Ingin memasak ayam tapi dompet sedang tipis? Nggak usah khawatir karena sebenarnya kamu bisa memilih bagian-bagian tubuh ayam yang cukup murah seperti kepala, ceker, jeroan dan sayap. Dari kesemuanya itu, sayap yang paling favorit sih! Selain dagingnya yang masih cukup bisa dinikmati jumlahnya, sensasi tulangnya juga tetap terasa.

Nggak heran kalau akhir-akhir ini resep sayap ayam sedang naik daun. Terutama sejak masakan ayam ala Korea seperti spicy wing mulai tenar. Walaupun di resto-resto junk food sudah banyak peminatnya dari dulu. Hmm… tapi kalau cuma digoreng terus, bosan nggak sih? Hipwee Tips akan memberikan inspirasi lain cara memasak sayap ayam khusus untukmu. Biar nggak begitu-begitu terus masaknya, bisa dipakai untuk bisnis kuliner juga, lho!

1. Biar kelihatan lebih kekinian, sayap ayamnya bisa kamu bikin jadi ala-ala teriyaki. Rasanya enak tenan!

chicken wing teriyaki via adashofmegnut.com

Pernah dengar ayam teriyaki ala-ala Jepang ‘kan? Ini sama, cuma bahannya cukup sayap ayam doang!

Bahan:
500 gr sayap ayam (potong jadi dua)
1 bks tepung ayam krispi
1 buah telur (kocok)
1 bks saus instan teriyaki
2 sdm saus tomat
1/2 siung bawang bombay
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 tangkai daun bawang
lada bubuk secukupnya
bubuk cabai secukupnya
gula pasir secukupnya
biji wijen secukupnya

Cara membuat:
1. Bersihkan sayap ayam lalu celupkan pada kocokan telur.
2. Gulingkan pada tepung ayam krispi.
3. Goreng dalam minyak panas. Tiriskan.
4. Tumis bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih sampai harum.
5. Masukkan sayap goreng. Lalu masukkan bahan lainnya dan aduk rata.
6. Beri sedikit air saat sudah menggumpal. Angkat.

Advertisement

Santap dengan nasi hangat enak banget nih!

2. Renyahnya sayap ayam dipadukan dengan pedasnya cabai hijau yang khas nggak akan ada padanannya!

sayap lombok ijo via brit.co

Ayam lombok ijo (cabai hijau), bebek lombok ijo, dan semua yang serba hijau lagi tenar sekarang. Sayap ayam juga bisa dimasak dengan cara yang sama, lho. Ini buktinya!

Bahan:
600 gr sayap ayam
1 1/2 ons cabai hijau keriting
20 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah tomat
2 sdm margarin
1/2 buah jeruk nipis
garam, lada, dan gula secukupnya
minyak secukupnya

Cara membuat:
1. Cuci sayap ayam lalu tiriskan.
2. Bumbui dengan garam, lada dan jeruk nipis. Diamkan sebentar sebelum digoreng.
3. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Angkat.
4. Tumis cabai hijau dan tomat sampai layu, beri sedikit garam. Angkat. Ulek kasar.
5. Tumis lagi hasil ulekan, tambahkan gula dan garam.
6. Angkat dan siramkan ke sayap ayam.

Siap disajikan ke orang tersayang!

3. Surga buat kamu pecinta pedas, sayap ayam yang dimasak jadi Fire Wings. Warna merahnya saja sudah bikin pedas ~

Fire Wings via chilledmagazine.com

Namanya saja sudah fire wings, kebayang ‘kan bagaimana sensasi terbakar yang bakal memanaskan mulut kita?

Bahan:
500 gr sayap ayam
5 buah cabai rawit merah (iris tipis)
2 siung bawang putih (cincang)
1/2 sdt cabai bubuk
4 sdm saus tomat
2 sdm saus cabai
1 sdm kecap asin
1/2 sdm kecap manis
daun salam
serai
garam, lada, tepung bumbu serbaguna, dan minyak secukupnya

Cara membuat:
1. Rebus sayap ayam bersama daun salam dan serai selama 5-10 menit. Matikan api.
2. Ambil ayam lalu gulingkan dalam tepung bumbu sambil diremas.
3. Goreng sampai kecoklatan. Tiriskan.
4. Tumis bahan lainnya dengan api kecil. Masukkan ayam goreng. Aduk perlahan. Matikan api.

Rasakan sensasi pedasnya yang bikin kamu nagih!

4. Sayap ayam penyet nggak kalah enaknya dengan aneka penyetan lain. Resep khas Indonesia banget nih…

Sayap ayam penyet via resepgw.blogspot.com

Bahan:
500 gr sayap ayam
kemangi secukupnya

Bumbu ungkep:
5 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 sdm ketumbar
garam secukupnya

Sambal:
4 siung bawang merah (goreng)
5-10 cabai rawit (goreng)
gula dan garam secukupnya

Cara membuat:
1. Bersihkan ayam, haluskan bumbu. Tambah air sampai ayam tenggelam. Tambahkan garam dan ungkep sampai meresap.
2. Goreng ayam hingga matang.
3. Ulek sambal dan penyet ayam sambil diberi kemangi.

5. Pasti belum pernah nyoba dan sekali nyoba nggak akan bisa lupa sama rasanya; sayap bakar cola!

ulala coca cola via brit.co

Sayap Bakar Cola via angsarap.com

Bakar sayap ayam pakai cola? Harus coba sih!

Bahan:
500 gr sayap ayam
2 sdm saus tiram
3 sdm saus cabai
1 sdm kecap manis
150 ml minuman cola

Bumbu:
3 siung bawang putih
3 cm jahe
1/2 sdt merica

Cara membuat:
1. Cuci sayap ayam. Campu semua saus di wadah terpisah.
2. Campurkan ayam dengan bumbu halus dan saus. Simpan dalam kulkas selama 1 jam.
3. Tuangkan cola ke dalam rendaman ayam.
4. Ungkep ayam sampai matang lalu bakar sampai agak gosong.

FYI, makin lama disimpan dalam kulkas makin enak dan air sisa rendaman ayam jangan dibuang, tapi diolesin ke ayamnya ketika dibakar.

6. Seblak ternyata nggak cuma kerupuk doang, makin mantap kalau di campur sayap dan ceker ayam

seblak ayam via diahdidiskitchen.com

Kalau kerupuk doang rasa gurihnya bakal kurang, sayap ayam bisa menambah sensasi kelezatan dari seblak buatanmu!

Bahan:
100 gr kerupuk
2 buah sayap
2 buah ceker
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 buah cabai merah
5 buah cabai rawit merah
5 buah cabai rawit hijau
2 cm kencur
1 lembar daun salam
2 batang daun bawang (iris)
450 ml air

Cara membuat:
1. Rebus kerupuk selama 2 menit. Tiriskan. Masukkan dalam air agar tidak lengket.
2. Haluskan bumbu lalu tumis. Masukkan sayap dan bahan lainnya.
3. Aduk rata dan masukkan air serta daun salam. Tutup sebentar.
4. Setelah air habis, masukkan kerupuk. Aduk rata dan masak hingga air habis.

Siap-siap air minum, karena rasa pedasnya nendang banget!

Resep-resep tadi nggak sesulit yang kamu bayangkan, kok. Asal kamu mau kotor-kotoran di dapur, yakin deh kalau sayap ayam yang tadinya polosan, bakal syarat sama kelezatan. Good luck!