Brokoli merupakan salah satu sayuran yang mempunyai berbagai macam manfaat. Manfaat brokoli hijau bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin. Tapi untuk mendapatkan berbagai macam manfaat brokoli hijau, sebaiknya anda mengkonsumsinya dengan cara direbus atau dikukus sebentar. Hindari memasak brokoli dalam jangka waktu yang lama, karena hal ini malah akan membuat kandungan gizi yang terdapat di dalam brokoli hilang. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi brokoli dalam keadaan masih mentah. Mengkonsumsi brokoli yang masih mentah akan membuat anda perut anda kembung karena kelebihan gas. Manfaat brokoli hijau tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan anda misalnya untuk perawatan kulit.

Berikut beberapa manfaat brokoli hijau :

Menjaga kesehatan tulang

Brokoli hijau mengandung kalsium dan vitamin K yang mampu menjaga kesehatan tulang dan mencegah anda terkena resiko osteoporosis.

Sebagai system imun tubuh

Manfaat brokoli hijau bisa sebagai system imun di dalam tubuh, karena brokoli hijau mengandung selenium dan betakarotein yang dapat mencegah dan melawan penyakit.

Manfaat brokoli hijau untuk jantung

Kandungan karotenoid lutein di dalam brokoli hijau berperan untuk menghambat pertumbuhan arteri di dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi brokoli hijau anda akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke, selain itu vitamin B6 yang terkandung dalam brokoli juga menghindari anda terkena penyakit radang pembuluh darah.

Mencegah kanker

Advertisement

Untuk mencegah anda terkena berbagai macam penyakit kanker, anda bisa rutin mengkonsumsi brokoli hijau. Karena berbagai macam kandungan di brokoli hijau misalnya antioksidan dan Glucoraphanin bisa menghambat pertumbuhan sel- sel kanker dalam tubuh.

Melindungi system saraf

Kalium yang terkandung di dalam brokoli hijau bisa menjaga system saraf tetap sehat dan berjalan optimal. Selain itu, kandungan asam folatnya juga dapat meningkatkan kecerdasan otak terutama untuk anak.

Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat sayur brokoli hijau ternyata bisa membantu dalam program diet. Brokoli hijau mengandung serat yang tinggi dan rendah karbohidrat yang dapat menurunkan berat badan.

(baca juga: diet mudah dengan metode jeruk nipis)

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan glucoraphanin dalam brokoli juga bisa melindungi kulit anda dari efek buruk sinar matahari, selain itu vitamin E di dalamnya juga bisa mencegah anda mengalami penuaan dini.

(baca juga: cara mudah memutihkan kulit)

Mengurangi resiko tekanan darah tinggi

Kandungan kalium, kalsium, dan magnesium dalam brokoli bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi serta menjaga tekanan darah tetap normal.

Melancarkan pencernaan

Brokoli mengandung serat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan anda, serta mencegah anda mengalami sembelit.

Itulah beberapa manfaat sayur brokoli, ketika anda ingin memasak brokoli pilihlah brokoli yang memiliki batang masih segar. Untuk penyimpanan brokoli yang benar, anda cukup memasukkannya ke kantong plastik dan taruh di lemari es. Anda tidak perlu mencucinya terlebih dahulu, karena itu akan menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.