Semakin ke sini, model jilbab yang mulai berjalan beriringan dengan fashion makin beragam. Mulai dari jilbab pashmina, segiempat, jilbab yang menonjol di bagian belakang kepala, bahkan sampai hijab yang trendy. Ke-syar’i-annya pun kadang menjadi perdebatan. Hipwee sadar, bahwa pilihan berhijab dan menggunakan jilbab model apapun merupakan pilihan. Nah, untuk kamu para muslimah yang lebih suka memilih jilbab yang tetap menutupi dada, jilbab bermodel khimar ini adalah pilihan yang tepat.

Sebenarnya, kata khimar sendiri memiliki arti sebagai jilbab yang menutup dada. Banyak orang awam yang mengartikan khimar ini sebagai jilbab panjang yang menutupi dada dan panjangnya sampe pergelangan tangan. Nah, jangan sampai keliru ya, Ukhti. Bahkan, jika kamu terlalu nyaman dan enggan bereksperimen dengan model jilbab yang ribet, dengan khimar kesayanganmu kamu pun bisa tetap tampil kekinian dan sopan. Intip 12 inspirasi penampilan dengan khimar ini, yuk! Agar tak kehabisan ide saat memadukan dengan busanamu.

1. Perpaduan warna cerah dan hitam selalu bisa diandalkan dalam beragam acara. Gamis panjang dengan brokat di bagian bawah pun bisa kamu padukan!

@okisetianadewi via www.instagram.com

Memakai rok atau gamis memang pilihan yang pas agar lekuk tubuh tidak terekspos. Ditambah lagi dengan khimar yang panjang menjuntai menutupi dada, buat pergi kemana-mana pun akan membuatmu merasa aman. Jika memadukan gamis hitam berbrokat, kamu bisa pilih warna yang lebih cerah untuk khimar-mu. Agar lebih menawan dan ga gitu-gitu aja.

2. Biar ga polos-polos banget, kamu bisa pakai khimar dengan motif bunga-bunga yang cantik. Gamis dengan warna pastel akan mengalemkan kamu saat berkaca.

@cindyfatikasari18 via www.instagram.com

Advertisement

Tak ada penghalang untuk kamu yang ingin tampil berbeda. Mungkin, kamu yang lebih sering memakai jilbab dan pakaian polos bisa mencoba hal baru dalam berpenampilan. Yang paling sederhana, adalah dengan memakai khimar yang bermotif. Bunga-bunga pun makin pas untuk mempercantik penampilanmu yang tertutup dan tetap kekinian.

3. Usung 2 warna yang berseberangan untuk penampilanmu yang bertema polos. Biru muda dan biru tua pun bisa kamu jadikan pilihan.

@cindyfatikasari18 via www.instagram.com

Jika kamu tidak terlalu suka dengan motif-motif, kembali ke warna favoritmu yang tidak mencolok pun tidak masalah. Coba kamu padukan dua warna yang berseberangan namun masih senada untuk kamu pakai sebagai khimar dan rokmu. Misalnya saja biru muda yang cerah dan segar untuk penutup dada dan kepalamu, dan menyatukannya dengan warna biru tua untuk roknya. Biru biru tetap istimewa, kan?

4. Gamis panjang dengan ragam motif pun akan membuat penampilanmu tetap sopan, syar’i, nan kekinian. Maksimalkan kemenawananmu!

@terryputri via www.instagram.com

Jika kamu sedang mood untuk memakai gamis atau rok panjang dengan ragam motif, tak perlu segan untuk memakainya. Jika kamu lagi suka dengan beragam motif abstrak seperti bulu burung yang colorful, segera padukan dengan khimar warna merah mudamu yang soft. Yakin deh, mau jalan kemana saja tetap nyaman, sopan, dan kekinian.

5. Memakai warna biru kalem yang sewarna dari khimar sampai sepatu pun layak untuk kamu coba. Memilih warna merah untuk tasmu ya, agar ada warna selingan.

@ristytagor via www.instagram.com

Untuk kamu yang lagi nggak pingin repot memadupadankan dua warna atau lebih untuk pakaian yang melekat pada badanmu, satu warna saja pun bisa kamu usung. Biru yang soft pun bisa kamu pakai untuk tema bajumu dan khimarmu hari itu. Lembut dan enak dipandang, kan? Jika kamu ingin memberi sentuhan warna yang beda, coba pakai tas atau eksesoris lain warna merah, atau warna cerah lainnya.

6. Sedang bosan dengan warna polos di gamismu? Padukan gamis belang-belangmu dengan khimar polos cream. Cocok tiada tara!

@devips via www.instagram.com

Jika motif bunga-bunga bikin kamu bosan, garis-garis dan belang-beloang hitam putih atau coklat putih pun bisa kamu coba. Untuk warna khimar panjangmu yang menutupi dada, kamu hanya perlu memilih warna yang kalem dan netral. Cream atau krim adalah warna yang pas sebagai penutup kepalamu.

7. Tak hanya jilbab yang langsung masuk, jadi jilbab persegi atau pasmina, dadamu akan tetap terlindungi. Sopan dan nyaman.

@anima.rk via www.instagram.com

Tak hanya yang berbahan kaos, khimar pun tetap bisa kamu ciptakan dari jilbab segiempat atau pasminamu. Nilai yang tidak boleh dihilangkan adalah menutup dada yang tetap sopan. Bahkan, kamu pun akan terlihat kekinian dan menawan.

8. Kamu bisa memadukan dua warna yang beda, merah muda dan hijau misalnya. Tapi, kenyamanan dan ke-syar’i-an sudah tidak jadi permisalan untukmu.

@michikosakoda via www.instagram.com

Warna pink yang kalem memang memanjakan mata. Tak hanya itu, kamu pun bisa memanjakan kepala dan dirimu sendiri dengan khimar warna ini. Pun ketika dipadukan dengan warna hijau–yang sebenarnya nggak nyambung–pun tetap cocok jadinya. Rasa nyaman dan kesopanan bisa kamu dapat tanpa permisalan lagi.

9. Siapa bilang dengan khimar kamu tidak bisa memakai aksesoris kepala yang lucu? Bando Mini Mouse pun tak akan mengurangi kadar kekinianmu!

@gdaghaida via www.instagram.com

Penutup kepala seberti jilbab dan khimar kesayanganmu pun masih bisa ditambah dengan aksesoris yang unik dan lucu lainnya. Jika kamu sedang bepergian dan ingin tampil beda, seperti bando Mini Mouse yang lucunya luar biasa, pun masih bisa kamu pakai. Karena, tak akan membuat lekuk di bagian tubuhmu lainnya terlihat, kan?

10. Dua warna polos nan netral coklat dan biru tak akan menurunkan penampilanmu yang anggun dan menawan.  Walau polos, bukan masalah!

@ratnadewiiswulandari via www.instagram.com

Padukan khimar panjang coklatmu yang polos, dengan gamis biru panjangmu. Tak masalah jika dua pasang item ini sama-sama polos, karena kamu nggak perlu bingung lagi untuk mencocokkan motif dengan warna khimarnya. Mau mencoba, Ukh? Nggak masalah, kok!

11. Ungu yang soft itu warna yang unik nan menyegarkan mata. Khimar ungu panjangmu menjadi pasangan tak terpisahkan dengan dress stripes-nya.

@shireensungkar via www.instagram.com

Tak butuh waktu banyak untuk kamu memilih ungu sebagai warna pelindung dan penutup kepalamu. Apalagi warna ungu yang lembut dan kalem. Dengan tone warna yang hampir sama, kamu bisa memakai dress panjang dan longgarmu yang bermotif stripes atau garis-garis. Perpaduan yang pas, kan?

Nah, dari 11 inspirasi jilbab sopan nan kekinian ini, mana yang ingin kamu jadikan pedoman untuk penampilanmu hari ini?