparticles” atau disingkat dengan LOMs. Seperti namanya, LOMs adalah oksigen berukuran mikro yang dibungkus dengan lapisan khusus. Lapisan khusus ini berfungsi untuk mencegah partikel oksigen membesar yang dapat menyebabkan penyumbatan jalan nafas ataupun komplikasi lainnya.

Ketika LOMs diberikan pada pasien, oksigen mikro tersebut akan bertubrukan dengan sel darah merah dan kemudian mentransfer sekitar 70% kandungan oksigennya. Seekor kelinci yang diuji dengan menggunakan temuan ini dapat bertahan hidup selama 15 menit.

Advertisement

Menurut John Kheir, seorang ahli jantung dari Boston Children’s Hospital dan juga merupakan pemimpin dari kelompok peneliti ini menyebutkan bahwa penemuan ini merupakan pengganti oksigen jangka pendek bagi penderita gangguan pernafasan.

Namun, sayangnya temuan ini belum dapat digunakan. Penelitian lebih lanjut masih dilakukan untuk mencegah berbagai permasalahan yang dapat terjadi, seperti penambahan karbon dioksida dalam tubuh, maupun kemungkinan akibat jangka panjang seperti kerusakan darah maupun jaringan, gangguan metabolisme, serta berbagai kemungkinan yang lain.