Membantu sesama nggak harus dengan memberikan sebuah materi saja loh. Dengan mendonorkan darahmu, artinya kamu sudah ikut andil peduli dan menolong untuk sesama, karena setetes darahmu sangat berguna untuk orang lain yang sangat membutuhkan.

Kalau kamu nggak ada waktu untuk datang ke Palang Merah Indonesia? nggak perlu khawatir dan ribet karena sekarang sudah ada mobil unit palang merah Indonesia di mall atau event tertentu yang memang standby di sana untuk memudahkan para pendonor yang ingin mendonorkan darahnya.

Sebelum kamu mendonorkan darahmu, 5 hal yang harus kamu perhatikan :

Jaga kesehatan

Kamu harus memperhatikan kesehatanmu setiap harinya, tidur cukup 8 jam sehari, karena jika kamu kurang tidur akan mempengaruhi tekanan darah kamu, berolahraga, dan jangan lupa minum air putih 8 gelas sehari karena dapat membantu peredaran darah di tubuh kamu.

Advertisement

Makanan bergizi

4 Sehat 5 sempurna, makanan bergizi bisa kamu dapat dengan mengkonsumsi sayur- sayuran, tempe, tahu, susu, daging, buah-buahan. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin. Dengan berat badan 46 kg kamu sudah memenuhi syarat untuk menjadi pendonor.

Golongan darah

Sebelum melakukan donor darah, ada baiknya kamu mengecek golongan darah kamu, apakah Golongan Darah A, AB atau O ? agar darah yang kamu donorkan masuk ke masing- masing golongan darah tersebut.

Tekanan darah dan HB

Ini sangat penting, tekanan darah kamu harus normal, tidak tinggi atau rendah, biasa normalnya itu 120/80 mmHg. Satu lagi yang nggak kalah penting, tekanan darah HB (hemoglobin) minimal harus 12 g/dl untuk syarat menjadi pendonor.

Transfusi Darah

Untuk satu kantung darah dibutuhkan 350 cc, jadi darah yang diambil dari tubuh kamu 350 cc. Darah yang kamu donorkan akan di cek di laboratorium terlebih dahulu sebelum di berikan ke penerima darah tersebut agar di cek bahwa darah kamu tidak terdapat penyakit atau bakteri agar layak diberikan kepada penerima.

 

Nah, udah tau kan hal apa saja yang kamu perlu ketahui sebelum kamu ingin mendonorkan darah mu, yuk! jadi pendonor yang aktif dengan mengajak teman- teman, saudara dan keluarga kamu untuk ikut mendonorkan darahnya 3 bulan sekali, karena sangat bermanfaat  untuk diri kamu dan orang lain, dijamin nggak akan ada kerugian apapun dengan mendonorkan darah kamu.