Bersama Good Doctor, AXA Financial Indonesia Luncurkan Layanan Telekonsultasi Kesehatan Mental Gratis

Layanan Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA

Kesehatan mental jadi isu yang sangat disoroti pada masa pandemi Covid-19 ini. Pasalnya, situasi yang serba nggak pasti ini berdampak pada masalah kesehatan mental yang terus meningkat. Perhimpunan Dokter Spesialis Jiwa Indonesia (PDSJI) lewat survei self check terhadap 4.010 responden, mendapatkan 65% responden mengaku mengalami kecemasan, 62% mengalami depresi, dan 80% menunjukkan gejala trauma psikologis terkait pandemi.

Advertisement

Nah, dalam penanganannya, berkonsultasi dengan ahli memang langkah paling tepat alih-alih mendiagnosis diri sendiri. Tapi kenyataannya, masih banyak orang yang enggan melakukannya. Entah karena stigma negatif yang sering disematkan kepada orang dengan masalah kesehatan mental, atau karena keterbatasan akses. Salah satu solusi untuk persoalan ini adalah hadirnya layanan konsultasi online terkait kesehatan mental, seperti yang diluncurkan AXA Financial Indonesia bersama Good Doctor bernama “Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA”.

Layanan Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA bisa diakses secara gratis oleh pemegang polis asuransi AXA Financial Indonesia

Presiden Direktur AXA Financial Indonesia, Niharika Yadav (dok. AXA Financial Indonesia) via axa.co.id

Peluncuran layanan “Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA” merupakan salah satu langkah kontribusi untuk memberikan solusi terhadap masalah kesehatan mental, yang jadi kian penting dalam situasi pandemi. Layanan ini dihadirkan secara gratis khusus bagi para pemegang polis asuransi AXA Financial Indonesia. Dalam praktiknya, Good Doctor sebagai penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis bisnis digandeng untuk menjawab setiap pertanyaan kesehatan mental pengguna asuransi AXA Financial Indonesia.

Presiden Direktur AXA Financial Indonesia, Niharika Yadav, mengatakan bahwa dengan hadirnya layanan ini diharapkan bisa mendorong nasabah AXA Financial Indonesia untuk mendapatkan bantuan profesional dan pemeriksaan kesehatan mental dengan tepat.

Advertisement

“Melihat adanya kebutuhan dan keterbatasan nasabah di masa pandemi ini, AXA Financial Indonesia berupaya untuk terus mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan nasabah. Untuk itu, kami bekerja sama dengan Good Doctor, perusahaan telekonsultasi terkemuka, untuk memberikan solusi yang menawarkan kemudahan, keamanan dan akses, yang didapat melalui platform digital yang profesional, memiliki kredibilitas dan berkualitas,” ujar Niharika dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima, Kamis (15/10/2020).

Layanan telekonsultasi ini bisa jadi ruang aman bagi mereka yang butuh konsultasi kesehatan mental

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana (dok. AXA Financial Indonesia) via axa.co.id

Sementara Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana, mengatakan bahwa lonjakan masalah kesehatan mental memang terjadi di masa pandemi ini. Ia mencatat saat ini jumlah konsultasi di aplikasi Good Doctor meningkat hingga tujuh kali lipat di banding masa awal pandemi. Namun, faktanya saat ini masih terjadi ketimpangan ketersediaan tenaga psikolog di Indonesia, yang hanya punya satu psikolog untuk melayani 90.000 orang. Oleh karena itu ia mengatakan, teknologi bisa diandalkan untuk menjangkau lebih banyak individu yang butuh bantuan tenaga profesional kesehatan mental melalui ponsel.

Advertisement

“Kami percaya bahwa dengan teknologi, kami dapat menjangkau lebih banyak individu yang membutuhkan bantuan tenaga profesional kesehatan mental cukup melalui smartphone. Melalui kemitraan strategis kami dengan penyedia asuransi AXA Financial Indonesia, layanan telemedis Good Doctor dalam GrabHealth bisa menjadi “ruang yang aman” bagi mereka yang membutuhkan konsultasi kesehatan mental, karena layanan konsultasi kami tersedia 24/7 dan dapat langsung menghubungkan pengguna dan mitra psikolog klinis secara privat,” ujar Danu.

(dok. AXA Financial Indonesia) via axa.co.id

Melalui layanan Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA, pemegang polis AXA Financial Indonesia bisa mengajukan segala pertanyaan yang akan difasilitasi Good Doctor terkait masalah kesehatan mental mencakup konsultasi tanpa batas dengan Dokter Umum, dan tiga kali konsultasi dengan psikolog dalam kurun waktu tiga bulan.

Layanan ini bisa diakses melalui fitur “Kesehatan” dalam aplikasi Grab. Sebelum bisa melakukan konsultasi, pemegang polis AXA Financial Indonesia perlu melakukan validasi akun terlebih dahulu di layanan Good Doctor dalam GrabHealth melalui pilihan menu “Get Insurance Benefits” atau “Ambil Manfaat Asuransi” pada halaman utama. Pengguna dapat memilih AXA di bagian “Insurance & Corporate” atau “Asuransi dan Perusahaan” kemudian masukan nomor polis dan data pribadi untuk validasi akun. Selanjutnya setelah validasi akun selesai, pengguna dapat memilih “Telusuri Dokter Kami” dan memilih menu “Priority Doctor” untuk berkonsultasi dengan Dokter Umum, atau pilih menu “AXA Mental Health” untuk konsultasi dengan Psikolog Klinis.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE