Tak Ada Gejala Sebelumnya, Penyidik KPK Novel Baswedan Dinyatakan Positif Corona

Novel positif Corona

Nama Novel Baswedan selaku penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi kali ini kembali disebut di berbagai media masa. Bukan karena kasus penyiraman air keras yang menimpa dirinya beberapa waktu silam, namun lantaran pemberitaan COVID-19 yang baru saja dialaminya. Diberitakan sebelumnya bahwa Novel Baswedan dinyatakan positif COVID-19 alias corona setelah mengikuti tes usap atau swab test.

Advertisement

Sebelum Novel dinyatakan positif, terdapat total sembilan orang pegawai, satu orang tahanan, dan empat orang non-pegawai di KPK yang juga dinyatakan positif terpapar COVID-19. Berkaitan dengan kasus tersebut, pihak internal KPK bersama dengan RSUD Gatot Subroto mengambil langkah untuk melakukan test CPR kepada pegawai yang telah dilaksanakan pada hari Kamis kemarin. Selain itu, KPK juga telah melakukan penyemprotan ulang cairan disinfektan di ruang-ruang kerja pada Direktorat Penyidikan dan ruang kerja lainnya.

Berita ini juga telah dikonfirmasi oleh Novel sendiri melalui akun Twitter resminya

Klarifikasi Novel Baswedan via twitter.com

Kabar yang baru saja viral ini pun akhirnya dikonfirmasi oleh Novel sendiri melalui akun Twitter resminya yang bernama @Nazaqistsha. Dalam cuitannya tersebut, Novel menuliskan bahwa pada hari Kamis kemarin telah dilakukan test swab kepada seluruh penyidik KPK karena memang sudah ada penyidik yang positif Covid. Lebih lanjut, Novel mengabarkan bahwa hari ini ia mendapati hasil test swab miliknya menunjukkan keterangan positif. Padahal, ia merasa sehat seperti biasanya dan tak ada gejala apapun yang merujuk pada penderita Covid.

Namun, Novel Baswedan juga menuturkan bahwa sebelumnya tiga pekan yang lalu ia sempat mengalami demam. Ini tentunya merupakan waktu yang cukup lama sebelum dirinya melakukan test swab. Kemudian saat demam tersebut ia juga mengalami batuk, dan pada saat dilakukan test swab kepada dirinya, ia masih sedikit menderita batuk dan juga disertai lendir.

Advertisement

KPK mengambil langkah cepat untuk merespon kasus yang menimpa para pegawainya ini

Sosok Novel Baswedan (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto) via nasional.kompas.com

Kabar positifnya Novel Baswedan ini tentunya mengundang banyak perhatian dari publik. Pasalnya, sejak kasus kekerasan yang menimpanya beberapa waktu silam, nama Novel Baswedan memang kerap menjadi sorotan masyarakat luas. Terlebih saat publik mendengar kabar bahwa penyidik senior dari KPK ini dinyatakan positif COVID-19.

Juru Bicara KPK Ali Fikri, melalui pemberitaan Kompas menyebutkan bahwa para pegawai KPK yang dinyatakan positif COVID-19 juga melakukan isolasi mandiri sebagai langkah mitigasi, begitu juga dengan Novel Baswedan. Selain itu, pihak KPK juga telah melakukan kerja sama dengan layanan medis terdekat dari tempat tinggal para pegawai yang dinyatakan positif Covid-19 untuk memantau proses pemulihannya. Kini, semua pegawai yang telah dinyatakan positif menderita Corona telah megisolasi dirinya masing-masing secara mandiri sambil menjalani pengobatan.

Kasus ini juga sekaligus sebagai pengingat buat kita semua bahwa perjuangan melawan Covid masih jauh dari kata selesai

Advertisement

Data kasus Covid di Indonesia via zonautara.com

Dari hari ke hari, kasus Covid yang ada di Indonesia rupanya memang tetap terus bertambah. Namun sayangnya, publik menganggap hal ini sebagai persoalan yang biasa-biasa saja, bahkan banyak juga yang akhirnya skeptis dan tidak mempercayai adanya Covid ini. Padahal sudah banyak kejadian di depan mata yang membuktikan, salah satunya adalah kasus Novel ini. Mereka yang terlihat baik-baik saja pun ternyata juga bisa terjangkit virus yang satu ini.

Semoga garda terdepan yang tengah memerangi pandemi ini selalu diberikan kekuatan dan kesabaran untuk menghadapi semuanya, dan masyarakat kita diberikan kesadaran yang tinggi bahwa memang ini bukan sesuatu yang sepele. Tetap semangat untuk semuanya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE