Tidak akan ada habisnya jika kita ingin membicarakan objek wisata Indonesia. Kali ini, Hipwee akan membahas tentang kota kecil berhawa sejuk yang terletak diantara kabupaten Ungaran dan Boyolali: Salatiga, kota yang berada di kaki gunung Merbabu di Jawa Tengah.

Walau tak digadang-gadang sebagai kota destinasi wisata, Salatiga sebenarnya punya begitu banyak keindahan alam yang membuatnya layak disebut sebagai salah satu kota wisata terbaik di Indonesia. Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, objek wisata yang terletak di kota dengan 4 kecamatan ini didominasi oleh destinasi wisata bernuansa pegunungan, dengan hawa yang sejuk dan masih alami. Mana sajakah itu? Yuk, kita bongkar satu persatu.

1. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Ancol untuk menikmati wahana bermain yang seru. Atlantic Dreamland cukup untuk memuaskan hasratmu.

Rasakan keseruan Atlantic Dreamland via kotawisataindonesia.com

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Jakarta untuk menikmati wahana bermain seperti yang terdapat di Ancol. Di kota kecil ini kamu dapat menemukan Atlantic Dreamland, tempat wisata favorit warga sekitar menghabiskan waktu bersama keluarga. Kamu bisa menikmati berbagi wahana yang ditawarkan, seperti kolam renang, waterboom, bom-bom car, roller coaster, game center, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang hobi memacu adrenaline, flying fox atau menyusuri trek off-road dengan mengendarai ATV bisa kamu lakukan di sini. Dengan harga tiket yang terjangkau mulai dari Rp. 8.000 – Rp. 20.000 atau tiket terusan seharga Rp. 40.000, kamu bisa menikmati objek wisata yang telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti, masjid, tempat istirahat, dan lahan parkir yang luas ini.

2. Berargo wisata di Salib Putih, menyaksikan keindahan Rawa Pening serta sejuknya udara perkebunan teh.

Advertisement

Keindahan kawasan argowisata Salib Putih via pondokremajasalatiga.wordpress.com

Kawasan argowisata ini terletak tepat di kaki Gunung Merbabu atau sekitar 4 km dari pusat kota Salatiga. Lokasi yang bisa ditempuh selama 15 menit dari kota ini terkenal karena kesejukan, keasrian, dan pemandangan indah yang ditawarkan. Dari sini, kamu bisa dengan jelas menyaksikan pemandangan Rawa Pening dan kota Salatiga yang menghampar di kejauhan, yang akan menyegarkan dan memanjakan indera penglihatanmu. Nama “Salib Putih” sendiri merupakan nama desa yang berada di sekitar tempat wisata ini.

Selain menjadi objek wisata Salatiga, tempat dengan luas area sekitar 5 hektar ini juga sering digunakan untuk pelatihan, outbond, maupun berbagai acara seminar. Bahkan, kamu dapat menjadikannya sebagai tempat dilangsungkannya pesta pernikahanmu kelak.

3.  Sejukkan mata dengan mengunjungi air terjun Umbul Songo, lengkap dengan pohon hijau di sekelilingnya.

Sejuknya air terjun Umbul Songo via infokopeng.blogspot.com

Walaupun secara administratif tidak termasuk bagian dari Salatiga, air terjun yang berada di ketinggian 1.450 mdpl ini layak kamu kunjungi ketika vakansi ke Salatiga. Air terjun ini diapit oleh gunung Telomoyo, Andong, dan Merbabu dengan tinggi sekitar 15 meter dengan aliran air yang tidak bergitu deras, ornamen alam di sekitarnya dapat menyejukkan mata para pelancong yang menghabiskan waktu liburannya di sekitar Salatiga.

Air terjun ini lebih tepatnya terletak di komplek wana wisata Kopeng, desa Kopeng, kecamatan Getasan. Jaraknya dari pusat kota Salatiga yang hanya 15 km, telah menjadikannya bagian dari destinasi wisata di kota ini. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000, fasilitas yang tersedia cukup lengkap seperti adanya area parkir yang luas, taman bermain, musholla, kamar mandi, dan juga bumi perkemahan.

4. Rasakan segarnya kolam renang tanpa kaporit di pemandian alam Muncul.

Kolam renang tanpa kaporit via www.yukpiknik.com

Biar badan kamu yang capek menjadi segar kembali, tak ada salahnya jika kamu mencoba untuk berenang di pemandian air alami Muncul yang terletak di kawasan Desa Rowobani, kecamatan Banyubiru. Sekitar 9 km dari pusat kota Salatiga. Yang membedakan pemandian yang memiliki kolam renang dengan lebar 20 x 40 m ini dengan kolam renang biasanya adalah airnya yang tak berkaporit, alias berasal dari mata air alami yang berada di dasar kolam, sehingga tak mengherankan jika airnya benar-benar mampu menyegarkan tubuh kita yang kelelahan. Kesan alaminya semakin terasa ketika ikan-ikan kecil ikut menemanimu berenang di lokasi ini.

Bagi kamu yang malas berenang, kamu bisa mengunjungi tempat pembibitan dan pemancingan ikan yang berada satu komplek dengan pemandian tersebut, jangan lupa untuk menikmati makanan khas Salatiga yang dijual di sini.

5. Berenang sambil menikmati pemandangan dari puncak bukit di Umbul Sidomukti.

Berenang dengan pemandangan yang menakjubkan via www.telusurindonesia.com

Jika berkunjung ke Salatiga, wajib hukumnya kamu berkunjung ke Umbul Sidomukti yang menawarkan panorama alam yang sangat indah. Lokasinya terletak di pinggir jurang, jika tidak berkabut kamu dapat menyaksikan pemandangan lembah Ungup yang mempesona, lengkap dengan terasiring sawah, hutan pinus, dan awan yang seolah-olah dekat dengan kita. Terdapat kolam renang unik yang bersumber dari mata air alami yang menyembur ke atas tiap beberapa menitnya, kolam renang dengan bebatuan alami yang menyusunnya ini memiliki 4 tingkatan yang disusun sesuai dengan tingkat kedalamannya. Begitu segar, dingin, bersih, lengkap dengan udara pegunungan yang asri, membuat kamu betah berlama-lama di sini.

Kamu juga dapat menikmati wahana flying fox yang memiliki panjang rute sekitar 110 meter dengan ketinggian 70 meter. Pemandangan indah akan memanjakanmu ketika berpindah dari satu sisi jurang ke sisi yang berseberangan. Cukup dengan tiket masuk seharga Rp. 8.000 dan Rp. 12.000 untuk menikmati keseruan flying fox.

6. Mengunjungi Salatiga kurang lengkap rasanya jika kamu melewatkan Kopeng.

Bagai ke Malang tanpa mengunjungi Batu via tidarindah.blogspot.com

Untuk mengakhiri vakansimu ke Salatiga, tidak afdhol rasanya jika kamu melewatkan wana wisata yang satu ini. Kopeng, sebetulnya tidak termasuk ke dalam wilayah administratif kota Salatiga, tapi keberadaannya bagaikan sejoli dengan kota Salatiga, bagaikan daerah Batu di Malang. Hanya berjarak sekitar 14 km dari pusat kota Salatiga.

Di sini kamu bisa menikmati wisata alam khas pegunungan, hamparan bunga atau kebun stroberi. Berkuda juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang senang dengan hewan yang satu ini. Wana wisata yang terletak di lereng Gunung Merbabu ini merupakan lokasi ideal untuk digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga, perkemahan, outbond, dan acara rapat serta seminar institusi tertentu.

Dari sini jugalah biasanya, para wisatawan yang gemar mendaki gunung akan memulai perjalanannya menyusuri kemegahan Gunung Merbabu.

Itulah destinasi wisata yang dapat menghilangkan keraguanmu akan keindahan Salatiga, hawanya yang sejuk dan jauh dari polusi memang menjadi magnet lain kota yang dapat kamu tempuh selama 45 menit dari Semarang dan 1 jam dari Surakarta ini. Mulai saat ini, jangan lagi ragu untuk menjadikan Salatiga sebagai destinasi liburanmu. Punya destinasi wisata tersembunyi di Salatiga yang belum terjamah oleh banyak orang? Yuk berbagi dengan pembaca lain di komentar.