Setelah berhasil dikenal lewat single berjudul “Yellow” pada tahun 2000, Coldplay terus berkembang menjadi salah satu band top. Mereka memang kerap dinilai kurang orisinil lantaran punya warna musik yang tak jauh berbeda dari U2. Namun, karya-karyanya mudah diterima banyak orang. Selain terkenal dengan lirik-liriknya yang menyentuh kehidupan cinta kebanyakan umat manusia di bumi, Coldplay juga dikenal dengan grup band yang selalu mampu menggarap video klip yang jempolan. Seperti yang paling anyar, lagunya berjudul ‘Up&Up’ berhasil viral.

Ahhh tanpa basa-basi lagi, inilah daftar 10 video klip Coldplay paling cakep versi Hipwee. Check this out!

Kita mulai dari yang paling hits. Video klip lagu berjudul ‘Up&Up’ ini bikin eyegasm.

Beberapa hari belakangan ini, video klip Coldplay berhasil bikin orang-orang di seluruh dunia membicarakan konsep videonya.

Video klip yang digarap dua orang Israel, Vania Heymann dan Gal Muggia, sungguh luar biasa. Surealis banget pokoknya. Sesuatu yang tidak nyata berhasil mereka buat menjadi seperti nyata di video tersebut.

Vokalis Coldplay, Chris Martin, bahkan enggak ragu buat bilang kalau video klip tersebut sebagai video klip terbaik yang pernah ada. Belum nonton? Yuk buktikan sendiri!

Dalam video klip True Love, Coldplay berpesan, “Anything is possible”.

Advertisement

True Love adalah single keempat Coldplay dari album Ghost Stories. Dalam video klip tersebut diceritakan kisah dua orang yang sering mendapatkan ketidakadilan di masyarakat karena bentuk badannya.

Menurut Hipwee, video klip ini sungguh memiliki cerita yang bagus. Pada bagian akhir video klip, dua orang tersebut saling bersatu dan membuktikan bisa menjadi layaknya orang-orang biasa, bahkan lebih dari biasa.

Pesan utama di balik video klip tersebut terdapat di bagian akhir: “Anything is Possible”.

Kalau dilihat liriknya, memang sih nggak ada nyambung-nyambungnya itu lirik sama isi cerita di video klipnya. Kalau di video ‘kan happy ending. Sedangkan liriknya menceritakan orang yang nggak bisa move on sama mantannya.

Video klip Gravity ini mengajarkan kita untuk tidak menyia-nyiakan perjuangan seseorang, guys!

Video klip Coldplay memang tak pernah lepas dari permainan animasi. Dalam video klip lagu berjudul Gravity diceritakan seorang pria yang menari dan senantiasa ditemani bayangan-bayangan dari seorang wanita yang sepertinya terus ia perjuangkan keberadaannya. Si pria pun jatuh bangun untuk bisa menari dengan bayangan wanita tersebut.

Akan tetapi, menjelang lagu tersebut selesai, bayangan wanita tersebut berubah menjadi kenyataan. Sayangnya, ketika si perempuan berubah menjadi nyata. Si pria tersebut malah meninggalkannya. Si wanita tampak sedih dan menyesal.

Menurut Hipwee, si pria menghabiskan hidupnya untuk terus berusaha mendapatkan si wanita, tapi ketika si wanit mengizinkan dia untuk meraihnya, semua sudah terlambat. Si pria sudah ‘move on’.

Bingung-bingung deh sama proses pembuatan video klip Yellow.

Ada satu lagi video klip yang bisa bikin kita keheranan. Beda cerita kalau kamu nggak teliti sama video klip tersebut. Mungkin kamu bakal pikir itu video klip yang biasa aja.

Tapi coba deh perhatikan bagian paling awal dan paling akhir dari video. Pada bagian awal, kamera mengambil suasana pesisir laut. Langit yang menjadi latar pun sangat gelap dan masih tampak jelas bintang-bintang saat kamera panning ke arah kiri di mana terdapat Chris Martin yang berjalan kaki sambil menyanyikan lagu yang durasinya 4 menit.

Di setiap detik dan menitnya, langit cepat sekali berubah warna. Menjadi lebih cerah dan terus menjadi lebih cerah. Dan ketika memasuki akhir video, tiba-tiba matahari sudah tampak. Keberadaannya bahkan sudah 90 derajat. Yang nggak habis pikir adalah bagaimana dalam waktu 4 menit langit gelap berubah menjadi cerah, ditambah keberadaan matahari yang sudah 90 derajat.

Kemerdekaan bukan cuma milik manusia.

Video klip selanjutnya ada di lagu berjudul Paradise. Cerita lagu tersebut jelas memperlihatkan tentang seekor berseragam bonek gajah yang ingin hidup di alam bebas ketimbang sebuah kebun binatang. Okelah, untuk kali ini, anggap saja itu seekor gajah sungguhan.

Untuk menuju alam bebas dan kembali ke habitatnya, ia harus berjuang sendiri. Mulai kabur dari kebun binatang, hingga berusaha keras beraksi di jalanan demi mendapatkan uang. Awalnya kita mungkin bakal berpikir, “Buat apa itu uangnya? Gajah emang butuh uang?”, tapi ternyata, gajah tersebut mengumpulkan uang demi membeli sebuah sepeda untuk mencari kembali habitatnya.

Pesan yang Hipwee tangkap dari video tersebut adalah tentang hak kemerdekaan. Merdeka bukan hanya milik manusia. Setuju?

Video klip lagu berjudul The Scientist ini konsepnya unik. Backward~

Kamu mungkin pernah melihat konsep video seperti ini pada sebuah video klip band asal Indonesia, Peterpan. Buat orang awam seperti kita, mungkin bakal mikir, “Video klip berkonsep backward itu gimana bikinnya?”.

Tim produksi jelas kudu menyinkronkan apa yang harus dikatakan atau dinyanyikan sang vokalis ketika pengambilan video. Sutradara video klip tersebut, Jamie Thraves, ternyata memiliki ide tersebut setelah mendengar petikan lirik lagu bernada liri, “Oh, take me back to the start”.

Menurutmu berapa nih nilai dari video ini? 😀

Ketika para personel Coldplay menjadi simpanse. Nyanyi dan narinya asik banget.

Video klip Coldplay memang selalu memberikan keunikan. Dan selain lagu-lagunya yang mudah diterima telinga, video klipnya lah yang membuatnya masih banyak dikenal banyak orang. Seperti pada lagu Adventure of A Lifetime pada album terbaru mereka.

Setelah pada lagu berjudul Paradise mereka menjadi gajah, sekarang mereka menjadi simpanse. Namun, kali ini mereka tak perlu repot-repot memakan kostum badut gajah. Tim produksi mengaplikasikan efek CGI (computer generated imagery) pada proses produksi sehingga bisa menciptakan sekelompok simpanse yang sesuai dengan tokoh sebenarnya.

Sekilas, mungkin kita akan ingat dengan film Planet of The Apes. Para simpanse melakukan banyak hal yang sama seperti yang biasa dilakukan manusia. Namun, di video klip ini, kita bakal disuguhkan penampilan simpanse bermain musik dan menari.

Coldplay berhasil mengganggu sebuah acara ulang tahun anak-anak.

Selain Adventure of a Lifetime, masih ada video klip unik lainnya dari Coldplay lho. Judul lagunya ‘Life In Technicolor II’. Pada video tersebut diceritakan sebuah perayaan ulang tahun dari seorang anak yang menampilkan puppet show.

Di tengah-tengah penampilang, mereka kedatangan sekumpulan boneka yang kemudian mengambil alih acara. Boneka-boneka tersebut sontak mengambil semua perhatian orang yang ada di ruang acara ulang tahun. Dan berubahlah pertunjukan sebuah cerita menjadi sebuah konser.

Penasaran ‘kan? Mending langsung tonton aja videonya. 😀

Teknik stop-motion pun pernah digunakan dalam video klip Coldplay.

Video klip satu ini gak kalah unik. Di akhir video kamu pasti bakal misuh kagum, “Buset, kok bisa? Pasti lama bikinnya.”

Pengambilan video ini menggunakan teknik stop-motion . Chris Martin sendirilah yang bermain dan menjadi peran utama sebagai superhero.

Animasi stop-motion tersebut tampaknya cukup menakutkan kalau diproduksi sendiri. Pasalnya, tim produksi menggunakan kapur sepenuhnya untuk membuat animasi. Hanya sosok Chris Martin yang asli, sisanya hasil kapur.

Daripada capek bacanya, langsung tonton aja yuk!

Kayanya dari tadi ngebahas Coldplay, lagu ini deh yang nyambung sama video klipnya.

Dalam video tersebut, Chris berperan sebagai asisten dari pesulap wanita. Sering melihat bosnya disakiti oleh suaminya, ia kemudian banyak mempelajari trik sulap sendiri. Sampai bisa melakukan levitate atau membuat dirinya atau orang lain melayang.

Pada suatu saat, Chris berhasil menghentikan kekerasan yang dilakukan terhadap bosnya. Ia pun kemudian menantang suami dari bosnya. Chris berhasil membuat suami bosnya melayang ke udara dengan jurus levitate-nya.

Lengkapnya tonton sendiri deh.

Gimana, guys? Keren-keren kan video klipnya? Jadi makin nge-fans deh sama Chris Martin, dkk

Baca juga info tentang selebriti lainnya di @migmeseleb yuk!