Kolaborasi dengan Svmmerdose, realme Akan Gelar Charity Online Session untuk Bantu Orang dengan Gangguan Jiwa

realme x Svmmerdose Charity Online Session

Tanpa mengesampingkan hikmah di balik wabah, hidup di tengah pandemi COVID-19 memang membawa banyak kesulitan. Baik itu yang bisa dirasakan secara fisik, seperti hilangnya pekerjaan, maupun yang nggak terasa seperti beban mental. Situasi sulit hari ini pun bukan hanya dirasakan orang yang sehat lahir batin, tapi orang dengan gangguan jiwa (OGDJ) pun turut menderita.

Advertisement

Seperti ODGJ di Pondok Kasih Bersama yang sebelumnya menggantungkan hidup kepada para donatur dan semenjak pandemi mulai kekurangan bantuan. Akibatnya, yayasan yang memberi tempat perlindungan bagi OGDJ terlantar korban stigma negatif masyarakat ini mulai kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok berikut alat kesehatan dan kebersihan untuk para OGDJ. Untuk itu, realme menggandeng Svmmerdose dan Tuan Tigabelas menggelar sebuah inisiatif penggalangan dana dan edukasi terkait kesehatan mental bertajuk Charity Online Session pada 24 Juni pukul 19.00 WIB melalui kanal YouTube realme Indonesia.

Di tengah pandemi ini, isu kesehatan mental dan kesehatan fisik sama pentingnya

Marketing Director realme Indonesia, Palson Yi (Foto: Tangkapan layar Virtual Press Conference realme X Svmmerdose Charity Online Session, Senin (22/6/2020)

Marketing Director realme Indonesia, Palson Yi, menjelaskan inisiatif kali digelar dengan menimbang isu kesehatan mental yang sama pentingnya untuk disoroti seperti halnya kesehatan fisik. Kalau pada inisiatif bantuan sosial di bulan Ramadan lalu realme mengajak konsumen berdonasi dengan membeli produk, kali ini Palson mengatakan donasi cukup disalurkan melalui laman Kitabisa.com dengan harapan semua orang bisa berkontribusi. Jumlah total donasi yang nantinya akan disalurkan ke Yayasan Pondok Kasih Bersaudara juga akan ditampilkan di layar selama Charity Online Session berlangsung.

“Secara konsep, Charity Online Session ini konser musik virtual yang nantinya juga ada chit-chat terkait isu yang kita bawa. Bukan seperti talkshow yang kaku karena lewat inisiatif ini kita bukan hanya ingin menggalang donasi, tapi juga meningkatkan kesadaran terkait isu kesehatan mental dan menghibur masyarakat,” kata Palson dalam virtual press conference realme x Svmmerdose Charity Online Session, Senin (22/06/2020).

Advertisement

Brand ambassador realme Indonesia, Iqbaal Ramadhan (Foto: Tangkapan layar Virtual Press Conference realme X Svmmerdose Charity Online Session, Senin (22/6/2020)

Sementara Iqbaal Ramadhan, penggawa Svmmerdose sekaligus brand ambassador realme Indonesia mengatakan sangat senang bisa terlibat dalam inisiatif yang mengusung kesehatan mental sebagai fokus utama. Ia menegaskan pentingnya kesadaran tentang kesehatan mental yang menurutnya masih kurang diperhatikan di Indonesia. Mengambil contoh makin banyaknya lembaga atau yayasan independen yang membantu para ODGJ, menurutnya hal itu merupakan salah satu indikator masih terbatasnya perlindungan pemerintah untuk para ODGJ di jalanan.

“Penanganan terkait isu mental health yang konkrit saat ini saya rasa masih kurang. Saya rasa hal tersebut bisa dimulai dengan mengubah stigma negatif terhadap OGDJ, lalu selanjutnya memberikan perlindungan dan pelayanan yang layak. Itu pula yang jadi salah satu alasan kita bikin inisiatif ini yakni meningkatkan awareness, menghibur, dan menggerakkan kekuatan kolektif,” jelas Iqbaal.

Charity Online Session ini bisa jadi momentum untuk membantu dan saling menguatkan

Advertisement

Tuan Tigabelas (Foto: Tangkapan layar Virtual Press Conference realme X Svmmerdose Charity Online Session, Senin (22/6/2020)

Musisi hip-hop di bawah nama Tuan Tigabelas, yang belum lama mengeluarkan satu lagu hasil kolaborasi bersama realme untuk ponsel terbaru Narzo, mengatakan sangat bahagia untuk bisa tampil dalam Charity Online Session karena baginya acara ini merupakan momentum untuk kita saling jaga dan menguatkan.

“Dengan inisiatif ini diharapkan bisa memicu kesadaran kolektif bahwasanya kesehatan mental itu penting, dan siapa saja bisa mengidap gangguan jiwa. Mari kita bersama saling menguatkan di tanggal 24 Juni nanti,” kata Upi panggilan akrab Tuan Tigabelas.

Belum ada bocoran berapa lagu yang akan dibawakan oleh Svmmerdose maupun Tuan Tigabelas. Namun Iqbaal mengatakan sudah menyiapkan aransemen yang baru untuk lagu-lagunya demi suasana menghibur yang lebih menyenangkan. Sementara Tuan Tigabelas memastikan akan membawakan lagu terbarunya hasil kolaborasi dengan realme berjudul Narzo Power.

“Lewat acara ini saya harap bisa sedikit menghibur teman-teman yang rindu konser musik, sekaligus berbagi untuk mereka yang membutuhkan bantuan,” tutup Iqbaal.

Tertarik buat nonton konser sambil berdonasi? Langsung catat tanggalnya 24 Juni 2020 pukul 19.00 WIB di channel YouTube realme Indonesia.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

CLOSE