Di akhir tahun 2016, banyak sekali destinasi di Indonesia yang nge-hits dan jadi jujugan traveler. Sebut saja Gereja Ayam-nya AADC 2, Hutan Pinus Mangunan, Jogja, Dieng dengan hajatan akbar Dieng Culture Festival, dan juga Pantai Ora, sekeping surga yang menyelinap di belantara Pulau Seram, Maluku. Masih banyak lagi tempat wisata yang booming di tahun ini. Semoga juga tetap ramai di tahun depan ya.

Nah, memasuki bulan ketiga di tahun 2017 ini, kira-kira destinasi mana saja ya yang bakal nge-hits nih? Biar bisa jauh-jauh hari nyiapin tabungan dan cuti tahunan buat liburan ke sana. Tenang, nggak usah khawatir. Hipwee Travel bakal kasih prediksi 9 destinasi wisata yang bakal nge-hits di tahun ini. Penasaran? Simak dan catat ya, hehe…

1. Dimulai dari Jogja, Spot Riyadi di bukit selatan Prambanan memang sudah ada cukup lama. Namun, tahun depan bakalan nge-hits banget…

Spot Riyadi via twitter.com

Spot Riyadi adalah sebuah tempat di bukit yang menyajikan pemandangan Candi Prambanan dan persawahan di sekitarnya yang indah. Tempat ini cocok banget buat hunting sunrise maupun sunset, tapi yang jelas Spot Riyadi adalah tempat yang cocok buat berfoto-foto dengan pemandangan yang menentramkan jiwa. Kenapa Spot Riyadi bakal nge-hits? Karena traveler sudah bosan dengan Prambanan dan Ratu Boko dan mencari destinasi di sekitarnya. Tahun ini Tebing Breksi yang tak jauh dari Boko sudah jadi destinasi kekinian. Nah, Spot Riyadi juga berdekatan letaknya, namun baru-baru ini saja baru dikenal. Pengunjung yang datang ke Tebing Breksi akan datang pula ke Spot Riyadi. Toh dekat dan gratis lagi.

2. Sudah jenuh dengan Kuta dan Sanur, traveler akan menyingkir dari hiruk pikuk kota dan memilih menenangkan diri ke Nusa Penida

nusa penida via www.instagram.com

Advertisement

Tahun ini bisa dikatakan tahun di mana banyak orang yang ingin ke Nusa Penida. Potret di Instagram yang menggambarkan keindahan Nusa Penida bikin orang-orang penasaran. Apalagi destinasi wisata di sana nggak sembarangan. Pantai Kelingking mirip gugusan Kepulauan Raja Ampat, Angel Billabong kolam renang alami di tepi laut hingga Broken Beach yang memukau dengan tebing berlubangnya. Belum lagi ditambah keindahan bawah lautnya yang diklaim terbaik di Bali. Percayalah, Nusa Penida adalah destinasi yang sempurna untuk berlibur bersama kekasih tersayang. Pulau ini bakal seru di tahun 2017!

3. Masih di Bali, Danau Buyan dan Tamblingan di Wanagiri, Buleleng berpotensi heboh di tahun 2017. Selain instagrammable, pemandangannya benar-benar memesona!

danau buyan via www.instagram.com

Danau Buyan dan Tamblingan sering disebut danau kembar karena lokasinya yang berdekatan. Berada di Kabupaten Buleleng, kedua danau ini terletak di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut bikin suasana sejuk dan menenangkan. Kamu boleh banget camping di sana lho. Ada lokasi khusus yang disediakan untuk berkemah.

Bukan cuma danaunya yang oke sih, di atas bukit Wanagiri, ada ayunan yang kece dengan view Danau Buyan. Oke nggak tuh? Percaya deh, destinasi ini bakal terkenal di tahun 2017. Sebelum ramai banget, mending ke sana dulu yuk!

4. Dari Pandeglang Banten, ada Curug Tahura yang pesonanya luar biasa. Warga Banten dan Jabodetabek pasti segera kepengen ke sana…

curug tahura via www.instagram.com

Dijuluki The Little Green Canyon, Curug Tahura memang pantas menyandang predikat sebagai penantang Green Canyon Pangandaran. Curug yang terletak di Pandeglang – Banten ini bukan seperti curug lainnya yang titik keindahannya ada di tebing dengan aliran airnya. Daya tarik curug ini justru ada di sungai dibawahnya. Di mana sungainya mengalir di antara himpitan tebing batu tinggi juga berkelok-kelok. Cobain deh ke sana, liburan keren yang nggak jauh dari ibukota.

5. Spot diving di Sulawesi yang bakal ramai tahun 2017 adalah Taman Nasional Wakatobi. Gugusan kepulauan bak surga bawah laut…

wakatobi via www.wakatobi.com

Wakatobi adalah gugusan kepulauan di tenggara Sulawesi yang merupakan singkatan dari empat pulau, Wangi-wangi, Kaleidupa, Tomia dan Binongko. Taman nasional seluas 1,39 juta hektar ini mempunyai keanekaragaman hayati yang luar biasa. Selain pantai-pantainya yang indah, Wakatobi menyimpan kekayaan bawah laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan berwarna-warni dengan ekosistem yang masih terjaga. Tahun 2017 Wakatobi akan lebih populer karena pemerintah sudah menjadikan Wakatobi sebagai destinasi andalan.

6. Kawasan Pantai di selatan Lombok yang disebut Mandalika, bakalan populer di tahun depan. Maklum, pemerintah sudah mencanangkan kawasan ini akan jadi andalan pariwisata Indonesia…

Pantai Seger via www.fakruljamil.com

Kawasan Mandalika merupakan tempat putri dari legenda Suku Sasak yang terjun ke laut. Kawasan ini mempunyai beberapa pantai dengan pasir putih halus, sebut saja Kuta, Tanjung Aan, Seger hingga Selong Belanak. Dipusatkan di Pantai Seger, setiap tahun ada ritual tahunan Festival Bau Nyale, festival di mana masyarakat setempat mencari cacing nyale. Tahun 2017 bakal lebih semarak di Mandalika setelah pemerintah akan mengembangkan kawasan ini sebagai andalan pariwisata di Lombok.

7. Setelah ditutup sekian lama akibat erupsi, kini traveler yang nggak bisa mendaki Rinjani memilih untuk mendaki Bukit Pergasingan di Sembalun. View dan sunrise-nya memang juara!

bukit pergasingan via www.instagram.com

Bukit Pergasingan berada tepat di lereng Gunung Rinjani, tepatnya di Kecamatan Sembalun. Sembalun merupakan pintu gerbang pendakian Rinjani dari Lombok Timur. Dengan ketinggian 1200 mdpl, Sembalun jadi tempat yang dingin sekaligus indah karena dikepung bukit-bukit yang menghijau. Akibat Gunung Rinjani sering ditutup karena erupsi dan musim hujan di awal tahun, maka diyakini Bukit Pergasingan inilah yang bakal ramai tahun 2017. Mendaki bukit yang tidak terlalu tinggi jadi opsi menarik ketika Rinjani tak mampu tergapai. Toh view sawah berkotak-kotak dengan sunrise yang indah sudah cukup untuk update di Instagram kamu!

8. Labuan Bajo adalah destinasi impian yang selalu diidamkan wisatawan. Dengan adanya penerbangan langsung dari Jakarta mulai Oktober lalu, masa depan wisata di Pulau Komodo dan sekitarnya akan cerah di tahun 2017!

Kota nelayan di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini kian berkembang pesat. Seiring dengan kemajuan wisata di Kepulauan Komodo, Labuan Bajo pun kini bersolek untuk menyambut wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Destinasi ajaib macam Pulau Padar, Pulau Kelor, Kanawa, Pink Beach sampai hewan purba Komodo Dragon semakin menasbihkan Labuan Bajo sebagai destinasi andalan tahun 2017. Apalagi penerbangan dari Jakarta sudah dibuka tanpa transit pada Oktober 2016. Sebelumnya semua traveler yang mau ke Labuan Bajo harus berangkat dari Bali.

9. Terakhir, salah satu surga dari tanah Sumba, Weekuri Lagoon siap mendunia!

weekuri lagoon via breaktime.co.id

Semakin ke timur, keindahan alam Indonesia makin tak terbantahkan. Kalau tak percaya tonton deh film Pendekar Tongkat Emas yang mengekspose panorama alam Sumba yang luar biasa indahnya. Salah satu destinasi yang bakal booming adalah Weekuri Lagoon. Airnya sebening kaca dengan pemandangan yang aduhai. Duh rasanya pengen nyebur aja deh. Nggak percaya, jadikan Sumba sebagai destinasi penjelajahanmu berikutnya!

Oke, dari 9 destinasi yang keren abis ini, manakah yang bakal kamu datangin di tahun 2017? Setidaknya satu dari daftar ini harus kamu kunjungi ya. Biar makin sah jadi traveler hits, hehe.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya