Ada Wabah Virus Baru di Cina. WHO Peringatkan Kemungkinan Virus Bisa Tersebar ke Seluruh Dunia

Wabah virus baru di Cina

Memasuki musim penghujan seperti saat ini, kita memang lebih rentan terserang penyakit, mulai dari demam, flu, diare, hingga infeksi bakteri. Jadi jangan kaget kalau puskesmas atau rumah sakit mendadak ramai atau penuh orang berobat. Apalagi kalau ada yang daerahnya terkena banjir, kemungkinan orang terkena penyakit akan semakin tinggi.

Advertisement

Biasanya kita sudah hafal dengan penyakit-penyakit yang muncul di kala musim hujan. Namun kali ini di Cina muncul wabah virus baru yang lumayan bikin deg-degan. Virus bernama korona ini kabarnya baru pertama kali ditemukan dan sudah memakan 1 korban meninggal dunia, sedangkan puluhan lain terjangkit dengan 7 orangnya kritis. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sampai memperingatkan warga di seluruh dunia akan kemungkinan tersebarnya virus korona ini!

Negeri Tirai Bambu sedang dilanda virus baru bernama korona. Gejalanya mirip pneumonia –penyakit yang menyerang paru-paru

Virus korona via www.forbes.com

Sebuah virus baru bernama korona sedang melanda Cina tepatnya Kota Wuhan, Cina Tengah. Sebanyak 41 orang ditemukan menderita gejala pneumonia, sebagian besarnya tertular lewat paparan di pasar ikan. Sebelumnya pria berusia 61 tahun dengan gejala yang sama akibat virus tersebut dilaporkan meninggal dunia. Sejauh ini ada penularan terbatas dari manusia ke manusia yang telah terjadi di Cina, sebagian besar lewat kelompok kecil dalam keluarga.

Wabah virus korona ini membuat WHO mengeluarkan peringatan atas kemungkinan persebaran virus tersebut ke luar Cina. Apalagi di Thailand baru ada perempuan Cina yang menderita radang misterius

Peringatan persebaran virus korona via theconversation.com

Seorang perempuan asal Cina dikarantina di Thailand setelah menderita penyakit radang misterius. Kementerian Thailand menyebut bahwa virus korona ini merupakan yang pertama terdeteksi terjadi di luar Cina. Wanita yang dikarantina itu telah mendapat perawatan intensif di Thailand sejak Rabu (15/01) dan sudah dinyatakan cukup sehat untuk pulang. Adanya kasus ini, membuat WHO memperingatkan kepada dunia bahwa ada kemungkinan virus korona tersebar ke luar Cina. Penyakit yang masuk dalam keluarga Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) ini bisa ditularkan lewat manusia walau sifatnya masih terbatas.

Advertisement

Saat ini WHO sedang merencanakan pertemuan darurat untuk membahas persebaran virus baru ini. WHO juga sudah merilis panduan tentang cara mendeteksi dan mengobati pasien yang terkena virus tersebut

Konferensi dari Kementerian Kesehatan via apnews.com

WHO rencananya akan menjadi tuan rumah pertemuan darurat untuk membahas persebaran virus korona baru ini. Soalnya ditakutkan virus ini bakal menyebar sampai ke luar Cina, selain Thailand tentunya. Dari pertemuan itu diharapkan setiap negara bisa aktif memantau dan bersiaga jika virus tersebut menjangkit wilayahnya. WHO juga mengaku telah mengeluarkan panduan untuk rumah sakit seluruh dunia tentang cara-cara menghadapi penyakit akibat virus korona, mulai dari cara mendeteksi, sampai mengobatinya. Saat ini memang katanya sih belum ada obat khusus yang mematikan virus ini, tapi antivirus sedang dipersiapkan.

Sementara langkah yang bisa diambil baru sebatas itu saja. WHO belum sampai merekomendasikan langkah-langkah khusus untuk membatasi turis Cina masuk ke negara-negara dunia. Tapi yang jelas, lembaga ini serius soal merebaknya wabah virus baru korona lo! Hati-hati ya kalian semua!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE