Di film-film fiksi, kita mungkin nggak jarang lihat hewan yang bisa berubah jadi raksasa setelah jadi percobaan di laboratorium. Entah karena disuntikkan cairan atau karena dipaksa mengonsumsi sesuatu. Menurut sebagian besar orang mungkin kejadian semacam itu cuma bisa terjadi di film doang. Tapi ternyata di Australia ada sapi raksasa yang tumbuh sampai seukuran bus atau mobil van lo! Bahkan sapi itu sapi biasa, bukan sapi percobaan yang diberi cairan macam-macam. Gimana ceritanya ia bisa tumbuh sebesar itu ya? Simak yuk ulasan Hipwee News & Feature kali ini~

Sapi jantan raksasa yang ukurannya 3 kali lipat dari sapi dengan jenis yang sama ini tumbuh di Australia. Beratnya mencapai 1 ton lebih!

Knickers the cow via www.sbnation.com

Gambar di atas sama sekali bukan editan. Gambar itu asli, sapi yang di dalamnya juga asli! Sapi jantan raksasa jenis holstein atau frisia ini bernama Knickers. Usianya 7 tahun, dengan berat mencapai 1.400 kilogram. Tingginya melebihi sapi lain dengan jenis yang sama. Malah katanya tingginya menyaingi tinggi pebasket terkenal Michael Jordan. Sapi normal umumnya cuma sepertiga sampai setengah kali ukurannya!

Advertisement

Pertumbuhan Knickers ini dinilai cukup langka. Pemiliknya aja sampai nggak tahu kenapa ia bisa tumbuh berbeda. Sehari-hari Knickers juga diberi makan yang sama seperti normalnya sapi lain.

Seorang profesor biologi mengatakan kemungkinan penyebab sapi itu tumbuh jadi sebesar mobil van karena hormon pertumbuhan yang nggak terkontrol

Karena hormon pertumbuhan yang nggak terkontrol via www.complex.com

Meskipun pemiliknya nggak bisa menebak apa penyebab peliharaannya berubah jadi raksasa, tapi profesor biologi dari Washington State University, Min Du, mengatakan kemungkinannya karena hormon pertumbuhan yang nggak terkontrol. Cukup masuk akal kalau Knickers ini menghasilkan terlalu banyak hormon pertumbuhan saat usianya masih 2-3 tahun. Jadi waktu umurnya menginjak 7 tahun, ukurannya mencapai mobil van.

Saking besarnya, tukang jagal sampai enggan menyembelihnya. Ini karena daging dan tulangnya dianggap terlalu besar untuk sebuah alat sembelih

Terlalu besar via 1075koolfm.com

Dengan ukuran tubuh yang nggak biasa itu, ternyata malah membuat Knickers selalu selamat dari proses penyembelihan. Menurut para tukang jagal, daging dan tulangnya terlalu besar untuk alat sembelih. Badannya juga terlalu berat buat mesin pemotong dan pengait. Potongan dagingnya juga katanya sih terlalu sulit buat dimakan. Kalau disembelih malah nantinya menyebabkan kontaminasi karena mubazir. Jadi, si pemilik memutuskan buat memelihara Knickers sampai mati.

Sapi di Australia secara umum memang beda sama sapi-sapi pada umumnya. Bahkan sapi di sana sampai jadi hewan pembunuh nomor 1 lo!

Hewan pembunuh nomor 1 via www.ashgrovecheese.com.au

Advertisement

Pernahkah kamu menyangka sebelumnya kalau sapi bisa jadi pembunuh nomor 1? Bahkan di Australia ada lebih banyak kematian akibat sapi daripada ular, hiu, atau buaya. Sebagai bukti, data dari Australian Bureau of Statistics mengatakan kalau di Australia antara tahun 2008 dan 2017 ada 17 orang mati karena buaya, 23 karena ular dan kadal, dan 26 karena hiu dan predator laut. Di sisi lain ada 77 kematian disebabkan oleh sapi dan kuda! Lah kok bisa? Katanya sebagian besar karena diserang, sebagian lain kecelakaan akibat sapi, dan sisanya karena kasus yang nggak teridentifikasi.

Nggak nyangka ‘kan kalau sapi bisa jadi penyebab kematian terbanyak dibanding hewan-hewan lain yang jelas berbahaya? Kalau sapi normal aja bisa jadi pembunuh, apalagi si Knickers yang ukurannya sebesar monster ya??

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya