Galau, merupakan fenomena yang lagi nge-tren dikalangan muda mudi saat ini. Diputus pacarnya, galau. Diselingkuhi, galau. Dimarahi orang tua, galau. Ditilang polisi, galau. Dan masih banyak lagi penyebab galau yang lain. Ketika galau menyerang, seseorang akan kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas, sering cemas, mood sering berubah tak jelas, parah banget kan?

Tapi jangan khawatir, bersama kesulitan selalu ada kemudahan. Banyak cara untuk mengatasi galau, salah satunya yaitu dengan berolahraga. Olahraga dipercaya dapat merangsang hormon-hormon yang menimbulkan efek senang, sehingga nantinya berdampak pada turunnya tingkat kegalauanmu. Penasaran olahraga apa aja yang bisa mengatasi galau? 

1. Olahraga yang Mengandung unsur Smash di dalamnya

Ihsan Maulana via https://www.pbdjarum.org

Kamu kesel sama dia yang telah menyakitimu? hadirkan wajah orang yang menyakitimu di depanmu sebagai lawan tanding. Setelah itu uda deh, kamu smash lawan tandingmu sekencang-kencangnya, kalo perlu sambil teriak-teriak, katakan dalam hatimu “kamu jahat! aku benci kamu! pergi kamu!”. Coba aja deh, Insyaallah rasa kesel kamu terlampiaskan dengan baik melalui olahraga ini.

2. Jalan Kaki

Man walking away via https://www.google.co.id

Siapa bilang jalan kaki nggak bisa mengatasi galau? Bisa, bisa banget. Ketika malam-malam sedang galau, cobalah keluar sejenak, pasang headset di telingamu, berjalanlah mengelilingi lingkungan sekitarmu. Rasakan tiap langkahmu, rasakan teduhnya malam yang menaungimu, nikmati alunan musik yang bisa bikin kamu rileks. Dijamin deh, beberapa persen tingkat kegalauanmu akan turun. Eits itu untuk cowok, kalo cewek jalan malam-malam sendiri bahaya. Untuk cewek kalo ingin jalan malam-malam, di mall aja, hehehehe. Berolahraga sambil belanja. Beli barang kesukaanmu, tapi ingat, jangan boros. Kalau boros, sesampainya di rumah kamu akan galau lagi.

3. Mendaki Gunung

Advertisement

Pejalan lamban, penikmat mahakarya Tuhan via https://www.instagram.com

Sir Edmund Hillary berkata, “Bukan gunung yang kita taklukkan, tapi diri kita sendiri”. Ya, mendakilah gunung untuk menaklukkan dirimu sendiri, menaklukkan galaumu. Ajak teman-temanmu untuk mendaki. Pacu adrenalinmu dengan tracking di gunung. Nikmati semilir angin malam, sejenak duduk di luar tenda dan merenung, menemukan pemikiran-pemikiran positif. Hadirkan pemikiran “setelah melewati track yang susah, ada pemandangan yang indah. Setelah melewati masa galau, akan ada masa bahagia yang menunggu.”. Dan jangan lupa mengabadikan momen ketika di gunung. Upload foto terbaikmu di media sosial. Kan lumayan toh bisa bikin ngiri si doi yang membuatmu galau, ya nggak?

4. Renang

Girl with styrofoam swimmingboard via https://www.google.co.id

Siang-siang, panas-panas, ditambah dengan galau. Haduuuh lengkap sudah, rasanya seperti terbakar. Dan sumpah, itu nggak enak banget! Tapi tenang, kan ada kolam renang. Nyemplung aja di kolam renang. Luapkan emosi kegalauanmu, keluarkan semuanya di air. Masuk dalam air, kamu teriak sekencang-kencangnya, keluarkan kata-kata yang ingin kamu keluarkan, toh nggak akan ada orang yang mendengarnya. Setelah itu, dinginnya air akan mendinginkan kepala dan hatimu. Aliran air akan menghanyutkan emosi-emosi yang terpendam di hati. Keluar dari kolam renang kamu akan fresh, pikiran plong, emosi yang terpendam pun kosong.

5. Yoga

Complete Yoga via https://www.google.co.id

Ya, olahraga ini merupakan olahraga yang kalem, semacam meditasi gitu deh. Memusatkan hati dan pikiran tuk menuju ketenangan. Pas banget, buat kamu yang lagi galau. Ketika galau menyerang, uda, ambil posisi duduk bersila, pejamkan mata, tarik napas dalam-dalam, konsentrasikan pikiran. Jika kamu kurang pas ketika melakukannya sendiri, ikutlah kelas yoga yang ada disekitarmu. Barangkali di sana kamu ketemu sama jodohmu. Asik bukan?

Gimana, tertarik mengusir galau dengan mencoba salah satu olahraga ini? Atau jangan-jangan pengen nyobain semuanya? Terserah deh, yang penting keep safety and stay healthy. Salam olahraga!