Stres memang menyebalkan, apalagi stres bisa datang bahkan tanpa kita sadari. Sementara, tubuh sudah didesain sedemikian rupa untuk melindungi kita dari bahaya. Sehingga, saat ada yang tidak beres, tubuh pun akan langsung bereaksi.

Stres tidak lantas datang karena hal-hal yang mengerikan. Terkadang masalah sehari-hari seperti ketatnya deadline pekerjaan, kurangnya waktu istirahat, dan minimnya kesempatan untuk liburan juga bisa mempengaruhi kondisi psikismu.

Nah agar stres itu tidak semakin parah dan berakibat pada penyakit-penyakit mengerikan seperti jantung, darah tinggi, hingga depresi akut – mulailah mengurangi stres dalam diri. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengenali tanda-tandanya berikut ini!

1. Kamu mengalami stres jika sering merasa panik sehari-hari. Untuk mengatasinya, lakukan terapi pernafasan yang sederhana ini!

kamu sering merasa panik via www.mycity-web.com

Bagimu, rasa panik mungkin adalah perasaan yang wajar. Saat berhadapan dengan atasan atau tekanan pekerjaan, rasa panik seringkali muncul dan membuatmu kerepotan. Tapi apakah wajar jika rasa panik itu sering muncul sehari-hari? Tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena rasa panik yang intensitasnya sering adalah tanda bahwa kamu mengalami stres.

Advertisement

Kendalikan rasa panikmu dengan terapi pernafasan yang bisa kamu lakukan sendiri. Saat rasa panik menyerang, segeralah pergilah ke kamar mandi atau pantry di kantormu. Letakkan satu tangan di perut dan satu lagi di dada, lalu mulai atur pernafasanmu dengan perlahan-lahan. Mulailah bernafas dengan hitungan tetap dari hidung dan keluar di mulut. Fokuslah hanya pada pernafasanmu dan ulangi terus-menerus sampai kamu merasa lebih tenang.

2. Salah satu gejala stres adalah rasa cemas yang berlebihan. Akibatnya, kamu akan mengalami kesulitan untuk memfokuskan pikiran.

sulit untuk fokus via www.businessinsider.com

Selain mudah panik, gejala stres lainnya adalah munculnya rasa cemas. Rasa cemas yang berlebihan akan membuatpikiranmu kacau dan sulit untuk fokus. Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjauhkan diri dari layar ponsel dan laptopmu. Di awal hari, cobalah untuk membuat daftar 5 pekerjaan yang harus kamu lakukan. Saat bisa menyelesaikan semuanya tepat waktu, rasa percaya dirimu pun akan tumbuh. Sehingga saat berhadapan dengan tugas-tugas baru nantinya, kamu bisa lebih fokus dan tidak mudah cemas.

3. Dahi yang banyak kerutan dan bahu yang tegang adalah peringatan. Itulah tanda-tanda paling kentara bahwa kamu mengalami stres dan tekanan.

tubuhmu butuh rileks via daisyhood.tumblr.com

Sesekali cobalah untuk mengamati tubuhmu sendiri. Amati apakah kerutan-kerutan di dahimu bertambah atau lebih banyak dari biasanya? Lalu, gerakkan bahumu dan rasakan apakah keduanya terasa tegang karena stres yang kamu alami memang berpengaruh pada otot dan persendian?

Nah jika jawabannya iya, tandanya kamu memang mengalami stres. Untuk membantu tubuh merilis stres, lakukan sesuatu yang membuat tubuhmu rileks. Misalnya dengan melakukan relaksasi yang bisa kamu buat di rumah, bisa dengan berendam air panas, scrubbing, atau menggunakan aromaterapi.

4. Waspadalah kalau kamu sering bolak-balik ke kamar mandi. Gangguan pencernaan bisa jadi bukti kalau tingkat stres yang kamu alami sudah tinggi.

kamu jadi gampang mulas via ohmyveggies.com

Pada beberapa kasus, stres juga bisa berpengaruh pada organ pencernaan. Stres dan tekanan membuatmu mengalami gangguan pencernaan hingga harus bolak-balik ke kamar mandi. Kembung dan sembelit adalah yang paling sering terjadi, termasuk juga mulas dan mual yang mengakibatkan kamu selalu merasa ingin muntah. Untuk sedikit meringankannya, kamu bisa mencoba terapi sederhana dengan mengkonsumsi teh jahe. Rasa hangat dan segar serta aroma jahe yang menenangkan akan mengulangi rasa mual dan gejolak dalam perutmu.

5. Jangan anggap sepele soal insomnia. Kesulitan tidur adalah tanda bahwa kamu sedang stres dan butuh terapi segera!

gangguan tidur atau insomnia via www.cosmo.am

Banyak orang yang ternyata mengalami insomnia dan tidak berusaha untuk menyembuhkannya. Padahal, kesulitan tidur ini adalah salah satu gejala stres yang apabila dibiarkan terus-menerus akan berakibat fatal. Yang pasti, kurangnya waktu tidur akan membuat tubuh tidak fit dan lemas.

Menurut The Chicago Tribune, insomnia memang tidak semata-mata disebabkan karena stres tapi bisa juga karena hormon melatonin yang tidak seimbang dan kebiasaan dalam menggunakan gadget saat malam hari. Dan cara paling manjur untuk menyembuhkan insomnia adalah dengan menjauhkan gadget dari jangkauan tanganmu.

6. Stres bisa berdampak pada bertambahnya nafsu makan. Jika terus dibiarkan, tubuhmu dijamin makin lebar.

masalah berat badan via parade.com

Nah ini dia gejala stres yang sebenarnya paling berbahaya khususnya buat para cewek. Department of Psychiatry at the University of Southern California merilis hasil penelitian yang menyebutkan bahwa, stres umumnya akan mengurangi nafsu makan tapi di beberapa kasus justru bisa juga meningkatkan nafsu makan. Misalnya saat seseorang merasa stres, ia cenderung ingin melakukan sesuatu yang menyenangkan seperti makan cokelat atau pizza. Dan apabila tidak dikendalikan, keinginan-keinginan itu dapat berakibat bertambahnya berat tubuhmu secara drastis.

Memperhatikan tanda-tanda atau gejala-gejala stres yang mungkin kamu alami memang penting. Karena ketika sudah mengenalinya, kamu bisa segera membantu membebaskan dirimu sendiri dari stres yang berbahaya. Nah, gimana? Sudah siap mencoba tips-tips sederhana di atas?