5 Film Indonesia Yang Wajib Ditonton - Dunia perfilman Indonesia sudah mulai menggeliat kembali dan semoga akan terus maju dan bahkan mampu bersaing dengan film-film dari luar, seperti dari Hollywood, Thailand, Korea dan yang lainnya. Dan untuk itu, kita sebagai warga yang baik, harus terus mendukung dengan menonton film-film buatan sineas Indonesia. 

Di antara sekian banyak film Indonesia yang telah tayang di bioskop-bioskop kesayangan kita sampai dengan Oktober 2015 ini, berikut ini ada 5 Film Indonesia Yang Wajib Ditonton oleh kamu dengan segala keunikannya masing-masing:

 

 

1. Film Filosofi Kopi

Cinemania ID

Cinemania ID via https://twitter.com

Film yang diangkat dari buku kumpulan cerpen karya Dewi Lestari ini mengisahkan perjuangan seorang pecinta kopi dalam menemukan kopi yang paling sempurna. Dibintangi oleh Chicco Jerikho sebagai Ben, seorang barista yang mendamba kopi yang sempurna, Rio Dewanto sebagai Jody, seorang sahabat yang penuh perhitungan dalam bisnis. Selain itu juga menampilkan si cantik Julie Estelle. Film ini mengajarkan banyak hal, tentang kopi itu sendiri, cinta, persahabatan dan juga obsesi

Yang membuat film ini patut ditonton adalah lokasi yang ditampilkan dalam film ini, perkebunan kopi di daerah Jawa dan juga inspirasi dari film ini untuk berwirausaha. 

Baca juga: Belajar Wirausaha dari Film Filosofi Kopi

 

2. Modus Anomali

Rotten Tomatoes

Rotten Tomatoes via http://www.rottentomatoes.com

Film berjudul Ritual untuk penayangan di luar Indonesia ini juga dibintangi oleh Rio Dewanto. Film dengan genre suspense horor ini patut diacungi jempol. Dengan sutradara Joko Anwar, film ini memberikan satu genre yang beda dari film-film Indonesia lainnya. 

Berkisah tentang liburan sebuah keluarga dengan dua orang anak yang kacau balau dikarenakan seseorang yang mengejar mereka dan membunuh satu demi satu anggota keluarga. Apakah kedua anak ini pada akhirnya bisa meloloskan diri dari si pembunuh berdarah dingin itu? Nantikan juga twist dari cerita dalam film ini. 

3. Ada Apa Dengan Cinta

Ada Apa Dengan Cinta - Twitter Mira Lesmana

Ada Apa Dengan Cinta - Twitter Mira Lesmana via https://twitter.com

Sepertinya, kalau membuat daftar film Indonesia yang wajib ditonton seperti ini, sudah barang tentu harus memasukkan film ini (dengan satu film lagi sebenarnya, Petualangan Sherina). Alasannya tak lain dan tak bukan adalah film ini menjadi salah satu tonggak kembali bergeloranya perfilman Indonesia, setelah sekian lama diisi dengan film horor hantu tanpa alur cerita yang menarik. 

Film ini dibintangi oleh Dian Sastro dan Nicholas Saputra yang tak lama kemudian menjadi jajaran aktor Indonesia paling dicari oleh remaja-remaja Indonesia kala itu - termasuk saya. Cerita film ini sebenarnya cerita klasik percintaan dua remaja SMA. Dunia mereka yang bertolak belakang membuat keduanya agak sulit bersatu. Apakah memang tidak akan bersatu? Tonton saja ya, sebelum Ada Apa Dengan Cinta 2 keluar di bioskop. 

4. Pendekar Tongkat Emas

Pendekar Tongkat Emas (image Kaskus)

Pendekar Tongkat Emas (image Kaskus) via http://www.kaskus.co.id

Salah satu jenis film yang jaman dulu sangat populer, di samping film-film Warkop DKI adalah jenis film silat seperti Tutur Tinular, Babad Tanah Leluhur dan Saur Sepuh. Yang paling berjaya saat itu adalah Saur Sepuh dengan karakter seperti Brama Kumbara, Mantili dan Lasmini. Itu adalah saat saya usia 10 tahunan. 

Setelah itu? Hampir dibilang tidak ada film Indonesia bergenre laga seperti itu, hingga akhirnya Mira Lesmana bersama Riri Riza mengeluarkan film Pendekar Tongkat Emas. Film ini dibintangi oleh Christine Hakim, Nicholas Saputra, Reza Rahardian, Eva Celia, Tara Basro dan masih banyak lagi. Film ini berlokasi di Sumba yang mirip dengan lokasi Lord Of The Rings. Selain itu, kesuksesan film ini juga yang mendorong dibuatnya Ada Apa Dengan Cinta 2 yang akan tayang di 2016 nanti. 

5. The Raid

Sumber: Rotten Tomatoes

Sumber: Rotten Tomatoes via http://www.rottentomatoes.com

Film laga satu ini berbeda dengan Film Pendekar Tongkat Emas di atas, film ini memang film laga, namun lebih ke aksi gangster dan perkelahian tangan kosong di jaman sekarang. Berkisah tentang penyerbuan sebuah gedung yang dikuasai oleh seorang gembong mafia bernama Tama (Ray Sahetapy) oleh tim di bawah pimpinan Wahyu (Pierre Gruno). Wahyu ternyata memiliki maksud lain dari penyerbuan ini sehingga menyebabkan hampir seluruh anggota timnya meninggal. Adalah Rama dibintangi oleh Iko Uwais yang berhasil lolos dari penyergapan itu dengan bantuan sang kakak yang bekerja pada Tama. 

Film ini sukses di pasar internasional dan melambungkan nama Joe Taslim sehingga dia menjadi bagian dari Film Fast & Furious 6 dan juga Ray Sahetapy yang sedang dalam proses produksi film terbaru Captain America: The Civil Wars. Film ini pun juga kemudian dikembangkan kelanjutannya dan ditayangkan tahun 2014 kemarin dan juga mendapat sambutan luar biasa dari manca negara. 

Baca juga: Review Film Fast & Furioust 7 - Spoiler alert

Itu 5 Film Indonesia Yang Wajib Ditonton jika memang mengaku cinta produk lokal dan ingin memajukan perfilman Indonesia. Kalau bukan kita, siapa lagi?