10 Fobia Aneh Tapi Nyata, Mulai Takut sama Hembusan Angin Sampai Takut Warna Kuning! Wow, Bisa ya~

Fobia aneh tapi nyata

Setiap orang di dunia ini mungkin punya ketakutan tersendiri terhadap sesuatu, entah itu binatang, hantu, benda mati, tokoh, atau suatu kondisi tertentu. Sebagian mungkin ada yang udah sering kita dengar dan jadi hal yang biasa bahkan wajar, kayak orang takut sama hantu, binatang buas, dan lainnya. Tapi sebagian lagi ada yang justru takut sama hal-hal nggak biasa, aneh, malah kadang terkesan unik. Ketakutan berlebih ini terhadap sesuatu ini biasa disebut dengan fobia.

Kali ini Hipwee telah mengumpulkan jenis-jenis fobia aneh yang beneran ada di dunia nyata. Para pengidapnya menyimpan rasa takut berlebih sama sesuatu yang menurut kita mungkin biasa aja. Apa aja sih daftarnya? Simak dalam ulasan kali ini, kuy!

1. Meski nggak berwujud, angin jadi hal menakutkan bagi pengidap ancraophobia or anemophobia. Mereka merasa gelisah setiap berada di dekat pintu atau jendela yang terbuka

Anemophobia via riliv.co

Pengidap fobia satu ini juga akan merasa nggak nyaman setiap mendengar suara hair dryer atau kipas angin. Ketakutan ini dipercaya muncul dari alam bawah sadar seseorang.

2. Ada juga sekelompok orang yang takut sama tarian atau orang yang menari. Namanya chorophobia. Mereka akan menghindari acara-acara yang melibatkan tari-tarian

Fobia ini juga sering dikaitkan dengan social phobia atau fobia keramaian via psychtimes.com

3. Pernah nggak sih kalian, waktu lagi makan selai kacang, terus selainya nyangkut di langit-langit mulut? Nah, di belahan dunia ini ternyata ada orang yang fobia sama kondisi tersebut lo, namanya arachibutyrophobia

Kedengarannya memang remeh ya, tapi gejala fobia ini lumayan serem lo, pengidapnya bisa sampai panik, gelisah, detak jantung meningkat, bahkan sesak napas! via www.flickr.com

4. Ada juga xanthophobia atau fobia pada warna kuning. Pada level yang lebih ekstrem, pengidapnya bahkan takut hanya sama frasa “kuning”!

Kasihan banget kalau ada yang takut sama warna kuning, soalnya kan hampir di semua tempat di dunia ini pasti ada benda yang warnanya kuning via imroatulinayah2814.blogspot.com

5. Fobia lain yang cukup unik adalah hylophobia atau takut sama pohon. Biasanya ketakutan ini muncul setelah nonton film horor yang sering memakai hutan sebagai latar tempatnya

Hutan atau pepohonan bukan sesuatu yang bersahabat bagi pengidap hylophobia. Sebagian dari mereka bahkan akan merasa gelisah hanya dengan memikirkannya via www.idntimes.com

6. Pengidap omphalophobia punya ketakutan sendiri terhadap pusar atau udel. Mereka ogah disentuh pusarnya atau menyentuh pusar orang lain

Ketakutan ini bisa muncul bahkan hanya dengan memikirkan bentuk pusar aja! via www.buzzfeed.com

7. Ada juga orang-orang yang takut sama hujan. Fobia hujan ini disebut ombrophobia. Mereka bakal gelisah setiap turun hujan

Ombrophobia juga sering diasosiasikan sama depresi via www.idntimes.com

8. Pengidap turophobia dilahirkan untuk tidak menyukai keju. Gimana mau suka, wong lihat aja takut. Bisa dipastikan mereka bakal lari setiap melihat potongan-potongan keju

Ada yang takut sama semua jenis keju, ada juga yang cuma jenis tertentu aja via www.ahlanlive.com

9. Angka 13 selama ini banyak dikaitkan sama hal mistis. Tapi ada lo orang yang bener-bener takut sama angka ini, nama fobianya triskaidekaphobia

Pengidapnya bakal menghindari apapun yang berhubungan sama angka 13 via www.verywellmind.com

10. Terakhir ada fobia yang mungkin tanpa sadar sedang kita alami, namanya nomophobia. Orang dengan nomophobia akan merasa gelisah kalau HPnya habis baterai atau lagi nggak ada sinyal. Mereka nggak bisa hidup tanpa gadget

Nomophobia via rencanamu.id

Sebenarnya masih buanyak banget fobia-fobia aneh yang ada di dunia ini. Tapi intinya sih, jangan sampai kita menghakimi orang-orang yang mungkin punya ketakutan pada hal-hal tertentu yang bagi kita tampak biasa aja. Karena kita nggak pernah tahu apa yang pernah mereka alami di masa lampau. Bisa jadi itulah penyebab fobia tersebut muncul.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE