Liburan, bagi beberapa orang mungkin berarti harus keluar rumah dengan tas penuh berisi kebahagiaan. Tapi, nggak ada salahnya juga kamu yang akan menghadapi liburan, nggak perlu melulu keluar rumah. Apalagi kalau kamu jomblo. Atau, karena justru kamu jomblo, makanya kamu nggak mau liburan ke luar rumah?

Nggak mau keluar rumah, bukan karena statusnya sebagai jomblo. Melainkan memang mereka lebih suka menikmati malam di rumah saja sembari nonton TV. Berbicara soal jomblo dan TV, Hipwee Travel jadi teringat akan acara atau program TV yang merekomendasikan kita untuk berwisata…malam. Ya, apalagi kalau bukan program mistis di stasiun TV swasta pada zaman kamu masih imut-imut. Kali ini Hipwee Travel akan bantu kamu untuk bernostalgia dengan ‘promis’-nya anak-anak tahun 90an yang masih terkenang dengan hangat diingatan.

Kismis atau Kisah Misteri yang tayang di RCTI setiap minggu. Pelopor program misteri di TV se-Indonesia

#DHEG! *salah gambar* via kismiskaskus.blogspot.com

Dibawakan oleh host cantik Caroline Zachrie, promis yang lahir pada 2003 ini digadang-gadang sebagai promis pertama yang ada di Indonesia. Promis miliki RCTI ini dulu memang paling laris, hingga bertahan kurang lebih 3 tahun. Acara ini nggak cuma menyajikan penampakan aja, tapi sebuah kisah urban legend yang disertai ilustrasi dan dramatisasi.Masih ingat nggak kamu salah satu ceritanya?

Setiap dengar tagline “Uka-Uka”, apa yang kamu bayangkan? Aktor Torro Margens yang antagonis atau bayangan-bayangan makhluk astral yang beterbangan?

Raawwrr! via www.youtube.com

Advertisement

Kalau acara satu ini pasti nggak pernah lupa dong ya? Siapa sih anak generasi 90an yang bisa lupa dengan tagline “Uka-Uka”? Legendaris banget, ‘kan? Lalu untuk pembawa acaranya, kamu ingat, siapa? Ya, adalah aktor kawakan Torro Margens yang biasanya berakting sebagai tokoh antagonis di beberapa filmnya yang kemudian digantikan oleh Ismail Syahif. Promis ini juga menyajikan penampakan-penampakan yang menurut kita dulu itu terlihat sangat nyata dan menilainya sebagai promis terbaik di eranya. Selain itu, selalu ada tempat baru yang akan diulasnya untuk episode berikutnya. Kan selalu bikin kita penasaran. Ya, nggak sih?

Masih ingat stasiun TV bernama Lativi? Inilah tempatnya para Pemburu Hantu beraksi

Memburu hantu. 😐 via pemburuhantulativi.blogspot.com

Menangkap hati gebetan saja susanya minta ampun, ya? Apalagi yang dilakukan host dan paranormal yang seperti Kyai Syarif Rahmat, Ustd. Lukman, Ustd. Somad, Salehfudin, dan yang lainnya? Mereka memburu dan menangkap hantu! Dan, yang menjadikan promis ini lebih keren adalah ketika promis ini ditayangkan secara langsung, tanpa iklan! Makin makin deh degdegannya.

Tahu kan misteri dan film Rumah Pondok Indah? Promis “Percaya Nggak Percaya” ANTV inilah yang pertama menyiarkan penampakannya

Angker lho! via 5berita.com

Dikomandoi oleh Leo Lumanto dan Arzetti Bilbina, promis yang disiarkan oleh ANTV ini makin melejit namanya setelah mereka mampu menjadi promis pertama yang berhasil menayangkan penampakan hantu di perumahan mewah Pondok Indah, Jakarta. Dari sinilah muncul film dengan judul sama yang makin membuat rumah di kawasan elit Jakarta ini makin terkenal akan keangkerannya. 😀

Masih ingat dengan acara dialog manusia dengan makhluk tak kasat mata? Dua Dunia.

Kalau acara ini, agak sedikit berbeda dengan promis lainnya, dan tergolong masih belum terlalu tua. Promis yang dikomandoi oleh Indah Ananta ini menampilkan sebuah dialog antara manusia dengan makhluk tak kasat mata, yang menurut kita yang masih polos itu merupakan adegan yang sangat menegangkan. Dialog tersebut seperti mencoba untuk mengungkap mitos yang ada di daerah yang mereka kunjungi tersebut. Gokil sih ini, tapi serem juga!

Bukan sebatas wisata malam, melainkan wisata kehidupan. Masih ingat acara Rahasia Illahi di TPI yang bisa membuatmu lebih dari takut

Acara dari TPI ini jelas akan membuatmu lebih dari takut. Bukan sekadar wisata malam, melainkan wisata kehidupan. Masih ingat dengan sinteron Rahasia Illahi di TPI? Sinetron yang ada sejak 2004 ini diangkat berdasarkan kisah nyata yang ada di majalah Hidayah yang memuat cerita tentang siksa api neraka dan sebagainya. Di akhir cerita, ada sebuah pesan moral dan agama yang disampaikan pada penonton tentang cerita tersebut. Bagi kita yang waktu itu masih kecil, jelas ini acara yang sangat program acara TV yang sangat menakutkan.

Nah, itulah beberapa program misteri zaman dulu yang cukup mendebarkan bagi kita. Mana yang menurutmu paling mencekam dan ngangenin? :p

Lihat kisah mistis lainnya dari sang Nyai Damar, @sarawijayanto.