Setiap manusia pasti mendambakan hidup bahagia dan tanpa halangan suatu apapun. Namun, jarang yang menyadari bahwa esensi dan tujuan kita hidup adalah untuk berbuat kebaikan sebanyak mungkin tanpa pamrih dan pada saatnya nanti akan kembali kepada Sang Pencipta. Yang terpenting adalah bukan sebanyak apa kita menghabiskan uang dan foya-foya saat kita masih diberi nikmat kehidupan oleh Tuhan. Namun bagaimana kita bisa menikmati hidup yang hanya satu kali ini.

1. Bersyukur! Anytime, anywhere.

Love your nature and enjoy it! via http://wallcate.com

Dalam hidup, manusia tentu punya banyak kekurangan baik dalam segi finansial, hubungan, kondisi fisik, dan sebagainya. Hal ini seringkali membuat manusia lupa bahwa esensi kehidupan adalah kembali pada Sang Pencipta. Bersyukur mungkin hal gratis dan paling mudah jika kita tahu apa fungsi dan makna dari bersyukur itu sendiri.

Contoh ringan, bersyukur bahwa kita punya keluarga yang sayang dengan kita, bersyukur bahwa anggota tubuh kita lengkap, dan bersyukur bahwa kita masih bisa dengan bebasnya menghirup udara pagi yang segar dan menyehatkan. Makes your life awesome!

2. Luangkan waktu untuk bersantai.

Enjoy your holiday! via http://wallcate.com

Advertisement

Perjalanan dengan yang terkasih atau menemukan hal baru merupakan hal yang asyik dan membuat bahagia. Luangkan waktu sebisa kamu untuk travelling, ya! Tidak harus mahal atau membuang banyak waktu. Kamu bisa pergi bersepeda bersama adik atau kakakmu di sekitar rumah. Atau pergi piknik ke sebuah taman bersama keluarga atau sahabat. Bersantailah di sebuah tikar dengan bermacam camilan yang kamu punya di kulkas. Mudah, kan?

3. Open mind dengan hal baru

Share and care with your friends via http://wallcate.com

Jika kamu adalah seorang pekerja keras atau tipe pengejar karier, jangan hanya cocok berbicara dengan rekan sekantor atau satu instansi saja. Cobalah cari kawan baru yang notabene punya selera musik dan film yang sama, misalnya. Atau kalau kamu mahasiswa, ikutlah berbagai macam kegiatan yang sesuai dengan passion-mu.

Jangan hanya berdiam diri di kamar atau menonton TV sepanjang hari tanpa keluar rumah dan bertemu dengan orang-orang baru. Serius itu sangat membosankan! Jangan malu untuk mencari relasi baru. Ini sangat berguna untuk perjalanan hidup kamu ke depan, lho! Karena kodrat kita adalah makhluk sosial yang tidak mungkin hidup sendiri, tanpa bantuan orang lain.

4. Sisihkan rezeki untuk beramal.

Money can changes anything! via http://wallcate.com

Pernahkah kamu melihat lembaga-lembaga yang menerima sumbangan pakaian, uang, atau obat-obatan untuk korban bencana alam? Atau iklan di televisi yang menerima donasi untuk panti asuhan, misalnya. Ini merupakan kesempatan emas bagi kita untuk menyisihkan sedikit rezeki yang kita punya. Beramallah berapapun yang kita mampu.

Beramal tidak harus dengan uang. Baju bekas layak pakai atau makanan instan bisa kok kita sumbangkan ke orang yang membutuhkan. Hal ini secara otomatis akan menambah nilai hidup kamu, lho!

5. Jangan jadi orang jutek, sombong dan kaku, ya!

Humble and good via http://wallcate.com

Siapa sih yang mau berteman dengan orang yang jutek, keras kepala, dan sombong? Pasti jarang dong! Jadilah orang yang ramah dan humble kepada setiap orang. Jangan gampang memusuhi orang lain adalah salah satu kuncinya. Jangan juga menjadi pribadi yang keras kepala. Cobalah untuk selalu terbuka dan menerima pendapat orang lain, meskipun tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan.

Hidup dengan sifat yang jutek, keras kepala, dan sombong hanya akan membelenggu dan menjauhkan kita dari energi positif. Rendahkan hati terhadap lingkungan sekitar. Tidak perlu menjadi special untuk mendapat banyak teman. Cukup jadi diri sendiri dan terus perbaiki diri ke arah yang lebih baik lagi.

6. Pergi ke sebuah tempat unik, menarik, dan asyik.

Travel the world! via http://wallcate.com

Bersantai atau menikmati suasana di museum sepertinya sangat menyenangkan. Ini bisa kamu coba untuk menambah wawasan dan menyegarkan pikiran. Atau pergi ke pameran lukisan klasik bersama teman, keluarga atau pasangan. Ini sangat seru, lho! Tempat-tempat unik, menarik, dan asyik tidak perlu mahal. Cukup yang sederhana namun bisa membuatmu mengenal hal baru dan meambah arti dalam kehidupanmu yang cuma sekali ini.

Bazar fashion vintages juga bisa jadi alternatif buatmu. Dengan melihat barang-barang yang unik dan bahkan belum pernah kamu temui sebelumnya, secara otomatis hati dan pikiranmu akan terbuka. Energi positif akan muncul dengan sendirinya! Be unique and always positive!