Perut yang buncit dan Paha yang besar menjadi masalah yang cukup serius untuk kalangan pria maupun wanita. Perut yang buncit menyebabkan penampilan kita menjadi tidak menarik. Kebanyakan wanita mengidamkan perut yang datar, tetapi kebanyakan dari mereka “malas” untuk berolahraga.

Cara lain yang cukup efektif untuk mengurangi lemak dalam perut dan paha adalah dengan mengatur asupan makanan yang memiliki tingkat kalori tinggi. Dengan begitu, tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai energi untuk aktivitas sehari-hari. Nah, berikut akan saya berikan tips mengecilkan perut tanpa harus berolah raga setiap harinya.

Konsumsi Makanan Berserat

Tanpa olahraga, kamu harus mengurangi asupan makanan yang mengandung 500 kalori setiap harinya, sehingga dalam sebulan akan cukup untuk membakar 0.5 kg lemak dalam perut. Nah, sebagai penggantinya kamu harus memenuhi asupan makanan yang berserat tinggi untuk menjaga perut tetap kenyang lebih lama, sekaligus menjaga sistem metabolism tubuh.

Minum Segelas Air Sebelum Makan

Advertisement

Penelitian membuktikan kalau meminum segelas air 15 menit sebelum makan akan membuat perut lebih cepat kenyang. Tentu saja hal ini memberikan keuntungan, yaitu lebih sedikitnya asupan makanan yang masuk ke dalam perut.

(baca juga: Fakta unik tentang air putih)

Lakukan Diet Seimbang

Diet bukan berarti kamu tidak boleh makan sama sekali. Kebanyakan orang salah kaprah dengan kata diet. Mereka beranggapan diet itu artinya tidak boleh makan sama sekali. Itu hanya akan menyiksa tubuh, menyebabkan tubuh lemas dan tubuh akan mudah terserang penyakit. Justru diet yang benar adalah makan hingga 4-5 kali sehari dengan porsi yang sedikit. Kurangi konsumsi makanan berlemak, dan perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan kaya serat vitamin dan mineral.

(baca juga: Cara berdiet dengan jeruk nipis)

Jauhi Junk food

Junk food seperti beberapa jenis makanan cepat saji akan menambah timbunan lemak di tubuhmu. Hindari cemilan yang di goreng dan mengandung bahan pengawet yang cukup banyak. Kalau memang ingin ngemil, cobalah untuk ngemil buah-buahan segar, atau memasak kentang rebus sendiri.

Hindari makanan dengan sodium

Seperti yang sudah dikatakan di atas, kamu harus menghindari makanan yang mengandung sodium. Sodium sendiri biasanya di temukan dalam bumbu-bumbu makanan. Sodium bersifat menarik air dalam tubuh, sehingga tubuh akan menyimpan cairan berlebih yang mengakibatkan tubuh terasa lebih bengkak, berat dan lesu.

Jauhi permen karet

Hal ini memang terdengar sangat sepele dan konyol. Tapi penelitian membuktikan kalau permen karet menyebabkan perut menjadi buncit. Banyak orang yang belum tahu, kalau saat kita mengunyah permen karet, secara tidak langsung kita juga akan menelan banyak udara. Nah, udara yang tertelan ini akan menyebabkan tekanan dan perut menjadi lebih kembung dan besar.

Hindari makanan mentah

Nutrisi yang kamu dapatkan dari setengah buah wortel yang dimasak, setara dengan sepotong buah wortel mentah. Dengan mengkonsumsi makanan yang sudah di masak, kita membutuhkan setengahnya saja dari jumlah mentahnya dan tentu saja membutuhkan sedikit ruang di saluran pencernaan. Oleh sebab itu makanlah sayuran yang telah dimasak untuk memenuhi kebutuhan gizi dan agar tidak menambah volume pencernaanmu.

Hindari Stress

Menghinadri stress merupakan hal paling penting. Pada saat kamu stress, maka tubuh akan melepaskan hormon Kortisol yang bertanggung jawab dengan timbunan lemak dalam tubuh. Ketika hormon ini tidak stabil, maka asupan lemak dalam tubuh akan menjadi tidak terkontrol. Jadi, akan lebih baik jika kamu meluangkan waktu untuk menyegarkan diri atau beristirahat agar terhindar dari stress berlebih.

Jika kamu bisa menjaga pola makan sehat, maka perut yang ramping bukan lagi hal yang sulit untuk di dapatkan. Jika ingin lebih efektif, coba selingi tips diatas dengan latihan kardio atau berenang yang rutin. Selamat Mencoba!