Setiap benda dibuat dan diciptakan dengan fungsinya masing-masing. Sesimpel atau sesederhana apapun bentuknya. Namun, ternyata banyak benda di sekeliling kita yang kebanyakan orang belum tahu fungsinya. Bisa jadi orang mengira benda-benda tersebut hanyalah sebuah hiasan atau asesoris yang nggak punya fungsi khusus.
Biar nggak penasaran, ini dia benda-benda yang nggak asing bagimu tapi kamu belum tahu apa fungsinya..

1. Tiga kancing besi di celana jeans yang disebut rivet punya fungsi khusus lebih dari sekadar hiasan, paku tembaga ini ternyata bisa memperkuat jahitan

apa sih fungsi lainnya? via genmuda.com

Sebagian orang mungkin nggak terlalu memperhatikan tiga kancing besi atau rivet di kantong celana jeans mereka. Rivet dianggap sebagai bagian dari desain saku celana agar celana jeans terlihat kokoh dan kuat.

Padahal, rivet ini merupakan inovasi dengan menambahkan paku keling tembaga untuk memperkuat jahitan celana pada bagian saku yang cenderung mudah sobek. Wah, ternyata 🙂

2. Lubang di sepatu converse berfungsi sebagai ventilasi, sedangkan pada running shoes dibuat untuk mencegah cidera kaki

Advertisement

dia lubang pada sepatu converse via i.ytimg.com

Tahukan kamu fungsi dua lubang di bagian tengah sepatu converse? Bukannya sebagai hiasan, dua lubang ini justru berfungsi sebagai aliran udara agar kaki nggak pengap.

dua lubang pada running shoes via damn.com

Sedangkan pada sepatu lari, berfungsi sebagai kuncian tali sepatu agar lebih kuat dan nggak mudah lepas dari simpulnya. Dengan begitu, kaki nggak mudah terlepas dari sepatu saat berlari kencang. Lubang ini juga dapat mencegah kaki dari cedera atau keseleo.

3. Inilah rahasia dibalik pemberian tonjolan pada huruf ‘F’ dan ‘J’ di keyboard

tonjolan pada huruf F dan J via www.neopress.in

Hampir semua keyboard baik PC maupun laptop, terdapat tonjolan di bagian huruf F dan J. Pernah Berpikir nggak kenapa?

Ternyata, fungsi dari tonjolan di kedua huruf itu adalah membantu meningkatkan kemampuan touch typing atau cara mengetik tanpa melihat tombol di keyboard. Huruf F itu sendiri, menjadi posisi paling tepat untuk meletakkan jari telunjuk kiri, sedangkan huruf J adalah tempat untuk meletakkan telunjuk kanan. Karena bantuan tonjolan ini, para pengguna dapat merasakan apakah jarinya sudah diletakkan di tempat yang tepat saat mengetik.

3. Ternyata, bagian berwarna biru pada penghapus dua warna bukan untuk menghapus tinta pulpen. Ini jawabannya

bukan untuk pulpen ternyata via img0.etsystatic.com

Bagian berwarna biru pada penghapus lawas ala 90-an ini ternyata bukan untuk menghapus tinta pulpen seperti yang dipercaya beberapa orang. Bagian biru tersebut untuk menghapus coretan dari pensil juga, namun pengunaannya untuk kertas bertekstur kasar atau grainy paper. Sehingga nggak memerlukan banyak tenaga untuk menghapusnya.

4. Lubang pada pegangan panci atau teflon nggak cuma berguna untuk menggantungnya di tembok, tapi juga untuk meletakkan spatula

nggak cuma buat digantung via i.imgur.com

Sejauh yang kita tahu, lubang yang terdapat di pegangan panci atau teflon sering digunakan untuk menggantungnya di tembok. Padahal, fungsi utamanya bukan itu. Lubang ini digunakan untuk meletakkan alat masak sejenis irus atau spatula agar sisa makanan yang menempel nggak mengotori tempat lain.

5. Saat membeli baju baru, biasanya kamu akan menemukan potongan kain dan kancing. Tahukah kamu fungsinya?

potongan kain dan kancing via s.kaskus.id

Jika kamu mengira fungsinya adalah sebagai patokan pencarian bahan jika baju tersebut akan dijahit atau mengganti kancing jika ada yang hilang, kamu belum sepenuhnya benar. Fungsi sebenarnya adalah untuk memeriksa efek detergen atau efek menyetrikanya dengan suhu tertentu bagi kain baju baru tersebut.

6. Bagi cewek, pasti sering keliru memasang bobby pin atau jepit rambut mirip lidi ini. Coba cek dulu!

yang bergerigi di bawah, ya! via www.prettygossip.com

Jepit rambut yang satu ini nggak asing lagi di mata para cewek. Jepit rambut yang dinamakan bobby pin ini digemari karena desainnya yang simpel. Tapi ternyata, masih banyak cewek yang belum tahu kalau bagian yang bergerigi harusnya ada di dalam rambut dan yang lurus di luar rambut. Fungsinya adalah supaya jepitannya lebih erat. Hayoo, kamu sudah benar belum memasangnya?

7. Klip kertas nggak cuma berfungsi untuk menjepit kertas, tapi juga mengait benda-benda tertentu agar nggak berantakan

bisa buat jepit kabel juga via starhub.i.lithium.com

Klip kertas punya banyak kegunaan selain untuk menjepit kertas, lho. Klip ini bisa berguna sebagai penyimpan kabel charger HP ataupun laptop agar tetap tersusun rapi dan nggak terbelit-belit. Wah, coba kalau tahu dari dulu!

8. Banyak orang berpikir bahwa lubang pada tutup pulpen berfungsi untuk menjaga keseimbangan agar tinta nggak bocor. Ternyata, ada maksud lain dibalik lubang ini

yang sering digigitin nih.. via garak.wimp.com

Tutup pulpen merupakan salah satu benda yang kerap digigit untuk mainan sehingga cepat rusak dan mudah hilang. Saking seringnya tutup pulpen ini digigit dan dijadikan mainan, sempat terjadi beberapa kasus yang menyebabkan tutup pulpen tertelan oleh pemiliknya. Tentu saja hal tersebut sangat berbahaya karena dapat melukai organ dalam serta menimbulkan masalah pernapasan.

Nah, lubang itu dibuat untuk mengantisipasi kasus nggak sengaja tertelan penutup pulpen. Dengan adanya lubang tersebut, maka ketika tertelan masih ada lubang yang dapat mengalirkan udara. Dengan situasi seperti ini, setidaknya korban yang tertelan ini masih dapat bertahan hingga tutup pulpen dapat dikeluarkan.

9. Simbol indikator bensin dan simbol segitiga di sampingnya pada mobil, punya fungsi lebih dari sekadar penunjuk meteran bensin

penunjuk arah pada indikator bensin mobil via i.ytimg.com

Setiap mobil pasti punya indikator bensin. Nah, penanda yang biasanya ada di bagian speedometer itu terdapat logo kecil berbentuk mesin pengisi bensin dan simbol segitiga di sampingnya. Simbol segitiga ini punya fungsi penting.

Arah yang ditunjukkan oleh segitiga ini adalah posisi di mana tutup tangki bensin berada. Hal ini akan sangat membantu ketika kamu menggunakan mobil pinjaman atau rental yang kamu sendiri belum tahu posisi tutup tangki bensinnya.

10. Bagian tutup pada kemasan minuman dingin atau cup nggak cuma sebagai penutup, tapi juga sebagai alas agar sebuah permukaan nggak basah

ternyata buat tatakan via s.kaskus.id

Jadi, selain berguna untuk tutup minuman agar nggak tumpah, ternyata tutup kemasan minuman dingin ini bisa diletakkan di bawah kemasan sebagai penyerap es yang mencair agar nggak meleleh kemana-mana. Itu sebabnya sudah telah terdapat garis-garis bulatan yang pas untuk meletakkan bagian bawah kemasan tersebut.

11. Bagian tutup pada kemasan permen Tic Tac atau Frozz dirancang agar bisa mengeluarkan permennya dengan mudah

begini lho kegunaannya.. via i.imgur.com

Buat kamu yang suka makan permen Tic Tac atau Frozz, sudah tahu belum kalau ternyata kemasannya dirancang agar konsumen bisa mengeluarkan permennya dengan mudah?

Caranya, kamu tinggal posisikan tutup kemasan saat ingin mengeluarkan isi permen dengan posisi terbalik. Setelah dibuka, permen tersebut akan otomatis keluar satu persatu tanpa harus tumpah.

12. Coba perhatikan lubang kecil di gembok, kira-kira untuk apa ya fungsinya?

lubang kecil di gembok via i.ytimg.com

Lubang ini ternyata berguna untuk saluran keluar masuk air jika gembok tersebut kemasukan air atau dipakai di lingkungan luar. Jika ada air di dalam gembok, bagian di dalamnya menjadi berkarat dan rusak.

Selain itu, lubang kecil ini juga berfungsi untuk meminyaki bagian dalam gembok sebagai pelumas agar selalu lancar dipakai.

13. Kamu mungkin nggak begitu mempedulikan apa fungsi dibalik silinder kecil pada kabel charger laptop. Padahal ini penting!

silinder ini ada fungsinya lho.. via cdn.wonderfulengineering.com

Setiap kabel yang terpasang pada laptop akan berfungsi sebagai antena. Kabel charger ini dapat memancarkan getaran laptop sebagai sebuah frekuensi dan mengambil sinyal, sehingga dapat menyebabkan gangguan.

Nah, supaya sinyalnya nggak kacau, kabel dipasangi silinder yang berisi ferrite, sebuah oksida besi atau karat besi yang dapat menghilangkan gangguan sinyal ini. Silinder kecil yang disebut ferrite bead ini adalah cara paling simpel dan hemat biaya untuk mencegah adanya gangguan sinyal di antara berbagai benda elektronik yang ada di sekitarmu.

14. Kamu bisa meletakkan sedotan di lubang pembuka pada kemasan minuman kaleng. Siapa nih yang baru tahu?

buat penjepit sedotan via 3.bp.blogspot.com

Sebenarnya bagian berlubang dari pembuka kaleng ini berguna untuk meletakkan sedotan dan menguncinya agar nggak kemana-mana. Hmmm, ternyata ada makna dibalik hal yang sempat nggak terlalu dipedulikan 🙂

15. Fungsi lain lubang dan gerigi pada bagian ujung meteran roll. Meskipun jarang menggunakannya, at least kamu bisa menjelaskan ketika ditanya

lubang dan gerigi pada meteran via i.ytimg.com

Fungsi lubang pada ujung meteran ini adalah untuk mengaitkannya pada paku ataupun sekrup ketika digunakan. Jadi, nggak perlu minta bantuan orang lain ketika kamu menggunakannya sendiri, ‘kan bagian ujungnya bisa dikaitkan dengan paku atau sekrup.

Sedangkan fungsi geriginya adalah untuk menandai bagian yang telah kamu ukur. Jadi ketika pindah tempat, nggak bingung lagi ‘kan di mana tempat pengukuran sebelumnya.

16. Pernahkah kamu membayangkan apa fungsi karet pada tutup botol soda? Biasanya dibuat mainan pada zaman dulu

karet pada tutup botol soda via thumbs4.picclick.com

Ternyata, karet yang menempel pada bagian dalam tutup botol soda berfungsi untuk menjaga tingkat karbonasi soda agar tetap terjaga sebelum dikonsumsi. Selain itu juga memperkuat tutup botol supaya nggak mudah selip atau tumpah.

17. Lalu, apa fungsi lubang kecil pada jendela pesawat?

lubang di jendela pesawat via img.buzzfeed.com

Lubang tersebut digunakan untuk mengatur jumlah tekanan yang lewat di antara panel dalam dan luar jendela itu. Karena jika kamu perhatikan dengan jeli, kaca pesawat nggak hanya memiliki satu panel, melainkan ada dua hingga lebih sehingga membuat kaca semakin kuat.

Dengan kata lain, kegunaan lubang kecil ini adalah untuk memastikan saat terjadi suatu tekanan dari luar jendela, maka panel luar lah yang akan menanggung tekanan tersebut. Sehingga penumpang masih bisa bernapas dengan baik. Selain itu, lubang tersebut juga memiliki fungsi untuk membantu kaca terhindar dari embun yang terjebak di antara panel kaca.

Nah, sekarang kamu tahu ‘kan, ternyata beberapa benda-benda di atas memiliki fungsi tersendiri dengan cara pemakaiannya masing-masing. Jangan sampai keliru atau menyia-nyiakan fungsinya lagi, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!