Olahraga yoga dikenal sebagai olahraga yang santai dan tidak membutuhkan tenaga ekstra. Yoga sendiri berasal dari negara India dimana orang-orang melakukan yoga berawal untuk tujuan mendekatkan diri dengan dewa.

Berikut beberap manfaat yang bisa diperoleh dari mengikuti yoga :

 

1. Merelaksasi pikiran

Is yoga a must for everyone? via http://saudigazette.com.sa

Yoga merupakan salah satu olahraga yang ringan. Melakukan yoga bisa merelaksasi pikiran dimana kita dilatih untuk mengolah nafas dan kosentrasi pada hal-hal positif. Pengolahan nafas itu mengalirkan udara dan membantu sistem sirkulasi darah di otak.

2. Menurunkan berat badan

Yoga Asanas for Weight Loss via https://www.youtube.com

Mengapa yoga bisa menurunkan berat badan ? Gerakan yoga memang terlihat sangat pelan dan tidak menggerakkan badan secara penuh. Namun, gerakan yoga bukan terletak dari gerakan yang menghentak tapi lebih menitik beratkan pada pikiran. Dimana telah dibuktikan pikiran seseorang yang sehat dan relaksa akan mereduksi tingkat stress yang memicu kenaikan berat badan seseorang. Orang yang melakukan diet dan melakukan yoga bisa mengurangi berat badan kira-kira 18 Ponds. 

3. Menurunkan tingkat stress dan depresi

Yoga For Stress Relief – The Various Asanas For Stress Relief – Let Go Series via https://www.youtube.com

Advertisement

Karena merupakan olahraga pengolahan nafas dan kosentrasi, yoga bisa menurunkan detak jantung yang cepat ketika kita merasa stress. Selain itu, dengan melakukan yoga kita bisa menciptakan kalimat-kalimat positif untuk diri sendiri dan kita mempertahankan kosentrasi kita pada kata-kata positif tersebut.

4. Peningkatan Spiritual

Spiritual Meaning of Yoga Postures via http://yoga.lovetoknow.com

Yoga sendiri merupakan gabunga antara meditasi, pengolahan nafas dan kosentrasi, sehingga banyak orang yang menggunakan cara ini untuk meningkatkan jiwa spiritual mereka. Kita bisa menggunakan contoh, saat kita melakukan yoga selain mengatur nafas, kita juga bisa berkosentrasi mengenai sang pencipta sambil melantunkan doa-doa dalam hati.

5. Membantu ibu hamil dan persalinan.

Yoga sangat bagus dilakuka oleh ibu-ibu hamil. Yoga memiliki gerakan yang tidak cepat dan aman bagi janin. Dengan melakukan yoga, ibu hamil bisa lebih siap dalam menghadapi persalinan dengan belajar mengolah nafas dan berfikiran tenang.