Bibir adalah bagian tubuh yang paling menentukan seberapa cantik kamu terlihat, percaya nggak? Sesempurna apapun make-up yang kamu oleskan ke wajahmu akan sia-sia kalau warna lipstik yang kamu pilih tidak sesuai. Tapi memakai lipstik tiap hari ternyata juga nggak bagus, terutama buat kamu yang memiliki jenis bibir kering atau sensitif. Dibiarkan pucat pun akan sangat mengganggu penampilan , apalagi jika bibir alamimu itu berwarna agak kehitaman.

Daripada bingung mau gimana biar tetap cantik tapi nggak merusak kulit bibir juga, Hipwee Tips akan memberimu beberapa rekomendasi cara alami memerahkan bibir.

Bukan berarti kamu nggak boleh pakai lipstik, pemerah bibir alami ini akan membuatmu mengurangi penggunaan lipstik di setiap harinya.

1. Oleskan minyak kelapa saat cuaca sedang dingin, agar bibir tetap lembab dan warna merah alami tetap merekah

Minyak kelapa via bostonmagazine.com

Minyak kelapa ini bisa kamu pakai sebagai pengganti lip balm. Cukup dioleskan ke bibir sebelum kamu pergi tidur.

Advertisement

Perawatan kulit dengan menggunakan minyak kelapa paling tepat dilakukan saat cuaca sedang dingin-dinginnya. Udara dingin biasanya akan membuat bibirmu jadi lebih kering, dan minyak kelapa akan melembabkannya lagi.

2. Lagi-lagi, madu tetap jadi yang juara! Kandungan vitamin C dan pelembabnya akan memanjakan bibirmu tiap harinya

pakai madu via beyondblush.com

Madu adalah bahan pelembab alami yang bisa menghaluskan bibir sekaligus mengembalikan warna bibirmu jadi pink secara alami. Oleskan madu tiap sebelum tidur dan saat bangun bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan tiap hari agar bibirmu pink secara alami. Kamu bisa mencampurnya dengan yoghurt juga, lho!

3. Nggak cuma mencerahkan kulit hitam, lemon juga bisa memerahkan bibirmu yang kehitaman

Lemon via briesmoore.com

Lemon adalah bahan alami yang paling sering digunakan untuk mencerahkan kulit hitam. Dan rahasianya, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengatasi bibirmu yang kehitaman!

Caranya sangat gampang, cukup peras lemon dan oleskan perasan itu ke bibirmu. Lakukan rutinitas ini tiap hari selama 1-2 bulan.

Cara kedua, taburkan gula ke potongan lemon dan tempelkan potongan lemon itu ke bibirmu. Cara ini akan menggantikan sel-sel kulit mati dan memberikan warna bibir yang lebih cerah.

4. Bibir merah alami bisa kamu dapatkan dari gel lidah buaya. Bahkan, bisa mengatasi iritasi di bibir juga

pakai lidah buaya via stylecraze.com

Bibirmu sering pecah-pecah atau mengalami masalah kulit lainnya? Gel lidah buaya jadi pilihan terbaik untuk merawat bibirmu yang sensitif. Oleskan saja gel lidah buaya sebelum kamu tidur selama tiga hari. Bibirmu akan kembali memerah dan sehat lagi.

5. Dapatkan perawatan ekstra untuk bibirmu dengan campuran tiga bahan; cuka apel, perasan lemon dan madu

Cuka Apel via oliviajenkins.com.au

Cuka apel efektif untuk membuat bibirmu jadi lebih cerah. Caranya, kamu harus mencampur cuka apel dengan madu dan perasan lemon. Hasilnya, bibirmu akan lebih sehat dan juga terlihat lebih cerah dari biasanya.

6. Pengen punya pengganti lip balm? Coba deh bikin pasta alami dari baking soda!

Baking soda via healthyskinsolutions.com

Saat sedang musim hujan maupun musim kemarau, perawatan bibir dengan baking soda bisa membantu menghilangkan iritasi atau rasa sakit pada bibir. Baking soda juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati saat digunakan sebagai scrub.

Cukup campurkan baking soda dengan air hingga menyerupai pasta, lallu oleskan ke bibirmu. Rasanya mirip-mirip pakai lip balm gitu 🙂

7. Rasakan sejuknya masker bibir dari mentimun, yang ampuh membawa kembali warna merah bibirmu yang alami

pakai mentimun via rodeo.net

Bahan alami yang biasa digunakan untuk mencerahkan kulit adalah mentimun. Manfaatnya akan sama kalau kamu menggunakannya untuk bibir. Caranya juga sangat mudah, cukup potong tipis mentimun dan tempelkan di bibirmu selama lima menit tiap harinya.

Bibir sehat dan lembab bukan lagi mimpi!

8. Warna pink akan muncul secara alami menggantikan bibirmu yang kehitaman kalau kamu menggunakan air mawar

Air mawar via healthveda.com

Air mawar punya 3 manfaat: menyejukkan, mendinginkan, dan melembabkan. Air mawar juga bisa memunculkan warna pink alami di bibirmu menggantikan warna kulit yang menghitam.

Campurkan satu tetes air mawar dengan beberapa tetes madu lalu oleskan ke bibirmu dan ulangi 3-4 kali sehari. Kamu bisa juga mencampurnya dengan madu untuk hasil yang lebih maksimal. Biarkan di bibir sampai 15 menit, lalu bilas dengan air atau tisu.

9. Pakai minyak zaitun jangan lupa, oleskan sebelum tidur untuk hasil bibir merah alami yang lebih sempurna

Minyak zaitun via tsmc.com.au

Bibirmu bisa kelihatan lebih hidup dan bergairah dengan menggunakan minyak zaitun. Nutrisi yang terkandung di dalamnya akan membuat bibirmu lebih lembab dan sehat secara alami sehingga tampak lebih lembut.

Sebelum tidur, oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke bibirmu atau campurkan dengan gula terlebih dahulu jika ingin mengangkat sel-sel kulit mati (eksfoliasi).

10. Warna hitam itu ada di bibirmu akibat sel kulit mati, dengan menggunakan gula kamu bisa mengangkat semuanya

pakai gula aja via yemek.com

Yang membuat bibirmu tampak hitam adalah sel-sel kulit mati, dan gula adalah solusi terbaik yang mampu mengangkat sel-sel mati tersebut. Gula bisa kamu gunakan sebagai scrub bibir alami. Untuk manfaat yang lebih maksimal, kamu bisa mencampur gula dengan butter (mentega), madu atau bahan alami lainnya.

Nggak apa-apa kalau kamu sudah terlanjur kecanduan sama lipstik atau lip balm, ini sah-sah saja, kok. Tapi, jangan lupakan perawatan sepele ini buat bibirmu juga, ya. Yuk, cegah kehitaman dan bibir nggak sehat sejak dini!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!